Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Rabu, 26 Mei 2021, 16:00 WIB

Kenali Spesies dan Makanan Ikan Sapu Sapu yang Paling Disukai

Kenali Spesies dan Makanan Ikan Sapu Sapu yang Paling Disukai

makanan ikan sapu sapu - dunia perairan

Jenis makanan ikan sapu sapu sangat mudah dicari mengingat bahwa ikan ini termasuk ke dalam hewan omnivora. Berikut daftar makanan yang paling disukainya

Sobat Pintar penggemar hewan akuatik, pasti kenal dengan jenis ikan yang dikenal sebagai ikan pembersih, yaitu ikan sapu sapu.

Ikan yang satu ini memang sering dipelihara oleh penggemar aquascape karena dikenal bisa membersihkan akuarium.

Bagi Sobat Pintar yang ingin memelihara ikan ini, ada baiknya kamu mengetahui jenis makanan ikan sapu sapu yang harus diberikan.

Species Ikan Sapu Sapu yang Biasa Dipelihara

Spesies Ikan Sapu-sapu
spesies ikan sapu-sapu - antarimedia

Sebelum Sobat Pintar mengenal jenis makanan apa saja yang bisa diberikan ke ikan sapu sapu, Petpi akan mengenalkan beberapa spesies dari ikan ini yang banyak dipelihara.

Berikut ini adalah ikan sapu sapu yang sering dipelihara di akuarium:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Leopard Frog Pleco

Leopard Flog Pleco Di Akuarium
Ikan Leopard Flog Pleco Di Akuarium - Jason's Plecos & Cichlids

Jenis ikan sapu sapu yang sering kali dipelihara oleh pecinta hewan akuatik adalah Leopard Frog Pleco.

Untuk jenis ikan sapu sapu yang satu ini berasal dari Amerika Serikat, tepatnya di Sungai Tapajos. Ikan ini memiliki ciri khas warnanya yang belang hitam dengan ukuran hanya sekitar 12 cm – 16 cm.

Harga ikan sapu sapu leopard ini cukup mahal, mengingat di habitat aslinya memang jumlahnya sudah berkurang sangat banyak.

Ikan ini sendiri terbilang sangat populer di kalangan pecinta akuatik, mengingat bahwa warnanya sangatlah unik dan ukurannya tidak terlalu besar. Apalagi ikan ini cukup mudah untuk dirawat.

2. Hypancistrus Zebra

Hypancistrus Zebra Di Atas Baru
Ikan Hypancistrus Zebra Di Atas Batu - The Aquarium Club

Jika dilihat sekilas, jenis ikan sapu sapu ini sangat mirip dengan Leopard Frog Pleco. Karena keduanya memiliki corak belang hitam putih.

Tapi jika diperhatikan dengan seksama, corak keduanya sangatlah berbeda. Ukuran dari Hypancistrus Zebra ini tidaklah besar, hanya sekitar 8 cm saja.

Sama seperti Leopard Frog Pleco, di mana ikan sapu sapu yang lebih banyak ditemukan di Sungai Amazon ini sudah sangat berkurang jumlahnya.

Sehingga harganya pun terbilang cukup mahal. Karena memiliki warna yang cantik dan juga unik, banyak yang memelihara ikan sapu sapu yang dikenal dengan ikan sapu zebra ini.

3. Xingu Baryancistrus

Xingu Baryancistrus Atau Gold Nugget Pleco
Gambar Xingu Baryancistrus atau Gold Nugget Pleco - Ikan Hias

Untuk ikan sapu sapu yang satu ini sendiri banyak ditemukan di negara Brazil, tepatnya di sungai Rio Xingu. Tubuhnya memiliki warna dasar hitam pekat dengan dipenuhi totol kuning di seluruh bagian tubuhnya.

Ukuran dari Xingu Baryancistrus ini hanyalah sekitar 15 centimeter hingga 20 centimeter dan masuk dalam kategori sedang.

Ikan ini pun masih banyak ditemukan sekitaran Asia Tenggara dan terbilang jumlahnya masih cukup banyak.

Ikan sapu sapu yang satu ini juga sering disebut dengan Golden Nugget Pleco karena memang warnanya yang sangat unik. Untuk kisaran harganya di pasaran juga tidak terlalu mahal.

4. Golden Royal Line

Makanan Golden Royal Line Pleco
Makanan Golden Royal Line Pleco - Ikanesia

Ketika Sobat Pintar melihat Golden Royal Line, pasti akan terpesona melihat keindahannya. Berasal dari Amerika Serikat, ikan sapu sapu ini memiliki warna yang sangat cantik.

Di mana warna dasar tubuhnya adalah hitam lebih keabu-abuan dengan garis horizontal emas atau coklat di seluruh bagian tubuh. Bahkan pada siripnya pun juga memiliki garis.

5. Snowball Pleco

Makanan Untuk Snowball Pleco
makanan untuk snowball pleco - Blue Grass Aquatics

Jenis ikan sapu sapu yang bisa Sobat Pintar pelihara di akuarium selanjutnya adalah Snowball Pleco. Jika pada ikan sapu sapu Xingu totolnya adalah berwarna kuning, maka

Snowball Pleco ini dipenuhi totol putih yang cukup besar. Asal ikan ini sendiri dari Amerika Selatan dan merupakan predator, sehingga Petpi tidak menyarankan memelihara Snowball Pleco dengan jenis ikan lain.

Dari jenis ikan sapu sapu hias yang sering dipelihara di atas, maka dapat Sobat Pintar lihat bahwa ikan ini bukanlah berasal dari daratan Asia. Setelah mengetahui beberapa spesiesnya, maka selanjutnya Sobat Pintar harus mengetahui jenis makanan ikan sapu sapu.

Jenis Makanan Ikan Sapu Sapu

Jenis Makanan Ikan Sapu-sapu
jenis makanan ikan sapu-sapu - dictio

Sobat Pintar pasti kamu sering bertanya-tanya kan ikan sapu sapu makan apa sih?

Makanan untuk ikan sapu sapu sendiri sangatlah mudah dicari, mengingat bahwa ikan ini juga sangat mudah untuk beradaptasi bahkan untuk dipelihara di akuarium.

Berikut ini adalah makanan yang bisa Sobat Pintar berikan ke ikan sapu sapu:

1. Pelet dari Alga

Algae Wafers Untuk Ikan Sapu Sapu
Algae Wafers Untuk Ikan Sapu Sapu - Rupa Rupa

Makanan pertama yang bisa Sobat Pintar berikan ke ikan sapu sapu yang pertama adalah pelet alga. Pelet yang satu ini sangat mudah sekali untuk ditemukan, di mana sudah banyak toko khusus ikan hias yang menjual jenis pakan yang satu ini.

Terbuat dari alga, pakan yang satu ini memiliki nutrisi lengkap yang sudah cukup untuk ikan sapu sapu kesayangan.

2. Sayuran

Ikan sapu sapu sendiri adalah salah satu jenis hewan omnivora atau pemakan segalanya, sehingga kamu bisa memberikan pakan dari sayuran seperti sawi, oyong atau gambas, timun dan lain sebagainya.

Untuk pemberian sendiri, Sobat Pintar cukup memotongnya tidak terlalu kecil agar ikan sapu sapu dapat menyedotnya.

3. Alga

Makanan utama ikan sapu sapu sendiri adalah alga, di mana kamu bisa memberikan jenis alga coklat yang biasanya sering menempel di dinding akuarium.

Karena memang ikan sapu sapu ini mempunyai karakteristik menyedot alga coklat, maka sudah tidak heran sering dibilang ikan pembersih akuarium.

4. Ikan Kecil

Terkadang pasti kamu bingung kan apakah ikan sapu sapu makan ikan kecil? Jika melihat jenis-jenis ikan sapu sapu yang sudah disebutkan tadi, ada jenis ikan sapu sapu predator yang memang memakan ikan lain, lho.

Tidak ada salahnya Sobat Pintar memberikan ikan kecil yang sudah mati untuk pakan sehari-hari ikan yang satu ini. Disarankan untuk memberikan jenis pakan yang sesuai dengan ukuran ikan sapu sapu.

Sobat Pintar, demikianlah penjelasan beberapa spesies dan jenis makanan ikan sapu sapu yang bisa diberikan. Jika memang ingin memelihara ikan sapu sapu, ada baiknya mempelajari karakteristiknya terlebih dahulu.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://rimbakita.com/ikan-sapu-sapu/
  • https://www.hewan.id/ikan/sapu-sapu.html#:~:text=Yang%20pertama%20terdapat%20jenis%20ikan%20sapu-sapu%20yakni%20leopard,dari%20katak%20liar%20yang%20ada%20di%20hutan%20Amazon.
  • https://www.hewanpeliharaan.org/ikan/sapu-sapu/makanan-ikan-sapu-sapu/

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar