Hari ini: Selasa, 29 November 2022
Jumat, 23 September 2022, 10:00 WIB

Setara CBR, Ini 7 Jenis Ikan Channa Termahal yang Harganya Fantastis

Setara CBR, Ini 7 Jenis Ikan Channa Termahal yang Harganya Fantastis

ikan channa termahal - pinterest

Ikan channa adalah salah satu ikan yang digandrugi oleh masyarakat selain ikan cupang. Berikut ini adalah jenis ikan channa termahal yang harganya fantastis

Mungkin dari banyaknya Sobat Pintar pasti memiliki hobi untuk memelihara ikan hias, yang salah satunya yaitu ikan channa. Kerabat terdekat ikan gabus ini sedang banyak digandrungi pecinta ikan hias selain memelihara ikan cupang. 

Dahulu jenis ikan gabus hias ini dianggap sebagai ikan konsumsi atau dapat untuk dimakan. Akan tetapi, ikan gabus atau channa sekarang ini mempunyai berbagai ukuran sirip dan tubuh, corak, dan warna serta karakteristiknya yang beragam sehingga cocok untuk dijadikan ikan hias.

Dengan keindahan tersebut, ternyata ada beberapa jenis ikan channa yang memiliki harga fantastis dibandingkan jenis lainnya.

Maka dari itu, pada ulasan kali ini PetPi akan mencoba memberikan daftar jenis ikan channa termahal yang mungkin belum kamu ketahui. Penasaran seberapa mahal harganya?

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Daftar Ikan Channa Termahal

Bagi para sobat pintar yang berniat untuk memelihara ikan channa mungkin penasaran akan jenis apa saja yang ada pada ikan channa beserta harga pasarannya saat ini. 

Sama seperti jenis ikan hias lainnya, ikan channa hias pun memiliki jenis yang sangat banyak. Setiap jenis tentunya memiliki karakteristik yang unik sehingga memiliki harga jual yang berbeda-beda.

Untuk harga ikan channa sendiri mulai dari Rp.75 ribuan hingga yang termahal yakni sampai Rp.50 juta, dimana harga ikan ini cukup fantastis untuk seekor ikan hias. Jadi, jangan kaget ya dengan harganya.

Daripada makin penasaran, yuk simak ulasan ikan channa termahal yang sudah PetPi rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Berikut daftarnya.

1. Channa Barca

Ikan Channa Termahal Di Dunia
Channa Barca - pinterest

Merupakan jenis ikan channa termahal yang sangat populer di kalangan penghobi ikan channa. Yang mempunyai keunikan dari warna abunya yang terang dan juga memiliki motif totol yang berwarna hitam serta memiliki bagian lebar pada sirip punggung.

Ekor dan perutnya pada tubuh ikan ini akan berwarna hijau tosca disebabkan terkena cahaya. Ikan ini memiliki harga kisaran dari Rp.25 juta hingga Rp.50 juta yang mana merupakan jenis ikan channa termahal.

2. Channa Marulioides

Ikan Channa Paling Cantik
Channa marulioides - dmc

Untuk ikan channa tercantik jenis Red Barito memiliki kisaran harga mulai dari Rp.90 ribu hingga Rp.650 ribu yang memiliki ukuran 5 sampai 25 centimeter.

Sedangkan untuk jenis ikan channa Yellow Sentarum berkisar dari Rp.75 ribuan dan untuk harga ikan channa marulioides termahal ada di kisaran angka Rp.3 jutaan, dengan ukuran mulai dari 8 hingga 37 sentimeter.

3. Channa Melasoma

Ikan Channa Melasoma
channa melasoma - flickr

Ikan jenis ini memiliki rentang harga mulai dari Rp.150 ribu hingga Rp.3 jutaan untuk jenis albino nya.

Yang mana ikan tersebut memiliki ciri yang menonjol dengan memiliki warna kuning kecoklatan pada bagian tubuhnya serta dilengkapi oleh motif list yang berwarna putih pada ujung siripnya.

4. Channa Stewartii

Ikan Channa Stewartii
channa stewartii - youtube image

Memiliki harga yang berkisar dari Rp.400 ribu sampai Rp.2 jutaan. Channa Stewartii ini memiliki warna yang menarik di siripnya yaitu berwarna biru walau warna tersebut sedikit pudar yang dikarenakan warna coklat yang terdapat di seluruh tubuhnya.

Akan tetapi warna biru tersebut dapat menyala dengan terang apabila  terkena cahaya di tempat yang gelap.

5. Channa Argus

Ikan Channa Termahal
Channa argus - pinterest

Ikan Channa yang satu ini banyak ditemukan dari dataran utara negara Tiongkok lebih tepatnya di daerah Xijiang dan pulau Hainan. Ukuran maksimal ikan Channa Argus mencapai 30 cm.

Ikan yang memiliki harga sebesar Rp.1,5 jutaan ini juga dikenal dengan Northern snakehead yang memiliki warna serta pola dan juga motif seperti seekor ular phyton reticulatus dimana membuat ikan ini semakin menarik agar dapat dipelihara.

6. Channa Aurantimaculata

Channa Aurantimaculata
Channa aurantimaculata - wixmp

Ikan channa selanjutnya adalah jenis Channa Aurantimaculata. Ikan ini berasal dari India dengan ukuran maksimal mencapai 40 cm.

Harganya berkisar mulai dari Rp.750 ribu sampai dengan Rp.1,5 jutaan, memiliki warna kecoklatan dan mempunyai kombinasi garis vertikal yang berwarna oranye.

7. Channa Striata Albino

Channa Striata Albino
channa striata albino - marulioides

Ikan channa paling mahal yang terakhir adalah ikan gabus (haruan) albino dengan mata merah atau channa striata albino red eyes dan banyak tersebar di perairan India dan Sri Lanka.

Memiliki mata merah dan corak warna putih yang khas di seluruh badannya, membuat jenis channa ini digandrungi karena keindahannya ketika berada di dalam akuarium.

Untuk harganya sendiri tergantung ukuran, saat ini umumnya channa albino dibanderol mulai dari Rp120 ribuan untuk anakan hingga Rp1 jutaan untuk yang berukuran dewasa.

Kenapa Ikan Channa Harganya Mahal?

Setelah mengetahui beberapa harga di atas, pastinya kamu bertanya-tanya apa saja alasan dibalik harganya yang begitu fantastis hingga kita hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala.

Jawaban dari kenapa ikan channa harganya mahal adalah karena jumlah populasinya yang begitu sedikit. Contohnya, seperti channa Barca yang statusnya sudah sangat langka dan bahkan terancam punah.

Selain faktor kelangkaan, tentu saja hal ini juga dilandaskan oleh beberapa faktor lainnya, mulai dari sulit diternak, keindahan corak warnanya, hingga lokasi habitat yang sulit dijangkau.

Dikutip dari Kompas, Bapak Triyanto yang merupakan Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan, "Ketika salah satu spesies ikan banyak digemari tentunya secara otomatis harganya akan naik, sama halnya dengan barang seni".

"Selain itu, kenapa harga channa itu bisa mahal juga disebabkan oleh perilaku, serta corak warna dan batikannya. Namun perlu diingat, ikan channa dari Rusia dan Korea itu dilarang masuk ke Indonesia karena bisa merusak lingkungan sekitarnya," ujar dia.

Sobat pintar, itulah tadi beberapa deretan ikan channa termahal yang telah Petpi sajikan yang mana mungkin dapat dijadikan sebagai referensi apabila ada Sobat pintar berminat untuk memelihara ikan channa.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Terbit: Senin, 14 Juni 2021, 16:00 WIB
Update pada: Jumat, 23 September 2022, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://aquapedia.id/ikan-channa/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Channa_micropeltes
  • https://www.iwakgalak.com/2021/03/harga-ikan-channa.html
  • https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/21/082700665/ramai-ikan-hias-mirip-ikan-gabus-seharga-motor-ini-penjelasannya-?page=all

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar