Hari ini: Kamis, 11 Agustus 2022
Rabu, 20 Juli 2022, 16:00 WIB

10 Jenis Jenis Katak Unik di Dunia, Ada yang dari Indonesia!

10 Jenis Jenis Katak Unik di Dunia, Ada yang dari Indonesia!

jenis katak unik - pixabay

Katak memiliki lebih dari 4700 spesies, dimana setiap spesies nya punya keunikan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis katak unik dari seluruh dunia

Sobat Pintar, banyak sekali jenis-jenis katak yang ada di seluruh belahan dunia ini. Ya, katak memang menjadi hewan yang sangat mudah kamu temukan seperti pada area persawahan atau dekat sungai.

Hampir dari kalian semua pasti sudah tahu bagaimana bentuk dari si katak, bukan? Namun, pasti kamu belum tahu kalau ternyata katak itu memiliki banyak jenis, lho.

Katak memiliki lebih dari 4.700 spesies yang tersebar di seluruh dunia yang dimana setiap spesiesnya pasti mempunyai keunikan masing-masing. Maka tak heran, jika ada beberapa spesies yang mempunyai keunikan luar biasa dibandingkan katak lainnya.

Kamu pasti penasaran dengan jenis katak tersebut, bukan? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini.

Beragam Spesies Katak Unik dari Seluruh Dunia

Nama Nama Katak Unik
nama nama katak unik - pixabay

Hewan yang hidup di dua alam ini memang banyak tersebar di seluruh belahan dunia. Tidak hanya spesiesnya saja yang beragam, tetapi ukuran tubuh dan bentuknya juga sangat bervariasi.

Mulai dari jenis katak yang terkecil hingga yang terbesar serta dari yang menggemaskan sampai menakutkan. Tidak perlu menunggu lama-lama lagi, inilah 10 jenis katak unik yang ada di dunia.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Katak lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Katak Goliath

Katak Terbesar Di Dunia
katak terbesar di dunia - San Diego Zoo

Katak goliath ini mempunyai nama lain yaitu Conraua goliath yang merupakan spesies katak dengan ukuran tubuh paling besar di dunia.

Dikutip dari Animal Diversity, katak goliath dapat tumbuh hingga berat 3,2 kg dengan panjang sampai 32 cm. Tentu saja, katak tersebut ukurannya sama seperti seekor kucing yang berukuran sedang.

Selain itu, spesies katak ini mempunyai persebaran yang sangat terbatas sekali karena hanya berada di wilayah Kamerun, Afrika dan sebagian lainnya hanya terdapat di Guinea Ekuatorial.

Jadi, untuk Sobat Pintar yang penasaran dengan katak ini, kamu hanya bisa melihatnya secara langsung di kedua negara tersebut, ya.

2. Katak Paedophryne Amauensis

Katak Paling Kecil Di Dunia
katak paling kecil di dunia - CNN

Selanjutnya untuk predikat jenis katak terkecil di dunia saat ini dimiliki oleh spesies katak endemik asli Papua Nugini, yaitu Paedophryne amauensis

Dikutip dari laman BBC mengatakan jika panjang dari seekor katak ini hanya mencapai 7,7 mm saja, bahkan ia lebih kecil dibandingkan dengan uang logam.

Tidak hanya itu saja, panjangnya yang hanya 2 milimeter membuat ia juga menyandang predikat sebagai organisme bertulang belakang terkecil kedua setelah Paedocypris progenetica.

Makanan katak ini adalah serangga dan organisme yang berukuran kecil dibandingkan tubuhnya. Katak ini berwarna coklat tua dengan corak hitam dan putih pada tubuhnya sehingga ketika kamu melihatnya pasti merasa sangat gemas.

3. Katak Kaca

Katak Transparan
katak transparan - CNN

Jenis katak unik selanjutnya yang ada di dunia yaitu katak kaca (Hyalinobatrachium ruedai) yang dimana kulitnya menjadi salah satu keunikannya karena terlihat seperti kaca yang transparan.

Karena bentuknya yang transparan, kamu dapat melihat organ yang ada di dalam tubuhnya, lho. Katak yang satu ini bergabung dengan famili Centrolenidae dan mempunyai beberapa spesies lainnya.

Menurut Britannica, kulit transparan yang ia miliki itu dapat digunakan untuk berkamuflase dari berbagai ancaman karena dapat menjadikannya berbaur dengan lingkungan yang terang maupun gelap.

Salah satu contoh kegunaan dari keunikan tersebut adalah bisa digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan para predator yang hendak memangsanya.

4. Katak Lumut

Katak Berlumut
katak berlumut - inaturalist

Jika kamu melihat katak yang satu ini pasti kamu akan teringat dengan lumut, sama seperti namanya memang katak ini mirip dengan lumut yang tumbuh pada area yang lembab.

Jenis katak unik yang berasal dari Vietnam ini memiliki nama latin Theloderma corticale karena bentuk tubuhnya yang menyerupai tumbuhan lumut.

Namun, hal tersebut bukan benar-benar lumut ya, melainkan kulitnya yang memiliki tekstur kasar dengan warna kehijauan sehingga jika kamu melihatnya memang mirip seperti lumut pada umumnya.

Penampilannya tersebut menjadikan katak yang satu ini sangat mudah untuk berkamuflase di habitat aslinya seperti wilayah rawa-rawa atau hutan yang dekat dengan perairan.

5. Katak Ungu

Katak Ungu Berhidung Babi
katak ungu berhidung babi - mos

Katak unik yang ada di dunia selanjutnya adalah katak ungu yang juga memiliki nama latin yaitu Nasikabatrachus sahyadrensis. Ia terkenal karena penampilannya yang sangat unik sebab terlihat bulat dengan tubuh yang berwarna ungu.

Dikutip dari laman Edge of Existence mengatakan bahwa jika katak ini unik akan menghabiskan seluruh hidupnya dengan berada di dalam tanah saja. Katak ungu hanya akan keluar jika sudah tiba musim kawin dan itu hanya beberapa hari saja.

6. Katak Gurun Hujan

Katak Desert Rain Frog
katak desert rain frog - flickr

Keunikan dari jenis katak hujan yang mempunyai nama latin Breviceps macrops ini adalah suara jeritannya yang mirip seperti mainan karet.

Serupa dengan manusia, ada suatu kondisi yang bisa membuat katak ini mengeluarkan jeritannya yaitu ketika ia merasa marah karena merasa terancam atau terganggu.

Tetapi uniknya, jeritan yang dikeluarkan olehnya tidak membuat kita menjadi takut, melainkan menjadi lebih gemas dengan katak ini.

7. Katak Pinokio

Katak Pohon Pinokio
katak pohon pinokio - Nat Geo

Tentu saja sudah dapat kamu ketahui keunikan katak ini dari namanya. Katak yang diberi nama pinokio ini berasal dari kawasan Papua Nugini dan memiliki nama latin Litoria pinocchio.

Untuk bentuk fisiknya sendiri pasti kamu sudah bisa membayangkannya, bukan? Ya, katak ini mempunyai hidung yang panjang seperti pada tokoh pinokio di cerita anak kecil.

Selain itu, uniknya hidung katak ini dapat berdiri dengan tegak saat sang jantan mengeluarkan suara, yang berarti menandakan jika hidungnya ini berfungsi supaya suaranya menjadi lebih besar. 

8. Katak Pohon Monyet Lilin

Katak Pohon Monyet Lilin
katak pohon monyet lilin - Wikimedia

Jenis katak dengan nama latin Phyllomedusa sauvagii ini mempunyai nama dalam bahasa Inggris Waxy Monkey Tree Frog yang dapat dikatakan sangat panjang dan unik. Tentu saja ada arti dibalik namanya tersebut.

Dikutip dari World Wildlife mengatakan jika katak ini biasa hidup pada pohon dan akan bergerak dengan cara berpegangan dengan ranting pohon, ia tidak melompat. Oleh sebab itu, ia diberi julukan “monyet”.

Lalu, untuk julukan “lilin” ini diberikan sebab kulitnya dilapisi dengan lilin. Fungsinya yaitu untuk mencegah adanya penguapan sehingga kulitnya tidak kering dan tetap lembab.

9. Katak Sigung Venezuela

Katak Terbau Di Dunia
katak terbau di dunia - inaturalist

Berikutnya ada katak yang sudah masuk dalam catatan rekor dunia. Namun, rekornya memang tidak membanggakan. Mengapa? Karena rekor katak ini adalah katak paling bau di dunia.

Dikutip dari Guinness World Records, laman tersebut mengatakan bahwa katak sigung venezuela (Aromobates nocturnus) ini dapat mengeluarkan bau busuk dari kulitnya guna untuk mempertahankan diri dari para predator.

10. Katak Kepala Pipih Kalimantan

Katak Tanpa Paru-paru
katak tanpa paru-paru - Google Arts & Culture

Terakhir ada katak kepala-pipih kalimantan (Barbourula kalimantanensis) dari famili Bombinatoridae. Ia merupakan spesies katak unik yang langka karena satu-satunya di dunia yang tidak mempunyai paru-paru.

Awalnya jenis katak Indonesia ini dikenalkan oleh pakar ITB bernama Djoko T. Iskandar pada tahun 1978. Katak kepala-pipih kalimantan ditemukan pertama kali di area sekitar Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tidak adanya paru-paru pada katak B. kalimantanensis disebabkan karena proses adaptasi katak tersebut terhadap lingkungan yang berair deras.

Untuk mendapatkan oksigen, katak kepala-pipih kalimantan akan menggunakan permukaan kulit dan beberapa organ tubuh lainnya sebagai pengganti paru-paru.

Sobat Pintar, demikianlah daftar lengkap jenis-jenis katak unik yang masih hidup di seluruh penjuru dunia. Semoga dengan membacanya, kamu mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kalian semua, ya! 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Katak terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Katak_kepala-pipih_kalimantan
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/peter-eduard/spesies-katak-unik-c1c2/10
  • https://www.liputan6.com/regional/read/3431103/kenalkan-katak-pinokio-dari-pulau-waigeo
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar