Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Senin, 06 September 2021, 10:00 WIB

8 Jenis Makanan Ikan Discus Terbaik Yang Paling Disukainya

8 Jenis Makanan Ikan Discus Terbaik Yang Paling Disukainya

makanan ikan discus - hi animals

Makanan ikan discus yang terbaik tentunya harus dapat membuat ikan tumbuh sehat dan warnanya menjadi lebih cerah. Berikut pilihan makanan terbaiknya

Halo sobat pintar, siapa diantara kalian yang menjadi penggemar ikan hias? Tentu sudah tidak asing dengan ikan discus, ikan dengan warna indah ini pastinya akan menarik minat banyak pecinta ikan hias.

Nah, pada artikel kali ini Petpi akan memberikan informasi tentang makanan ikan discus agar ikan peliharaan kalian selalu sehat dan memiliki warna yang cantik.

Seperti yang sobat sudah ketahui, setiap hewan pasti memiliki tingkat kesulitannya tersendiri dalam perawatan. Begitu pula dengan merawat ikan discus, tantangan utama bagi para pemelihara adalah agar ikan ini tetap terlihat indah dan sehat.

Semua itu tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra dan tidak boleh ada kesalahan. Termasuk dalam pemilihan makanan bagi ikan cantik ini.

Karena itu, mari simak beberapa informasi yang telah Petpi siapkan untuk kalian tentang apa saja makanan terbaik untuk ikan discus.

Rekomendasi Daftar Makanan Ikan Discus

Makanan Ikan Discus
makanan ikan discus - pinterest

Dalam proses pemberian makan, sobat harus memilih dengan tepat makanan apa saja yang baik bagi ikan-ikan discus peliharaan kalian.

Terkadang ada beberapa pemelihara memberikan pakan secara asal-asalan, padahal setiap ikan hias tentu memiliki makanan yang cocok dan tidak. Begitu pula untuk makanan ikan discus ini, bila salah dalam memberikan pakan bisa saja ikan menjadi sakit bahkan mati.

Pakan alami merupakan pilihan terbaik, karena jenis pakan ini tentu dapat memberikan banyak pengaruh baik bagi pertumbuhan ikan-ikan cantik tersebut.

Jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa memberikannya pakan buatan yang praktis dan murah. Berikut ini adalah pakan ikan discus yang dapat kamu berikan sehari-hari:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Artemia

Jenis pakan yang satu ini tergolong makanan alami bagi ikan discus. Artemia merupakan pakan steril dan bebas dari penyakit.

Selain mengandung beta karoten yang membuat warna ikan menjadi cerah dan indah, dalam artemia memiliki kandungan protein sebesar 50% dan lemak 25% yang artinya dapat membantu pertumbuhan ikan dengan cepat.

2. Kutu Air

Kebanyakan kutu air dipilih sebagai makanan ikan discus anakan (burayak). Kutu air dipilih karena memiliki kandungan protein yang tinggi (66%), karena hal tersebutlah kutu air sangat cocok diberikan kepada burayak untuk mendukung atau mempercepat pertumbuhan.

Namun, ada baiknya sebelum memberikan kutu air pada burayak, bersihkan dahulu agar lebih steril.

3. Cacing Sutra

Pada umumnya cacing sutra akan diberikan kepada anakan ikan (burayak), karena ukurannya yang kecil tentu membuat burayak lebih mudah memakannya.

Selain itu cacing sutra juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk ikan discus.

4. Cacing Darah

Pilihan berikutnya untuk makanan ikan discus adalah cacing darah, karena cacing darah memiliki nutrisi dan protein yang baik bagi ikan discus. Bahkan juga dapat mempengaruhi kecerahan warna dari ikan.

Namun, perlu diketahui juga bila dalam proses pemberian makan jangan berlebihan, karena hal tersebut dapat menyebabkan sembelit, penyebaran penyakit dan bila tidak segera ditangani akan membuat ikan mati.

5. Udang Kecil

Pakan alami yang satu ini tidak pernah diragukan, karena memang memiliki banyak manfaat diantaranya seperti :

  • Membuat warna ikan discus menjadi lebih cantik.
  • Mempercepat proses pertumbuhan pada ikan discus.
  • Memiliki nutrisi yang cukup bagi ikan discus.
  • Meningkatkan hormon, sehingga ikan discus mudah berkembang biak.
  • Meningkatan nafsu makan.

6. Larva Nyamuk

Larva nyamuk atau jentik, ternyata termasuk dalam pilihan makanan ikan discus alami. Larva nyamuk termasuk mudah untuk didapatkan, pakan alami yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan kutu air.

Dengan kandungan protein yang tinggi tentu akan membuat ikan discus menjadi lebih cepat tumbuh dan memiliki warna yang cerah.

7. Burger Discus

Burger disini bukanlah burger yang sering sobat atau petpi makan. Burger untuk ikan discus merupakan campuran dari berbagai bahan yang telah disesuaikan bagi ikan peliharaan kalian.

Biasanya bahan yang digunakan adalah jantung sapi, daging udang, daging ikan tuna, spirulina platensis, tepung bayam, carophyll pink, tepung garlic, multivitamin dan tepung agar-agar.

Manfaat yang diberikan oleh pakan buatan ini tidak lain adalah agar ikan discus lebih sehat, melengkapi gizi yang dibutuhkan, bagi indukan dapat membuatnya lebih prima, memiliki kualitas sel telur dan sperma yang baik, mudah bereproduksi dan juga tidak mudah stress.

8. Pelet

Seperti yang diketahui bila makanan ikan discus buatan yang mudah untuk diberikan dan tentunya penyimpanannya juga gampang adalah pelet.

Selain itu, untuk nutrisi dan gizi tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan ikan discus. Namun, dalam pemberiannya tetap tidak boleh berlebihan. 

Karena bila terlalu banyak, ikan bisa saja kekenyangan, lalu jadi sembelit atau menghasilkan banyak kotoran dan bila kotoran atau sisa makanan tersebut menumpuk di dasar dapat menjadi penyebab penyakit bagi ikan discus.

Untuk pemberian makan bagi ikan discus ada baiknya sobat membuat jadwal dan harus dibedakan antara pemberian makan bagi ikan discus anakan dan dewasa.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan akuarium dari sisa makanan, karena bila tidak dibersihkan. Sisa makanan dapat mengendap di dasar akuarium, hal ini dapat berbahaya bagi ikan karena dapat menyebabkan penyakit.

Nah, diatas tadi merupakan rekomendasi makanan ikan discus yang sangat disarankan oleh para ahli. Semoga dengan informasi ini ikan-ikan peliharaan sobat pintar jadi semakin sehat dan warnanya menjadi lebih cerah juga indah.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://sukaikan.com/makanan-ikan-discus/
  • https://www.ikanesia.id/2020/04/makanan-terbaik-untuk-ikan-discus.html?m=1

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar