Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Senin, 08 Februari 2021, 20:30 WIB

Bukan Cuma Indah, Ini Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kehidupan Manusia

Bukan Cuma Indah, Ini Manfaat Memelihara Ikan Hias Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat memelihara ikan hias - unsplash

Ingin punya sesuatu yang bisa meredakan pikiran stres kamu? Gampang banget, ternyata ini manfaat memelihara ikan hias yang bisa kamu dapatkan

Pada dasarnya memelihara hewan di rumah terdapat banyak manfaat yang mungkin bisa kamu dapatkan. Bukan hanya kucing, anjing, hamster atau kelinci saja, kini telah banyak masyarakat Indonesia yang memelihara ikan hias sebagai hewan peliharaan.

Jenisnya yang beragam membuat ikan hias menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang.

Selain jenisnya yang cukup banyak, memelihara ikan hias tidak membutuhkan tempat yang besar. Kamu bisa memeliharanya di akuarium kecil yang bisa kamu taruh di sudut-sudut rumahmu.

Merawat ikan hias juga tidak membutuhkan dana yang banyak, karena harga ikan hias dan perawatannya pun tidak semahal hewan peliharaan lain.

Jika kamu anggap memelihara ikan hias hanya bisa meredakan stres, anggapanmu bisa saja salah. Manfaat memelihara ikan hias ternyata lebih banyak dari yang kamu kira. Bahkan katanya bisa dijadikan terapi bagi para lansia yang mempunyai penyakit kronis.

Nah penasaran apa saja manfaatnya, yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Manfaat Memelihara Ikan Bagi Manusia

Manfaat Memelihara Ikan Hias
Manfaat memelihara ikan hias bagi manusia - unsplash

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat jika memelihara ikan hias, bukan hanya keuntungan bagi kesehatan tubuh, namun ada beberapa peluang bisnis yang bisa kamu dapatkan dari memeliharanya.

Berikut ini informasinya.

Ikan Hias Bisa Meredakan Stres

Tidak bisa dielakkan lagi bahwa ikan hias bisa membawa kamu dalam ketenangan atau meredakan stres dikala pikiran sedang jenuh.

Beberapa studi membuktikan bahwa jika kamu meluangkan waktu untuk melihat ikan hias di akuarium atau kolam ikan dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Hal ini dihasilkan dari gerakan ikan yang therapeutic sehingga dapat merangsang hormon baik di daiam otak kita dan dapat membantu mood untuk menjadi fokus bahagia dan jiwamu akan lebih tenang.

Inilah kenapa akuarium biasanya sering ditaruh di lingkungan yang bersuasana stres seperti di meja kantor atau di rumah sakit.

Terapi untuk Anak Autisme

Autisme adalah penyakit yang mengganggu otak manusia sehingga otaknya tidak mampu berfungsi secara normal. Anak-anak autis rawan mempunyai emosional yang cukup tinggi, sehingga ikan hias yang dipelihara di akuarium bisa membantunya untuk menenangkannya.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa ikan hias yang dipelihara didalam akuarium dengan lampu hias warna-warni akan menenangkan saraf motorik dan sensorik anak-anak yang mengidap autisme.

Sehingga ini bisa menjadi terapi alternatif yang bisa kamu pakai untuk menyembuhkannya.

Sebagai Dekorasi Rumah

Selain berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh, ikan hias yang dipelihara di akuarium bisa menambah nilai estetika ruangan tersebut. Akuarium biasanya dilengkapi juga dengan berbagai macam lampu neon dan koral berwarna warni.

Bentuk akuarium yang beragam bisa membuat rumahmu tampak lebih cantik, apalagi ada suara gemericik air yang bisa meredakan penat di dalam dirimu, dijamin deh kamu gak bakalan ingin keluar rumah seharian.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Sebagai Peluang Bisnis

Seperti yang sudah kita singgung di depan, bahwa berbisnis ikan hias bisa menghasilkan banyak pundi-pundi untuk masa depan. Bayangkan saja, dengan lahan yang minim kamu bisa membudidayakan ikan hias dengan keuntungan yang lumayan besar.

Kamu hanya bermodalkan akuarium dengan ruang yang tidak terlalu besar, lalu kamu bisa membeli bibit ikan hias untuk kamu kembangkan sendiri.

Ketika sudah waktunya, kamu bisa menjualnya dengan harga yang beragam, tergantung dengan jenis ikan hiasnya, usia dan seberapa unik bentuknya.

Sebagai Pembawa Keberuntungan

Sebagian orang percaya bahwa memelihara jenis ikan hias tertentu akan membawa keberuntungan untuk kehidupannya. Kepercayaan ini pertama kali dipercaya oleh orang-orang Tionghoa yang dulunya pernah singgah dan tinggal di tanah air kita.

Beberapa ikan hias yang dipercaya bisa membawa keberuntungan diantaranya adalah ikan louhan, ikan koi, ikan arwana dan ikan mas koki.

Kira-kira kamu sendiri percaya atau nggak nih ikan hias akan membawa keberuntungan bagi dirimu?

Ikan Hias Membantu Penyakit Alzheimer

Salah satu penyakit yang menyerang fungsi otak lainnya yang dapat diredakan saat memelihara ikan hias adalah Alzheimer. Penyakit ini menyerang fungsi otak yang bisa melemahkan daya ingat, sensor gerak dan tidak bisa berkonsentrasi dengan maksimal.

Penyakit ini tidak mudah diobati dengan obat-obatan, namun kamu bisa mencoba dengan terapi-terapi kecil yang bisa membantu pasien untuk lebih tenang dan konsentrasi.

Penelitian menyebutkan bahwa orang penderita Alzheimer menjadi lebih baik saat melakukan terapi ikan hias.

Cara Memilih Ikan Hias yang Benar

Fungsi Ikan Hias
Cara memilih ikan hias yang benar - unsplash

Kebanyakan orang terkadang memilih ikan hias untuk dipelihara secara asal-asalan, asal warnanya menarik, asal harganya mahal, atau asal kelihatannya menarik. Padahal memilih ikan hias yang terbaik ada caranya lho.

Nah, di sini PetPi akan kasih tau kamu cara memilih ikan hias yang baik dan sehat.

Pilih Ikan Hias yang Lincah

Ciri ikan hias yang memiliki kondisi fisik yang bugar adalah dari caranya dia bergerak dengan lincah. Gerakan lincah bisa kita amati pada saat dia berenang berpindah tempat.

Bahkan jika kamu mencoba menangkapnya, ikan hias akan selalu berusaha untuk menghindari dan melepaskan diri. Ini bisa menjadi tanda bahwa ikan hias yang kamu pilih sehat.

Mempunyai Nafsu Makan yang Baik

Nafsu makan ikan menjadi hal yang paling penting saat memilih dan membeli ikan hias. Biasanya ikan yang sehat adalah ikan yang lahap saat diberikan makanan.

Selain lahap, apabila ikan tersebut diberikan makan terus-menerus seakan-akan ikan ini tidak pernah merasa kenyang. Maka kamu wajib memilih ikan hias ini ya.

Mata Ikan Hias Terlihat Bersih

Kondisi kesehatan ikan ternyata bisa juga dilihat dari matanya. Biasanya ikan yang sehat akan memiliki mata yang cenderung bening, bersih dan bersinar.

Sebaliknya jika kondisinya sedang sakit, maka mata ikan terlihat lebih buram seperti ada kabut di dalam matanya. Pilihlah ikan yang mempunyai mata yang jernih ya!

Cara memilih ini akan membuat ikan hias yang kamu beli dijamin tahan lebih lama.

Walaupun semua itu tergantung dalam perawatan, namun dengan mengetahui cara memilih ikan hias yang benar, maka kamu sudah mendapatkan ikan hias dengan pilihan terbaik.

Nah, itulah dia beberapa manfaat memelihara ikan hias dan cara memilihnya. Memelihara ikan hias ternyata memang mempunyai banyak sekali manfaat ya.

Asal kamu bisa merawatnya dengan benar, kamu akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Sekian informasi yang dapat PetPi berikan, semoga bermanfaat!

Terbit: Selasa, 08 September 2020, 10:00 WIB
Update pada: Senin, 08 Februari 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://paktanidigital.com/artikel/ketahui-berbagai-manfaat-memelihara-ikan-hias/#.Xz-ERMgzZnJ
  • https://www.merdeka.com/jatim/4-manfaat-memelihara-ikan-dalam-akuarium-di-dalam-rumah-cegah-stres-berlebih-kln.html
  • https://www.wisklik.com/2019/10/memilih-dan-membeli-ikan-hias.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar