Hari ini: Senin, 26 Februari 2024
Jumat, 03 Februari 2023, 18:30 WIB

Mengenal Jenis Belalang Sembah yang Ada di Dunia, Cantik dan Eksotis!

Mengenal Jenis Belalang Sembah yang Ada di Dunia, Cantik dan Eksotis!

jenis belalang sembah - donauauen

Temukan ulasan terkait ciri-ciri, habitat, dan beragam jenis belalang sembah yang cantik nan eksotis dari seluruh penjuru dunia pada artikel di bawah ini.

Sobat Pintar, apakah kamu tahu kalau jenis belalang sembah itu sangat beragam? Ya, umumnya spesies belalang sembah yang sering kita temui di sekitar kita adalah yang berwarna hijau. Padahal, belalang sembah atau belalang sentadu ini memiliki jenis yang beraneka ragam, lho.

Oleh karena itu, di bawah ini PetPi akan memberikan informasi selengkapnya seputar ragam belalang yang biasa disebut juga dengan belalang sentadu ini khusus buat Sobat Pintar dimanapun kalian berada.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Serangga lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa itu Belalang Sembah?

Gambar Praying Mantis
gambar praying mantis - crittersquad

Mungkin ada yang belum tahu belalang sembah itu yang seperti apa. Kalau di masyarakat Jawa, belalang sembah sering disebut Walang Kekek atau Walang Kadung.

Belalang sembah adalah salah satu jenis belalang yang memiliki keunikan dalam gerak tubuhnya yang seolah-olah melakukan penyembahan atau berdoa.

Postur tubuhnya juga cukup unik, yaitu bagian punggungnya sedikit membungkuk ke atas dengan bagian kaki depannya yang menekuk sehingga membentuk pose seperti sedang berdoa. Keunikannya inilah yang membuat dinamakan belalang sembah.

Dari sisi ilmiahnya, Belalang sembah termasuk dalam ordo Mantodea. Paling banyak ditemukan di negara-negara Eropa, tetapi juga banyak tersebar di Asia. Uniknya di setiap wilayah memiliki bentuk dan warna yang berbeda.

Mau tahu apa saja jenis belalang sembah eksotis yang tersebar di dunia? PetPi akan berikan informasi lengkapnya di sini.

Berbagai Jenis Belalang Sembah di Dunia Beserta Gambarnya

Jika selama ini kamu hanya tahu belalang sembah yang berwarna hijau saja, kali ini PetPi akan mengajak kamu mengenal keberagaman jenis belalang sembah yang ada di dunia.

Berikut ini adalah beberapa spesies belalang sembah yang perlu kamu tahu :

1. Giant Asian Mantis

Gambar Belalang Asia Raksasa
gambar belalang asia raksasa - pinterest

Belalang ini memiliki nama ilmiah Hierodula Membranacea. Habitat aslinya ada di Asia. Tak heran kalau jenis belalang sembah ini cukup familiar di Indonesia. Salah satu ciri yang membedakan dengan jenis lain adalah dari segi ukurannya yang relatif besar.

Umumnya Giant Asian Mantis ini memiliki warna hijau, tetapi ada juga yang berwarna krem, kuning, dan coklat. Bahkan ada juga yang berwarna agak merah muda.

Belalang sembah yang satu ini termasuk yang cukup mudah untuk dikembangbiakkan, maka tak heran jika populasinya cukup tinggi.

Giant Asian Mantis dewasa memiliki ukuran 8-9 cm untuk betina, sedangkan jantannya memiliki ukuran 7-8 cm. Dari segi fisik, yang jantan memang memiliki postur tubuh yang lebih kecil.

Sifat Giant Asian Mantis ini cukup ganas dan aktif dalam memburu mangsanya. Kedua capit yang ukurannya cukup besar dengan duri-duri tajam sudah cukup untuk mengintimidasi mangsanya.

Biasanya yang menjadi mangsa dari Belalang Asia raksasa ini adalah serangga-serangga kecil seperti jangkrik kecil, lalat, atau bahkan kecoa.

2. Spiny Flower Mantis

Gambar Belalang Bunga Berduri
gambar belalang bunga berduri - commonnaturalist

Spiny Flower Mantis atau nama ilmiahnya Pseudocreobotra wahlbergii, merupakan jenis belalang sembah yang memiliki keunikan di warna tubuh dan sayapnya. Kalau belalang ini sedang mengepakkan sayapnya, akan terlihat seperti kupu-kupu. Karena sayapnya memiliki corak yang indah untuk dipandang.

Belalang bunga berduri memiliki warna dasar putih yang dipadu corak garis-garis oranye dan hijau tua. Kombinasi warnanya ini sangat bagus untuk berkamuflase di ranting-ranting pohon.

Habitat asli Spiny Flower Mantis ini ada di Afrika dan belalang ini termasuk salah satu spesies mantis terkecil.

Meskipun memiliki warna tubuh yang indah, belalang sembah ini cukup ganas. Kaki depannya cukup kuat dengan duri-duri yang tajam.

Spiny Flower Mantis ini apabila merasa terancam akan mengangkat sayapnya ke atas untuk memperlihatkan corak sayap yang menyerupai mata. Sehingga musuh akan merasa terintimidasi.

Ukuran belalang ini cukup kecil, yakni hanya sekitar 4-5 cm saja untuk ukuran dewasa betina maupun jantan.

3. Ghost Mantis

Gambar Belalang Hantu
gambar belalang hantu - pinterest

Ghost Mantis atau yang juga dikenal sebagai Phyllocrania paradoxa ini memang memiliki bentuk yang cukup menyeramkan sesuai dengan namanya. Ghost Mantis berasal dari Madagaskar dan Afrika.

Ciri khas dari Belalang Sembah Hantu ini adalah bentuk tubuhnya yang seperti daun kering dengan mahkota di kepalanya. Warna belalang ini umumnya coklat tua, tetapi ada juga yang berwarna coklat mudah bahkan hijau jika berada di lingkungan yang lembab.

Bentuk tubuhnya yang seperti daun layu ini memudahkan untuk berkamuflase di antara guguran daun. Ukuran dari jenis belalang sentadu ini ketika dewasa hanya sekitar 5 cm saja baik belalang jantan maupun betina.

Ghost Mantis merupakan jenis belalang sembah yang memiliki tipe pendiam. Ia termasuk predator pasif yang menunggu mangsanya mendekat kemudian disergap. Caranya berkamuflase ini memudahkannya untuk tidak terdeteksi mangsa yang mendekatinya.

Karena kurang agresif, belalang sembah ini kadang juga memiliki rasa sedikit takut dengan mangsanya. Makanannya pun hanya serangga-serangga kecil seperti lalat.

4. Dead Leaf Mantis

Gambar Belalang Daun Mati
gambar belalang daun mati - wikimedia

Dead Leaf Mantis, atau Deroplatys desiccata, adalah salah satu jenis belalang sembah yang habitatnya berasal dari Malaysia. Bentuk belalang ini cukup unik, yakni menyerupai daun mati.

Dead Leaf Mantis memiliki warna coklat dengan bintik-bintik gelap dan terap mirip dengan daun mati. Yang membedakan dengan jenis belalang sembah lain adalah bagian punggungnya memiliki prothorax (perisai) yang berukuran cukup lebar. Jika dilihat dari atas, perisai ini membuatnya lebih menyerupai daun mati.

Ukuran belalang daun mati ini cukup panjang, untuk betina dewasa memiliki ukuran hingga 9 cm, sedangkan untuk jantan dewasa 7-8cm. Yang betina memiliki ukuran perisai dan tubuh yang lebih lebar dibanding jantan.

Salah satu bentuk pertahanan tubuhnya terhadap mangsa adalah berpura-pura mati meskipun tubuhnya dipegang. Kabar baiknya, Dead Leaf Mantis ini termasuk belalang sembah yang cukup jinak, lho.

5. Orchid Mantis

Gambar Belalang Anggrek
gambar belalang anggrek - poshariini

Orchid Mantis atau nama ilmiahnya Hymenopus coronatus. Dinamakan Orchid karena belalang sembah ini mirip dengan bunga anggrek. Variasi belalang sembah yang satu ini cukup dicintai para pemelihara hewan.

Jenis belalang anggrek banyak ditemukan di kawasan Malaysia. Dengan ciri khas warna putih beraksen soft pink. Kondisi kelembaban dan cahaya sangat mempengaruhi warna belalang satu dengan lainnya.

Untuk ukuran betina dewasa bisa sampai 7 cm, sedangkan jantan hanya sampai 2,5 cm saja. Orchid Mantis ini juga termasuk belalang sembah yang pasif dalam mencari mangsa.

Dari sisi warna, belalang anggrek jantan dan betina juga memiliki sedikit perbedaan. Untuk betina memiliki bercak hijau di punggungnya dan warna yang lebih bervariasi. Sedangkan, untuk jantan dewasa memiliki sayap berwarna putih dengan tubuh merah-oranye dan bercak kecoklatan di punggungnya.

6. Egyptian Pygmy Mantis

Gambar Belalang Pigmi Mesir
gambar belalang pigmi mesir - reddit

Spesies belalang sembah dengan nama ilmiah Miomantis paykullii ini merupakan jenis belalang sembah yang berasal dari Afrika. Banyak tersebar di negara Mesir, Ghana, Kamerun, Nigeria, Pantai Gading, Zimbabwe, Mauritania, Senegal, dan beberapa negara lain.

Kalau dilihat dari segi fisik, Egyptian Pygmy Mantis ini hampir mirip dengan Giant Asian Mantis. Warnanya pun juga hampir sama, yaitu hijau mudah, krem, coklat muda dan coklat tua.

Yang membedakan adalah dari sisi ukurannya. Belalang pigmi Mesir ini hanya memiliki ukuran 1 inci saja baik jantan maupun betina.

7. Budwing Mantis

Gambar Belalang Budwing
gambar belalang budwing - theprayingmantis

Memiliki nama ilmiah Parasphendale affinis, merupakan jenis belalang sembah yang cukup populer untuk dipelihara. Belalang ini banyak ditemukan di negara-negara Afrika Timur.

Budwing Mantis memiliki bentuk tubuh yang cukup unik, khususnya dari sayap. Untuk belalang betina, memiliki sayap yang lebih pendek tetapi tidak bisa digunakan untuk terbang. Sedangkan, untuk jantannya memiliki sayap hingga ke ujung perut.

Warna khas dari Belalang Budwing adalah coklat terang dengan paduan bintik-bintik gelap di tubuh dan kakinya.

Berbicara tentang karakter dari Budwing mantis, ternyata serangga yang satu ini cukup agresif, lho. Untuk betinanya, mereka dikenal akan kerakusannya dan keaktifannya dalam mengejar mangsa.

8. Jenis Belalang Sembah Lainnya

Gambar Belalang Bunga India
gambar belalang bunga india - pinterest

Beragam belalang sembah tersebut di atas itu hanya beberapa bagian saja dari seluruh spesies yang ada di dunia. Di mana masih banyak jenis lainnya, seperti :

  • Belalang Bunga India (Indian Flower Mantis),
  • Belalang Sembah China (Chinese Mantis),
  • Belalang Unicorn (Unicorn Mantis), hingga
  • Belalang Bunga Iblis (Devils Flower Mantis).

Sobat Pintar, itulah dia akhir dari ulasan terkait bentuk dan karakter dari beberapa jenis belalang sembah yang ada di seluruh penjuru dunia. Menarik, bukan?

Yuk mari kita terus lestarikan Belalang sembah ini karena keberadaannya memiliki peran penting bagi ekosistem alam. Sebab, serangga yang satu ini memakan hewan lain yang berada di alam sehingga membantu menjaga keseimbangan ekosistem.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Serangga terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Belalang_sentadu
  • https://jtp.id/batulovegarden/penampakan-belalang-sembah-yang-lucu-ada-di-batu-love-garden-lho/
  • https://www.alampedia.com/2020/08/jenis-belalang-sembah-cantik-dan-unik.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom.) Binus University 2013 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, ikan dan juga hewan peliharaan lainnya.

Ingin bekerja sama dengan PintarPet? Hubungi saya disini.

Komentar