Hari ini: Senin, 05 Juni 2023
Sabtu, 04 Februari 2023, 16:00 WIB

10+ Serangga yang Bisa Dipelihara & Bermanfaat Bagi Manusia

10+ Serangga yang Bisa Dipelihara & Bermanfaat Bagi Manusia

jenis serangga peliharaan - inaturalist

Bosen memelihara binatang atau hewan yang itu-itu saja? Coba deh lihat jenis serangga yang bisa dipelihara ini. Bisa beri manfaat untuk manusia juga, loh!

Kata siapa serangga nggak bisa dipelihara? Ada loh beberapa jenis serangga yang bahkan bisa bermanfaat bagi manusia. Serangga yang bisa dipelihara ini pun bisa Sobat Pintar temukan dengan mudah di sekitar rumah.

Memiliki binatang peliharaan yang lucu tentu amat menyenangkan, karena bisa meningkatkan suasana hati pemeliharanya. Bahkan, sudah ada loh riset yang menunjukkan kalau punya binatang peliharaan sangat baik buat kesehatan mental.

Memelihara binatang seperti kucing, anjing, kelinci, dan sejenisnya mungkin sangat membosankan dan sudah umum. Tapi, masih ada hewan lain yang bisa kamu jadikan peliharaan, misalnya sejumlah jenis serangga.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ragam lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Jenis-Jenis Serangga yang Bisa Dipelihara Beserta Gambarnya

Jika memang tertarik buat memelihara serangga, PetPi punya nih beberapa rekomendasi serangga yang bisa kamu pelihara di rumah. Berikut ini ada jenis serangga peliharaan yang bisa kamu pilih, seperti:

1. Kepik Pembajak

Gambar Kepik Pembajak
gambar kepik pembajak - peakpx

Walaupun ada sejumlah jenis serangga yang akan merasa terganggu dan kemudian menggigit kulitmu, di antara serangga itu juga ada yang bahkan bisa membantumu. Contohnya saja serangga unik bernama kepik pembajak.

Serangga ini bakal membantu menjaga tanaman-tanamanmu agar terhindar dari berbagai macam bentuk hama yang mengganggu. Kepik pembajak menjadi salah satu serangga yang cukup banyak ditemukan saat memasuki musim kemarau.

Mengutip penelitian dari Iowa State University, serangga ini bakal mengkonsumsi beragam jenis telur milik hama pengganggu yang biasanya menempel di daun tanaman.

Belum cukup di situ. Serangga ini juga berperan jadi predator bagi serangga yang berbahaya dan bisa mengganggu tanaman-tanaman yang kamu miliki.

2. Lebah Madu

Gambar Lebah Madu
gambar lebah madu - pixabay

Tidak semua nama-nama serangga yang terkenal bisa sobat PetPi pelihara. Tapi kalau lebah madu, jelas sangat bisa. Serangga ini amat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan budidaya lebah madu pun juga sangat menguntungkan, lho!

Lebah, adalah serangga yang bisa bantu bunga juga tanaman lain pada proses penyerbukan. Dan artinya, dengan proses tersebut tanaman dapat tumbuh juga berkembang dengan sangat mudah.

Apakah kamu tahu kalau hampir 80% tanaman yang kamu konsumsi dan semua manusia, merupakan hasil pembuahan yang terbantu karena adanya lebah madu ini? Coba bayangkan, jika secara mendadak populasi lebah madu berkurang.

Bisa-bisa secara otomatis manusia bakal kehilangan sumber makanan dengan sangat cepat dan menyebabkan masalah di mana-mana.

3. Laba-laba

Gambar Laba Laba Bintang
gambar laba laba bintang - costaricanatureconservatory

Serangga rumahan lainnya yang bisa kamu pelihara adalah laba-laba. Mungkin banyak nih yang takut waktu melihat laba-laba di halaman rumah atau bagian rumah lainnya.

Walaupun nampak mengerikan dan punya jaring yang cukup mengganggu pemandangan, kenyataannya laba-laba itu bisa memberi manfaat buat manusia.

Laba-laba adalah salah satu jenis serangga yang bisa membasmi berbagai serangga pengganggu lainnya. Serangga ini pun bisa menyerang nyamuk juga kecoa yang mungkin tersangkut pada jaringnya.

4. Semut Rangrang

Gambar Semut Rangrang
gambar semut rangrang - wiley

Ingin tahu apa serangga yang dapat dipelihara sekaligus menguntungkan? Coba deh pertimbangkan untuk memelihara semut rang-rang. Proses budidaya semut ini memang jarang yang menekuni.

Tapi, tahukah sobat PetPi kalau dengan memelihara semut rangrang (Oecophylla) bisa mendatangkan keuntungan ekonomi alias bisa buat nambah duit. Apalagi sekarang banyak banget permintaan atas semut rangrang.

Harga semut ini bisa sampai Rp 150 – 200 ribu per kilonya. Walaupun fluktuatif, budidaya semut rangrang akan cukup menjanjikan.

Pemasarannya juga gampang. Pangsa pasarnya cukup luas. Belum lagi sekarang udah banyak banget orang yang hobi memelihara burung di Indonesia. Semut rang-rang ini juga banyak dicari oleh yang suka memancing.

Syaratnya apa saja? syaratnya yakni kamu butuh sarang buatan. Bisa membuatnya dari paralon, bambu, toples, ataupun botol bekas juga bisa. Setelah itu tinggal pelihara saja. Pemberian makanannya hanya air yang dicampur gula saja, kok.

Kerennya lagi, Sobat Pintar pun bisa mendapatkan untung yang berlipat-lipat dengan cara beternak kroto atau telur dari semut rang-rang yang sedang kamu budidayakan tersebut, loh! 

5. Kumbang Tanduk

Gambar Kumbang Tanduk
gambar kumbang tanduk - saymedia

Nggak perlu bingung kalau mau memelihara hewan. Masih banyak kok hewan yang anti-mainstream buat kamu pelihara. Hewan apa saja yang bisa dipelihara dan anti-mainstream? Salah satunya adalah kumbang tanduk.

Yap, meskipun kumbang ini banyak yang menganggapnya sebagai hama, ternyata juga bisa kamu pelihara. Bahkan bisa PetPi katakan amat menguntungkan. Contohnya ada di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Ada yang sukses memelihara kumbang tanduk yang omzet per bulannya bisa puluhan juta. Kamu pun hanya butuh wadah plastik juga toples yang ukurannya sedang. Nantinya tinggal bungkus pakai plastik kalau mau kamu kirimkan.

6. Kepik Ladybug

Gambar Kepik Lady Bug
gambar kepik lady bug - reddit

Selain kelima serangga yang bisa dipelihara dan memberikan manfaat bagi manusia di atas, sobat PetPi pun bisa memelihara kepik ladybug. Jenis serangga ini akan jadi predator yang bisa memakan berbagai jenis serangga lain yang bisa mengganggu tanaman sekitar rumah.

Kepik ladybug memiliki darah yang aromanya kuat dan fungsinya mengusir berbagai jenis hewan predator berbahaya yang ada di halaman rumahmu. Pelihara saja sedikit dan biarkan ia mengusir predator berbahaya yang mungkin ada di halaman rumah.

7. Belalang Sembah

Gambar Belalang Sembah
gambar belalang sembah - pixabay

Kamu harusnya nggak takut saat melihat belalang sembah. Pasalnya, serangga jenis ini nggak berbahaya sama sekali. Justru bisa membantu kamu menjaga keamanan halaman rumah.

Belalang sembah menjadi salah satu predator serangga atau jenis hama yang baik. Seperti dari laman Homeguides SFGate, nggak sedikit orang yang sengaja memelihara kemudian melepas sejumlah belalang sembah di kebun.

Tujuannya agar serangga-serangga yang mengganggu punya lawan alami yakni belalang sembah itu sendiri. Nantinya, kebun bisa bersih dari serangga-serangga pengganggu.

Jenis Serangga Peliharaan Lainnya

8. Lacewings

Gambar Lacewing
gambar lacewing - friendsoftheearth

Meskipun keberadaan lacewings ini jarang kamu dengar, lacewings atau singa kutu pada kenyataannya memberikan manfaat untuk lingkungan. Singa kutu ini adalah jenis serangga yang tubuhnya punya warna kehijauan dan nampak transparan.

Serangga ini bisa mengkonsumsi beragam serangga predator lain contohnya hama maupun kutu pengganggu tanaman yang ada di halaman rumah. Jadi kalau memeliharanya, tanaman di halaman rumahmu bisa bebas dari hama pengganggu.

9. Kumbang Tentara

Gambar Kumbang Tentara
gambar kumbang tentara - guim

Lantaran habitatnya sering ada dalam pohon kayu, kumbang tentara sepertinya amat jarang terlihat. Kumbang satu ini adalah predator hama terbaik yang dapat menjaga tanaman serta bunga pada halamanmu.

Serangga ini punya tubuh yang warnanya kecoklatan dan seringnya samar di antara banyak pepohonan. Kumbang tentara juga bisa kamu pelihara meskipun di alam aslinya memang jarang kelihatan.

10. Kupu-kupu

Gambar Kupu Kupu
gambar kupu kupu - petful

Ngengat sama kupu-kupu itu beda, loh. Jangan sampai salah. Kupu-kupu itu juga salah satu jenis serangga yang sayapnya indah banget. Tugasnya melakukan proses penyerbukan dari tanaman atau bunga yang ada di sekitar halaman rumahmu.

Nggak hanya bisa membantu penyerbukan, memelihara kupu-kupu juga bisa bikin halaman atau kebunmu jadi jauh lebih indah. Tugas penyerbukan tentu sangat krusial untuk perkembangan tanaman.

Tapi, keindahan juga bisa sobat PetPi dapat kalau memelihara kupu-kupu ini. Taman jadi kelihatan lebih indah!

11. Tawon

Gambar Tawon Ndas
gambar tawon ndas - wikimedia

Ingat, ini tawon dan bukan lebah. Tawon yang menyengat itu ternyata bisa memberi dampak yang baik bagi manusia. Salah satunya bisa juga membasmi hama yang mengganggu sebagai peran ekologi dari tawon.

Namun, kamu pun juga perlu berhati-hati dengan tawon, apalagi tawon asia raksasa. Sebab, spesies tawon ini merupakan hewan yang berbisa dimana jika menyengat kalian tentu akan sangat berbahaya.

Sobat Pintar, itulah dia sejumlah serangga yang bisa dipelihara dan bisa memberikan manfaat bagi manusia. Jadi, kira-kira kamu mau pelihara yang mana? Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ragam terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://homeguides.sfgate.com/benefit-releasing-praying-mantis-garden-77588.html
  • https://www.kompas.tv/article/44398/budidaya-kumbang-tanduk-beromzet-puluhan-juta-rupiah
  • https://www.pinhome.id/blog/cara-ternak-semut-rangrang-dengan-hasil-maksimal/
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/serangga-37075
Share

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar