Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Selasa, 10 Agustus 2021, 16:00 WIB

5 Ciri-Ciri Ikan Guppy Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

5 Ciri-Ciri Ikan Guppy Hamil Yang Wajib Kamu Ketahui

ciri ciri ikan guppy hamil - ltk

Ciri-ciri ikan guppy hamil ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat secara langsung, mulai dari perubahan fisik dan sebagainya. Berikut adalah ulasannya

Sobat pintar, apakah kamu termasuk orang yang memelihara ikan guppy di akuarium rumah? Ikan hias yang mempunyai bentuk tubuh yang mungil ini termasuk ikan peliharaan yang banyak dipilih oleh para penghobi.

Hal ini dipengaruhi oleh corak warna yang diberikan dan perawatan ikannya yang mudah, dan termasuk ikan yang melahirkan. 

Pada pembahasan kali ini Petpi akan mencoba menjelaskan mengenai beberapa ciri-ciri ikan guppy hamil, karena ikan satu ini terbilang beda dan unik.

Sesuai dengan sebutan yang diberikan sebagai The Million Fish, karena ikan betina ini dapat melahirkan ratusan anak ikan dalam satu waktu yang kemudian akan langsung dirawat secara maksimal. 

Sobat Pintar penasaran mengenai ciri-cirinya? Mari langsung saja kita bahas bersama-sama. 

Ciri Utama Ikan Guppy Yang Sedang Hamil

Ciri Ciri Ikan Guppy Sedang Hamil
ciri ciri ikan guppy sedang hamil - aquarium source

Ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat terkait ikan guppy yang hamil tersebut, pada ulasan kali ini Petpi akan menjelaskannya secara menyeluruh.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa kamu lihat, yuk simak penjelasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ikan lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Perubahan Fisik dan Pola Makan

Hal yang perlu kamu perhatikan tersebut dapat dilihat dari kondisi fisik yang terjadi, beberapa perubahan tersebut merupakan ciri-ciri ikan guppy hamil yang umum terjadi.

Dalam kondisi tersebut kamu akan melihat warna pada ikan yang sedikit memudar, sebagian pada insangnya mengalami terbuka, dan punggung ikannya terlihat lebih melengkung. 

Karena tengah hamil, perut pada ikan kamu akan terlihat lebih kotak dan tidak seperti pada umumnya. Selain itu, kamu juga akan sering melihat ikan berada pada area pemanas dan perilaku ikan akan jauh lebih agresif dibanding biasanya.

Tidak hanya itu saja, tanda ikan guppy kamu hamil bisa dilihat juga dari pola makan yang berubah-ubah. Semuanya bisa kamu lihat dengan jelas, sehingga ada kalanya ikan terlihat begitu semangat makan dan tidak pada beberapa hari tertentu. 

2. Kondisi Perut Lebih Buncit

Perubahan fisik itu banyak terjadi pada ikan guppy, namun untuk lebih mudah dalam memastikannya kamu bisa melihat perut buncit pada ikan. Jika ikan guppy kamu sedang berkembang biak, maka area pada perutnya itu mengalami perkembangan dan sedikit terlihat membengkak.

Hal ini dipengaruhi kalau ikan guppy itu sedang hamil dan tinggal memantau kondisinya saja. Pada tahap ciri-ciri ikan guppy hamil ini sebenarnya kamu tinggal menunggunya saja, apabila badannya terlihat lebih kotak tentunya ikan sedang bertelur.

Tidak butuh waktu lama ketika proses tersebut sedang terjadi, karena biasanya dalam hitungan bulan kamu akan mendapatkan anakan ikan guppy lahir dan siap untuk menyambutnya.

Oleh karena itu, perubahan pada perut ikan guppy adalah proses yang paling mudah untuk dilihat dan dipahami secara menyeluruh bahkan oleh pemula sekalipun. 

3. Terdapat Bintik-Bintik yang Gelap

Beberapa pengamatan yang dilakukan oleh para penghobi ikan guppy dapat melihat kehamilan pada ikannya itu dari bintik-bintik yang terjadi sekitar pantat ikan dalam hitungan minggu.

Jika kamu memperhatikan beberapa bintik yang semakin gelap dari awalnya, maka dapat dipastikan kalau ikan guppy kamu tersebut sedang mengalami kondisi hamil. 

Secara umumnya ikan guppy yang ada memiliki warna orange dan sedikit lebih gelap, namun ciri pada ikan guppy yang hamil itu adalah warna tersebut kian semakin gelap (gravid spot).

Sebenarnya proses ini harus dilihat dari beberapa pengamatan yang ada. Dalam tahap ini kamu harus bisa melihatnya secara menyeluruh agar mengetahui kondisi ikan kamu tersebut sedang hamil atau tidak. 

Apabila kamu tidak memperhatikannya dengan jelas, terutama yang sedang budidaya akan kerepotan nantinya. Oleh karena itu, prosesnya kamu harus bisa memastikan dan memahami karakteristik dari ikan yang kamu pelihara tersebut.

Jika sedang hamil kamu dapat melihatnya jauh lebih luas dan mampu memberikan penanganan yang tepat. 

4. Terdapat Bercak

Ciri-ciri ikan guppy hamil selanjutnya adalah ketika kamu melihat ikan itu ada bercak yang kecil pada area bintik kehamilannya maka hampir bisa dipastikan bahwa ia sedang mengandung.

Bentuk bercaknya seperti titik-titik hitam kecil dan dapat kamu lihat seperti mata larva ikan (burayak) yang ada dalam perut ikan tersebut. 

Perubahan pada ikan guppy tersebut hanya akan muncul ketika mereka tengah dalam masa  kehamilan, karena apabila ikan tersebut tidak hamil pastinya tidak akan muncul bercak pada tubuhnya.

Proses ini tentu saja akan mempermudah kamu dalam menentukan apakah ikan tersebut hamil atau tidak. Selain itu, hal ini juga tidak begitu sulit untuk dilihat jika kamu sering memperhatikannya  secara langsung. 

5. Mengalami Kontraksi

Ikan guppy ketika sedang hamil itu mengalami kontraksi yang dapat dilihat dari badannya tersebut.

Terjadinya kontraksi ini adalah ciri-ciri ikan guppy hamil yang terakhir, pada tahap ini kamu akan melihat beberapa otot-otot yang ada pada badan ikan tersebut terlihat kencang dan lembek seperti sedang bersiap untuk melepaskan telur.

Biasanya ini menjadi tanda kalau ikan guppy kesayangan kamu di rumah tersebut sedang hamil. 

Untuk tahapan ini biasanya akan terjadi beberapa kondisi yang mana ikan guppy mengalami gejala ini beberapa kali selama waktu bertelurnya dalam proses sebelum kelahiran.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu melihatnya secara menyeluruh agar bisa mengetahui ikan guppy yang kamu pelihara tersebut sedang hamil. 

Ketika semuanya sudah menunjukkan beberapa tanda diatas, maka tahapan selanjutnya yang harus kamu perhatikan mengenai persiapan saat melahirkan.

Proses ini harus kamu lihat dan dilakukan secara menyeluruh. Dengan demikian tahapan ini agar anakan ikan yang lahir bisa terawat dengan baik dan hidup semuanya. 

Sobat pintar, itulah beberapa ciri-ciri ikan guppy hamil, pastikan kamu bisa melihatnya secara utuh dan tinggal mempersiapkan kelahirannya.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://perikanan38.blogspot.com/2021/01/ciri-ciri-ikan-guppy-hamil-dan-akan.html
  • https://www.ayoternak.com/2020/10/ciri-ciri-ikan-guppy-sedang-hamil-dan.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar