Hari ini: Minggu, 14 April 2024
Kamis, 07 September 2023, 16:30 WIB

11 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Hewan Peliharaan dan Manusia

11 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan Hewan Peliharaan dan Manusia

Mengenal lebih jauh dengan manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh (Gambar: @Alfred_Koop/Pixabay)

Suka mengkonsumsi ikan tuna? Itu baik buatmu! Ada banyak manfaat ikan tuna yang bisa kamu rasakan untuk tubuh manusia dan juga hewan peliharaan kesayangan.

Sobat Pintar, ikan tuna merupakan jenis ikan laut banyak jadi pilihan untuk konsumsi masyarakat. Ternyata, di balik dagingnya yang warna merah muda dan merah tua ada banyak manfaat ikan tuna yang bisa kamu rasakan.

Selain banyak manfaatnya, ikan ini pun cocok untuk berbagai macam olahan. Tak hanya lezat loh, ternyata kandungan gizi yang ada di dalamnya berlimpah. Mulai dari kandungan protein sampai dengan omega-3.

Lantas, apa saja khasiat dari ikan tuna bagi tubuh manusia dan hewan peliharaan? Ingin tahu jawabannya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Kandungan Gizi Ikan Tuna

Nutrisi Daging Ikan Tuna
nutrisi daging ikan tuna (Gambar: @ReinhardThrainer/Pixabay)

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat mengkonsumsi ikan tuna, tentu hal ini karena ikan ini punya cukup banyak kandungan gizi layaknya ikan salmon. Ini dia kandungannya:

  • Kalori: 191;
  • Lemak: 1,4 gr;
  • Sodium: 83 mg;
  • Protein: 42 gr;
  • Zat besi: 2,52 mg;
  • Magnesium: 44,6 mg;
  • Potassium: 391 mg;
  • Selenium 133 mikrogram;
  • Vitamin B12: 4,93 mg; dan
  • Vitamin B6: 0,577 mg.

Kandungan yang PetPi sebutin di atas ini ada dalam 165 gram ikan tuna. Kalau makan sekilo tentu beda lagi. Oh iya, tuna nggak mengandung gula, karbohidrat, dan juga serat.

Perlu kamu tahu bahwa ada kandungan yang penting banget yaitu asam lemak omega-3, kandungan ini baik dan bagus banget buat kesehatan. Bahkan bagus juga buat otak, loh!

Manfaat Ikan Tuna untuk Kucing, Anjing, dan Hewan Peliharaan Lainnya

Ikan Tuna Sebagai Makanan Kucing Dan Anjing
ikan tuna sebagai makanan kucing dan anjing (Gambar: @rotbart94/Pixabay)

Tidak hanya untuk manusia aja loh manfaat mengkonsumsi ikan tuna bisa dirasakan. Melainkan juga bermanfaat untuk kesehatan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Ikan tuna telah lama dikenal sebagai sumber nutrisi yang luar biasa, memberikan ikan tuna sebagai makanan anabul adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik yang ingin memberikan makanan bernutrisi tinggi kepada mereka.

Ikan tuna mengandung protein berkualitas tinggi, yang esensial bagi pertumbuhan dan pemeliharaan otot pada kucing dan anjing.

Selain itu, manfaat ikan tuna bagi hewan peliharaan juga mencakup asam lemak omega-3, seperti EPA dan DHA, yang mendukung kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh mereka.

Bagi anjing dan kucing yang menderita alergi makanan, ikan tuna seringkali merupakan pilihan yang aman dan hypoallergenic. Ini berarti ikan ini kurang mungkin menyebabkan reaksi alergi dibandingkan dengan beberapa sumber protein lainnya.

Tidak hanya itu, kandungan yang ada dalam ikan tuna pun bisa menurunkan tekanan darah dan juga mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh hewan peliharaan kalian.

Ikan tuna pun mengandung cukup banyak antioksidan juga agen anti-inflamasi yang bisa menurunkan peradangan. Jenis ikan laut ini juga kaya asam amino yang bisa membuat pertumbuhan mereka jadi lebih baik dan kuat.

Namun, hindari memberikan ikan yang telah diproses dengan bumbu atau garam berlebih dan selalu pastikan ikan tuna dimasak dengan benar untuk menghindari risiko keracunan dan potensi kontaminasi.

Manfaat Ikan Tuna Bagi Manusia

Ikan Tuna Sebagai Makanan Manusia
ikan tuna sebagai makanan manusia (Gambar: @bildgebende_Momente/Pixabay)

Dengan banyaknya kandungan yang ada di ikan tuna, tak heran jika banyak orang yang berharap mendapatkan manfaat dari ikan yang satu ini.

Kamu penasaran ingin tahu apa lagi manfaatnya? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ini menjadi salah satu manfaat ikan tuna untuk pria dewasa atau siapapun yang mengkonsumsinya. Manfaat ini bisa kamu peroleh berkat adanya asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dalam ikan tuna.

Jenis asam lemak ini menurut informasi, bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Misalnya saja penyakit jantung koroner.

Hal ini karena asam lemak omega-3 bisa mengurangi juga mencegah adanya penumpukan plak kolesterol dalam pembuluh darah pada seluruh bagian tubuh, termasuk juga jantung.

Maka dari itu, tidak heran kalau kesehatan dari pembuluh darah dan jantung bisa terjaga karena ikan tuna ini.

2. Mendukung Perkembangan Otak

Tidak hanya untuk orang dewasa. Konsumsi ikan ini juga bisa memberikan manfaat bagi anak di usia perkembangan dan pertumbuhannya.

Manfaat ikan tuna untuk anak adalah pada perkembangan otaknya. Salah satu nutrisi yang bikin manfaat ini bisa dirasakan oleh anak juga karena kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna.

Selain itu, juga karena adanya vitamin B yang memperkaya kandungan nutrisinya. Nah keduanya sangat penting dan punya peran besar mendukung perkembangan dari otak bayi, bahkan ketika masih ada dalam kandungan.

Dengan mencukupi asupan ini, maka anak tumbuh menjadi anak yang cerdas juga punya daya ingat tinggi. Manfaat ikan tuna memang sebagus itu.

3. Peningkatan Metabolisme Tubuh

Tidak hanya untuk anak saja. Adanya kandungan vitamin B juga menjadi salah satu alasan mengapa ada manfaat ikan tuna untuk bayi.

Adanya kandungan vitamin B serta asam lemak omega-3 dalam ikan tuna, bisa membuat pembakaran lemak dalam tubuhnya menghasilkan energi lebih cepat.

4. Mengurangi Risiko Demensia

Tidak hanya bagus untuk jantung, asam lemak omega-3 dalam ikan tuna bisa mengurangi risiko demensia atau penurunan daya ingat juga cara berpikir. Yap, memang ada manfaat ikan tuna untuk otak entah itu anak-anak ataupun orang dewasa.

Ada penelitian yang menyebutkan jika kandungan lemak omega-3 ini sangat penting untuk menjaga fungsi otak. Selain itu bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

5. Mencegah Anemia

Khasiat Ikan Tuna Bagi Manusia
khasiat ikan tuna bagi manusia (Gambar: @papas12/Pixabay)

Penelitian dari The American Journal of Clinic Nutrition menyebutkan bahwa folat juga vitamin B12 bisa jadi nutrisi yang amat penting untuk mencegah terjadinya anemia.

Ikan tuna memang memiliki kandungan folat, zat besi, juga vitamin B12 yang cukup tinggi. Sehingga tak heran jika mengkonsumsinya bisa membuatmu tercegah dari penyakit anemia.

Lantaran memiliki kandungan nutrisi yang penting buat pembentukan darah, maka ikan ini akan membantumu untuk mencegah anemia. Utamanya untuk anemia yang terjadi karena adanya kekurangan nutrisi. Manfaat ikan tuna ini pun bisa kamu rasakan.

6. Membuat Otot Tetap Kuat

Asupan lemak tak jenuh dari ikan tuna pun bisa menurunkan kadar lemak yang ada dalam tubuh. Tidak hanya itu, konsumsinya pun bisa meningkatkan kekuatan untuk orang dewasa yang sudah lebih tua.

Tidak hanya itu, asam amino esensial yang terkandung dalam ikan tuna akan meningkatkan sintesis protein otot serta bisa mendukung retensi dari massa otot.

Kombinasi antara protein dan asam lemak pada tuna, akhirnya membuatmu tetap kuat meskipun sudah bertambah usia.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat selanjutnya adalah konsumsi ikan tuna bisa mengontrol gula darah. Pasalnya ikan ini bebas dari kandungan karbohidrat. Ikan satu ini pun bisa memberi nutrisi yang bermanfaat buat penderita diabetes.

8. Membantu Program Penurunan Berat Badan

Manfaat ikan tuna satu ini sangat cocok untuk siapapun yang lagi dalam program diet. Ikan tuna bisa jadi alternatif yang tepat buat menu diet harian.

Nggak cuma ikannya punya kandungan kalori yang rendah. Ikan tuna pun sangat kaya dengan kandungan protein yang bisa memberimu efek kenyang yang lebih rama.

Meskipun begitu, kamu tetap harus berolahraga rutin waktu lagi dalam program diet. Tujuannya biar penurunan berat badannya bisa maksimal.

Percuma banget makan tuna tiap hari tapi nggak olahraga. Mungkin penurunan berat badannya ada, cuma nggak terlalu signifikan.

9. Menjaga Fungsi Ginjal

Mengkonsumsi tuna pun sangat bermanfaat untuk menjaga tingkat keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh.

Tentu saja sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan karena dalam tubuh ginjal bisa terbantu untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Manfaat ikan tuna ini pun bisa menurunkan risiko terjadinya kerusakan ginjal. Walaupun begitu, kalau kamu punya riwayat penyakit ginjal kronis, mending minta saran dokter dulu buat mengonsumsi tuna.

Pasalnya ikan ini punya kandungan kalium juga fosfor yang dapat menumpuk dan membahayakan buat tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu kandungan yang ada dalam ikan tuna adalah Vitamin D dan Kalsium. Maka dari itu, konsumsinya pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan dari tulang.

Kedua nutrisi tersebut memang penting banget buat menjaga kesehatan serta kekuatan dari tulang. Sehingga nantinya, kamu bisa terhindar dari risiko penyakit tulang contohnya osteoporosis dan lainnya.

11. Menurunkan Risiko Depresi

Konsumsi ikan tuna dengan frekuensi dua kali seminggu bisa menurunkan risiko terjadinya depresi sampai 25% untuk wanita. Hal ini karena kandungan omega-3 dalam tuna bisa mengontrol hormon yang ada pada wanita.

Dengan adanya kandungan tersebut, akhirnya mereka akan bisa lebih tenang dan lebih rileks dalam menjalani kehidupan ini.

Sobat Pintar, itulah manfaat ikan tuna jika mengkonsumsinya dengan frekuensi yang tepat dan sesuai anjuran. Akan tetapi, jangan sampai kamu mengkonsumsinya secara berlebihan ya!

Tidak hanya buat manusia, ikan tuna juga banyak manfaatnya untuk hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan bahkan burung pemangsa yang gemar memakan daging.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://tribratanews.polri.go.id/blog/kesehatan-7/berikut-manfaat-mengonsumsi-ikan-tuna-untuk-kesehatan-tubuh-59284
  • https://www.alodokter.com/inilah-6-manfaat-ikan-tuna-bagi-kesehatan-tubuh
  • https://www.alodokter.com/padat-nutrisi-ini-manfaat-ikan-tuna-untuk-bayi
  • https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-kandungan-gizi-dan-10-manfaat-ikan-tuna-untuk-kesehatan
  • https://www.sehatq.com/artikel/cicipi-manfaat-ikan-tuna-salah-satunya-tingkatkan-daya-tahan-tubuh
Share

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar