Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Minggu, 20 Desember 2020, 19:30 WIB

6 Jenis Ikan Koi Paling Banyak Diminati Kolektor

6 Jenis Ikan Koi Paling Banyak Diminati Kolektor

jenis ikan koi - unsplash

Setidaknya ada sekitar 6 jenis ikan koi yang banyak diminati kolektor, mulai dari yang lokal sampai termahal. Semuanya dibahas dalam artikel ini

Ikan koi adalah ikan yang paling banyak digemari oleh warga Indonesia. Sudah tahu dong kenapa alasannya? Karena, ikan koi dipercaya membawa keberuntungan bagi kebanyakan orang. Selain membawa keberuntungan, ikan koi juga memiliki corak warna dan juga bentuk yang indah sehingga cocok untuk menjadi peliharaan.

Jenis dari ikan koi pun ada berbagai macam tergantung dari ciri-ciri ikan koi itu sendiri. Ada ikan koi dengan corak bak mas sampai ada ikan koi yang harganya selangit!

Kamu pasti penasaran kan apa saja macam-macam ikan koi yang dikoleksi oleh para kolektor?

6 Jenis Ikan Koi Paling Banyak Dipelihara

Awalnya, ikan koi adalah santapan bagi orang Jepang. Tapi, karena bentuk fisik, corak, dan warnanya bagus, akhirnya sekarang ikan koi dijadikan sebagai ikan peliharaan yang cantik. Berikut ini 6 jenis ikan koi paling diminati di Indonesia.

1. Koi Ogon

Jenis Ikan Koi Paling Populer
Ikan koi ogon - petpintar

Di nomor pertama ada koi ogon sebagai jenis ikan koi lokal. Koi yang juga dikenal dengan nama Koi Ogon Yamabuki ini memiliki ciri khas dibagian warna sisiknya, yaitu warna campuran antara kuning dan emas yang mengkilap yang melapisi warna putih susu.

Selain warna tersebut, koi ogon pun terkadang juga memiliki warna perak yang mengkilap ketika diberi cahaya matahari.

Koi ogon ini pun dapat dikategorikan sebagai salah satu koi terfavorit. Selain warnanya yang memukau, ikan koi ini pun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 25 cm!

Nah, buat kamu yang mau membeli ikan koi ogon, harus menabung dulu ya! Kisaran harga untuk satu koi ogon dewasa adalah Rp 1.200.000 hingga Rp 1.500.000. Lumayan kan?

Baca Juga: Ini Rahasia Jenis Makanan Ikan Koi yang Bisa Mempercantik Warna Ikanmu!

2. Koi Goshiki

Ikan Koi Goshiki
Ikan koi goshiki - tokopedia

Untuk kamu yang belum tahu, Goshiki memiliki arti 5 warna. Hal ini dikarenakan goshiki adalah percampuran gen antara koi gohaku dan asagi yang menghasil koi goshiki dengan warna campuran antara hitam, merah, putih, perak, dan juga biru.

Koi Goshiki ini adalah salah satu jenis ikan koi yang memiliki warna terang ketika dihadapkan langsung dengan cahaya.

Koi goshiki juga merupakan salah satu ikan yang populer di antara kalangan kolektor.

Karena, koi goshiki adalah salah satu jenis ikan koi yang selalu menang dalam kontes koi di seluruh dunia. Hanya saja, perawatan ikan koi goshiki ini dapat dikategorikan lumayan susah.

Perubahan warna pada kulit koi goshiki akan sangat bergantung pada suhu air pada kolam tersebut. Jika ingin membuat koi goshiki ini nampak bagus, suhu air harus sangat disesuaikan dengan kondisi dari koi goshiki.

3. Koi Slayer

Ikan Koi Paling Cantik
Ikan koi slayer - cak hasan

Eits, Slayer disini bukan dalam konotasi seram ya! Berbeda dengan namanya, koi slayer memiliki sirip yang menjuntai panjang dengan perpaduan warna putih keemasan yang sangat cantik.

Ikan koi slayer pun memiliki berbagai macam jenis. Namun, slayer platinum adalah jenis koi slayer yang paling banyak digemari.

Ikan koi slayer yang terkenal dengan nama butterfly koi ini dapat tumbuh hingga 101 cm. Menakjubkan! Bukan hanya itu, sirip yang menjuntai ini juga akan semakin indah ketika ikan koi slayer ini tumbuh besar dikarenakan pembuluh darah yang mengalir di sekitar siripnya.

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki ikan koi slayer ini harus sedikit merogoh kocek. Karena, satu ikan koi slayer ini bisa dihargai Rp5.000.000,-. Kamu harus benar-benar tahu bagaimana cara merawat ikan koi sebelum beli koi slayer.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Koi Shusui

Ikan Koi Cantik
Ikan koi shushui - diapteron

Ikan koi jenis yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis koi lainnya. Koi Shusui memiliki kulit yang hampir tidak terlihat sisiknya, alias terlihat sangat halus!

Warna yang sangat kontras antara merah dan biru membuat koi Shusui ini digemari oleh para kolektor ikan koi. Selain itu, koi shusui ini juga memiliki perbedaan warna antara sirip di bagian belakang dan juga tulang rusuknya.

Ada cerita loh dibalik kepopuleran dari Koi Shusui ini! Para kolektor dari ikan koi memilih untuk mengoleksi koi shusui ini karena terdapat filosofi keseimbangan pada koi jenis ini. Karena perbedaan warna kontras inilah yang dipercaya akan membawa harmoni dalam hidup si-empunya.

Koi Shusui ini juga dapat dikategorikan sebagai ikan koi yang tidak terlalu mahal dan jenis ikan koi lokal. Satu kan koi shusui dapat dihargai sekitar Rp500.000,- saja.

5. Koi Aka Bekko

Ikan Koi Paling Mahal
Ikan koi aka bekko - youtube

Koi Aka Bekko adalah jenis ikan lokal yang identik dengan gabungan warna putih, merah, dan juga kuning sebagai warna dasar dari ikan koi ini. Nah di bagian punggung koi Aka bekko, terdapat corak hitam yang sangat indah.

Corak hitam inilah yang menarik perhatian para kolektor untuk menjadikan koi aka bekko sebagai peliharaan. Corak hitam yang menyerupai pijakan kaki ini membuat orang-orang semakin ingin memiliki koi aka bekko ini.

Aka Bekko sendiri sering sulit dibedakan dengan ikan koi jenis koi utsuri. Corak bintik yang sama membuat koi aka bekko dan juga koi utsuri menjadi kembar yang tidak terpisahkan. Namun, perbedaan paling signifikan ada di letak corak tersebut.

Corak hitam ada di seluruh tubuh termasuk kepala koi utsuri, sedangkan corak hitam tidak ada di bagian kepalanya. Mudah bukan membedakannya? Untuk kamu, jangan sampai bingung ya!

Baca Juga: Jangan Mudah Ditipu, Ini Cara Mudah Mengenali Ciri Ciri Ikan Koi Berkualitas Tinggi!

6. Koi Black Dragon

Jenis Ikan Koi Black Dragon
jenis ikan koi black dragon - page rank promoter

Nah, koi jenis black dragon adalah koi yang dapat membuat mata tercengang-cengang loh! Bukan hanya warna dari Koi Black Dragon ini yang membuat takjub. Namun, ikan koi black dragon juga merupakan jenis ikan koi termahal yang pernah ada.

Perpaduan warna antara putih, merah, dan hitam tanpa cacat yang nyaris sempurna membuat para kolektor selalu memilih black dragon sebagai koi pertama mereka.

Kisaran harga untuk koi jenis black dragon ini sebenarnya tidak terlalu mahal untuk jenis koi yang paling langka ini. Satu koi black dragon biasanya dihargai sekitar Rp4.000.000,- sampai Rp5.000.000,- saja.

Namun, yang membuat ikan koi jenis black dragon ini special adalah harga lelang koi black dragon yang baru dilakukan di Jepang. Bukan main, harga lelang ini pun mencapai Rp 3,0 miliar!

Sangat fantastis bukan untuk harga satu ekor ikan koi? Tidak heran kenapa black dragon bisa menjadi jenis ikan koi termahal.

Itu dia 6 jenis ikan koi lokal dan import, dari yang termahal sampai yang murah. Sudah tahu mana ikan koi yang ingin kamu beli? Semuanya memiliki corak yang cantik, kan? Sangat cocok dipajang di akuarium kamu.

Klik disini juga untuk melihat rekomendasi makanan ikan koi paling bagus. Jangan lupa share artikel ini dan bagikan ke keluarga kamu. Barangkali, ada yang ingin beli juga.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blueridgekoi.com/koi-goldfish-resources/koi-variety-guide/
  • https://www.jualkoi.id/13-jenis-ikan-koi-yang-bagus-dan-mahal/
  • https://www.kodamakoifarm.com/koi-varieties/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar