Hari ini: Kamis, 09 Desember 2021
Jumat, 18 Juni 2021, 16:00 WIB

Ini 7 Jenis Makanan Ikan Nila Terbaik yang Bisa Bikin Cepat Besar

Ini 7 Jenis Makanan Ikan Nila Terbaik yang Bisa Bikin Cepat Besar

makanan ikan nila - fact retriever

Makanan ikan nila yang bisa memaksimalkan pertumbuhan, sehingga ikan nila cepat besar dan cepat dipanen. Berikut ini rekomendasi makanan ikan nila terbaik

Sobat Pintar, ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sering dijadikan konsumsi masyarakat. Di mana jika dilihat dari besarnya permintaan pasar, maka sudah jelas membudidayakan ikan ini untuk bisnis memiliki peluang besar.

Bagi sobat pintar yang memang ingin membudidayakan ikan ini, harus mengetahui jenis makanan ikan nila yang mampu membuat ikan cepat besar dan siap panen. 

Dalam artikel ini, Petpi akan memberikan beberapa jenis makanan dari ikan nila yang dibudidayakan. Di mana jenis makanannya pun bisa didapatkan dengan mudah. 

Jenis Makanan Ikan Nila 

Jenis Makanan Ikan Nila
jenis makanan ikan nila - william reed

Pemberian makan pada budidaya ikan nila sendiri sangatlah perlu untuk diperhatikan, apalagi jika sobat pintar ingin ikan cepat dipanen, maka itu perkembangannya sangat bergantung dengan makanannya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis pakan utama ikan nila yang sangat disarankan untuk diberikan, yang diantaranya : 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Dedak

Jenis makanan pertama yang bisa sobat pintar berikan kepada ikan nila adalah dedak. Biasa juga disebut sebagai bekatul yang mana dalam jenis makanan ini sendiri terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan nila.

Sebut saja protein, lemak, kalsium, kalium, natrium, vitamin b12, magnesium, vitamin b6 dan juga zat besi. 

Selain dari kandungan nutrisi yang tinggi, ukuran dedak yang kecil sangat pas dengan bukaan mulut anakan ikan nila yang terbilang kecil.

Banyak sekali peternak yang menggunakan dedak sebagai pakan alternatif untuk ikan nila, karena memang protein yang terkandung sendiri mencapai 17% dengan karbohidrat sekitar 66%. 

2. Lumut

Makanan selanjutnya yang juga bisa sobat pintar berikan ke ikan nila adalah lumut. Tanaman yang satu ini sendiri memang sering menjadi pakan untuk ikan nila, di mana dalam lumut terdapat kandungan nutrisi protein yang cukup tinggi.

Apalagi jika Kamu bisa memberikan lumut hati yang mengandung antioksidan alami serta mengandung antibakteri. 

Kedua kandungan tersebut mampu membantu ikan nila mendapatkan imun tubuh yang baik. Selain itu, pemberian lumut untuk menjadi pakan alternatif ikan nila juga mampu memberikan perlindungan kepada ikan agar tidak terkena virus.

Lumut biasanya tumbuh sendiri di dalam kolam, namun untuk produksi yang banyak sobat pintar bisa juga membudidayakannya sendiri.

3. Daun Talas

Daun talas juga menjadi salah satu makanan ikan nila yang dapat diberikan. Dalam daun talas ini terdapat kandungan protein yang cukup tinggi dan juga nutrisi lain yang cukup untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dari ikan nila.

Pemberiannya sendiri cukup dengan memotong-motong daun talas menjadi potongan kecil yang dapat dimakan ikan nila. 

Untuk sisa batangnya, kamu bisa potong halus dan tipis agar ikan nila tidak kesulitan ketika memakannya. Namun, perhatikan jumlah pemberian daun talas ini pada ikan.

Jangan terlalu banyak, karena jika daun talas tidak dihabiskan maka akan membusuk dan menyebabkan masalah lain untuk ikan nila. 

4. Pelet

Untuk jenis makan pelet sendiri adalah salah satu yang paling umum diberikan. Karena jenis makan ini sendiri biasanya sudah mengandung nutrisi yang lengkap.

Apalagi jika sobat pintar memilih pelet dengan kualitas super. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa untuk kualitas pelet sendiri semakin baik maka harganya semakin mahal. 

Sobat Pintar kesulitan menemukan merk pelet ikan nila yang bagus? Nah, mungkin kamu bisa coba beberapa merk terbaik seperti Pi Comfeed, Ms Prima Feed ataupun Hi Provite.

Menurut beberapa ulasan dari para pembudidaya ikan nila, beberapa merk pelet tersebut memiliki Feed Conversion Ratio (FCR) dan tingkat kelangsungan hidup yang baik.

Selain itu, harganya pun terbilang cukup murah mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 9.000 per 500 gramnya.

Agar bisa menekan biaya dari pemberian makan pelet ini, sobat pintar dapat mencampurnya dengan jenis makanan alternatif yang sebelumnya sudah disebutkan.

Ketika memilih pelet untuk ikan nila, sobat juga harus memperhatikan ukuran dari peletnya tersebut. Sesuaikan dengan bukaan mulut ikan nila agar bisa mereka makan.  

5. Azolla Pinnata 

Tanaman yang satu ini adalah jenis tanaman paku air yang berukuran sekitar 4 cm dan mempunyai daun dengan bentuk segitiga atau kotak.

Azolla Pinnata sendiri diketahui mempunyai kandungan protein sekitar 31%, cukup tinggi jika dibandingkan dengan tumbuhan lainnya. Kebanyakan yang menggunakan tanaman ini adalah para peternak ikan nila organik. 

Pemberian tanaman yang satu ini sendiri juga dipercaya bisa membuat ikan nila tumbuh maksimal dengan cepat.

Di mana ada penelitian yang dilakukan bahwa dengan pemberian Azolla Pinnata ini, maka berat badan ikan nila dapat meningkat hingga 10%. Pemberiannya sendiri lebih baik dalam bentuk sudah dikeringkan. 

Karena Azolla Pinnata yang masih basah sendiri mengandung banyak air. Hal tersebut malah akan membuat ikan nila cepat kenyang, namun bukan kenyang makanan yang bernutrisi tapi hanya kenyang air dan akhirnya ikan tetap dalam kondisi kurus. 

6. Maggot 

Biasa dikenal sebagai larva dari lalat, maggot adalah jenis pakan yang saat ini paling banyak digunakan. Jenis maggot yang dipakai untuk pakan ikan nila sendiri adalah dari jenis lalat Black Soldier.

Maggot ini sendiri mengandung protein hingga 44%, di mana dengan jumlah protein tersebut, maka sudah jelas mampu membuat ikan nila cepat besar. 

Pemberian maggot pada ikan nila memang dilakukan sebagai pakan pengganti dari pelet. Sehingga takarannya pun harus diperhatikan agar tidak membuat ikan menjadi terlalu berlebihan mengkonsumsi protein. 

7. Kangkung 

Sayuran yang satu ini juga bisa menjadi makanan dari ikan nila. Di mana dalam kangkung terdapat kandungan vitamin lengkap serta kalsium.

Selain itu, kandungan protein dan lemaknya pun cukup tinggi sehingga mampu membuat ikan nila bertumbuh dengan cepat. Untuk pemberiannya sendiri sama dengan daun talas. 

Di mana Kamu bisa memotong kecil-kecil kangkung agar mudah dimakan oleh ikan nila. Selain itu, perhatikan juga takarannya, jangan sampai ada sisa kangkung yang didiamkan saja karena nantinya bisa membusuk dan malah menyebabkan ikan sakit. 

Sobat pintar, itulah beberapa jenis makanan ikan nila yang bisa diberikan agar cepat besar serta siap dipanen dalam waktu yang relatif singkat. Semoga artikel dapat membantu sobat pintar dalam melakukan budidaya ikan nila.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bacaterus.com/makanan-ikan-nila/
  • https://www.bertani.co.id/makanan-ikan-nila/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar