Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Minggu, 04 Oktober 2020, 10:00 WIB

Berapa Umur Anjing Kesayanganmu Jika Dibandingkan Umur Manusia? Cek Disini

Berapa Umur Anjing Kesayanganmu Jika Dibandingkan Umur Manusia? Cek Disini

Sebagai pemilik anjing, kita ingin mengetahui periode usia mereka. Nah begini cara membandingkan umur anjing dengan manusia dengan metode yang benar

Para pecinta hewan peliharaan pastinya akan selalu menginginkan hewan kesayangannya ini selalu bersama. Tak heran pecinta hewan itu sendiri yang sudah menganggap hewan peliharaannya sebagai salah satu anggota keluarganya.

Salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di dunia yaitu anjing mempunyai kemampuan yang cerdas dimana ia bisa menjadi teman yang baik buat pemiliknya. Tentu saja ini akan menjadi hari-hari terbaik saat menghabiskan waktu dengannya.

Anjing sendiri merupakan hewan yang dapat hidup hingga belasan tahun, bahkan beberapa ras anjing dapat hidup sampai 25 tahun asal diberikan perawatan yang baik.

Berbicara tentang usia anjing yang cukup lama, terkadang kita ingin mengetahui periode masa-masa pertumbuhan dari anjing tersebut. Nah kira-kira berapa umur anjing jika dihitung dan dibanding dengan umur manusia ya?

Yuk cek jawabannya di sini.

Perbandingan Umur anjing dengan Manusia

Perbandingan Umur Anjing Dengan Manusia

Banyak orang yang berkata bahwa perhitungan umur anjing jika dibandingkan dengan manusia adalah 1:7. Jika manusia berumur 7 tahun, berarti anjing yang berumur 1 tahun adalah sosok manusia di umur 7 tahun.

Namun perhitungan ini dirasa kuno bagi peneliti zaman sekarang. Perhitungan perbandingan umur anjing dan manusia pun tidak sesederhana itu. Bukan metodenya yang tidak bagus, namun perhitungannya kurang akurat.

Bagaimanapun hal ini harus kita apresiasi, karena ini cukup menjadi acuan manusia untuk memahami umur anjing peliharaanmu. Dengan begitu kamu bisa memberikan perawatan terbaik untuk anjingnya.

Usia dan Ukuran Anjing

Cara Menghitung Umur Anjing

Intinya faktor penentu usia anjing itu dilihat dari bentuk tubuhnya. Bisa jadi berbagai ras anjing terbaik mempunyai usia yang berbeda tergantung dengan jenis tubuhnya yang besar atau tidak.

Semakin besar tubuh suatu ras anjing biasanya akan menua lebih cepat dibandingkan dengan jenis anjing ras kecil yang akan lebih lambat untuk menua. Seiring dengan waktu yang berubah, anjingmu akan semakin besar dan hal ini akan mempengaruhi kecepatan usia mereka.

Bagaimana Bisa Mendapatkan Hasil Tersebut?

Cara Menghitung Umur Anjing Dibandingkan Umur Manusia

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan untuk mengetahui perbandingan usia anjing dengan manusia. AVMA mengatakan bahwa kucing dan anjing kecil biasanya dianggap senior apabila memasuki umur 7 tahun.

Klasifikasi senior ini dimaksudkan pada fakta bahwa hewan peliharaan biasanya mempunyai umur yang lebih cepat dibandingkan dengan manusia. Pada saat-saat usia senior ini biasanya hewan peliharaan akan menjadi lebih lemah dan memiliki banyak penyakit.

Ketentuan ini sangat bertentangan dengan teori usai anjing yang cukup populer yaitu 1:7. Ada beberapa contoh yang menyebabkan teori ini tidak dipakai lagi.

Salah satunya dengan Great Dane. Seekor anjing memiliki rata-rata harapan hidup sekitar 7-10 tahun, oleh karena itu Great Dane yang berumur 4 tahun sama dengan manusia yang berumur 35 tahun. Sekali lagi, teori ini hanya bisa jadi acuan untuk kamu menghitung kasar dari usia anjing.

Mengapa Ras Anjing Kecil Bisa Hidup Lebih Lama daripada Ras Anjing Besar?

Perbandingan Umur Anjing Dan Manusia

Fenomena ini telah membungkam para ilmuwan selama bertahun-tahun, penelitian manapun belum menjelaskan apa hubungannya antara massa tubuh dengan umur anjing.

Secara umum mamalia besar seperti gajah dan paus justru memiliki hidup yang lebih lama dibanding dengan tikus. Namun kenapa justru anjing kecil bisa memiliki rentang hidup yang lebih panjang ya daripada jenis anjing besar?

Menurut salah satu peneliti dari Jerman, para ilmuwan menyimpulkan bahwa setiap 4,4 pon massa tubuh akan mengurangi angka harapan hidup dari seekor anjing selama kurang lebih satu bulan.

Alasan lebih tepatnya belum diketahui secara pasti, walaupun para peneliti mengemukakan beberapa kemungkinan seperti anjing besar yang memiliki penyakit yang bisa mengurangi harapan hidupnya.

Akhirnya para ilmuwan akan mencoba meneliti kembali hal apa yang berkaitan dengan berat badan seekor anjing dengan angka harapan hidupnya.

Perbandingan seperti ini seharusnya juga bisa dipakai untuk dijadikan ukuran berapa lama anjing yang tinggal di kandang. Karena mungkin bagi kita sangat sebentar, namun baginya bisa saja sangat lama.

Sekian penjelasan dari PetPi tentang perbandingan umur antara anjing dengan manusia. Saat kamu mengetahui hal ini, kamu bisa melihat beberapa kebiasaan yang mulai berubah dari perbandingan umur manusia.

Apakah anjing peliharaanmu sekarang masih muda? Mending langsung cek perbandingannya ya. Semoga bermanfaat!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://pets.webmd.com/dogs/how-to-calculate-your-dogs-age
  • https://www.jakartadoglovers.com/article/perbandingan-umur-anjing-ke-umur-manusia/
  • https://www.thesprucepets.com/how-old-is-your-dog-in-human-years-4588708
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar