Hari ini: Selasa, 09 Maret 2021
Minggu, 07 Maret 2021, 17:15 WIB

Ini Makanan Gecko Terbaik Beserta Cara Memberikannya Agar Cepat Besar!

Ini Makanan Gecko Terbaik Beserta Cara Memberikannya Agar Cepat Besar!

makanan gecko - the sprucepets

Makanan gecko ini bisa membuatnya tumbuh dengan cepat. Berikut daftar makanannya beserta cara memberi makanan pada gecko dewasa dan baby

Tertarik untuk pelihara gecko tapi masih bingung mau dikasih makan apa? Enggak usah bingung, kamu bisa menemukan daftar makanan terbaiknya di sini!

Sama seperti kebanyakan kadal, gecko adalah predator yang sangat menyukai berbagai macam serangga.

Kalau kamu bisa memberikan jenis serangga yang tepat, jumlah porsi yang diberikan, hingga jadwal makannya, geckomu akan bisa cepat tumbuh besar,

Oleh karena itu, kali ini akan ada daftar makanan gecko supaya cepat besar beserta cara memberikannya yang benar!

Daftar Makanan Gecko Terbaik

Makanan Gecko Terbaik
makanan gecko terbaik - youtube image

Belakangan ini gecko menjadi cukup populer karena dianggap eksotis dan bisa berumur panjang. Untuk itu, dia butuh asupan makan yang sehat dan tepat.

Di habitat aslinya, mereka memakan hewan apa saja yang bisa dikalahkan seperti jangkrik, laba-laba, belalang, hingga tikus kecil. Tapi sebagai peliharaan di rumah, kebanyakan gecko akan diberikan jangkrik dan cacing yang tinggi lemak.

Berbeda dengan kucing dan anjing, gecko umumnya tidak memberikan makanan kemasan yang siap saji. Mereka lebih memilih mangsa dalam kondisi hidup.

Dengan kata lain, selain memelihara gecko kamu juga harus siap-siap untuk memelihara pakannya. Apa saja?

1. Jangkrik

Jangkrik adalah makanan kegemaran gecko. Apalagi, jangkrik tergolong mudah untuk dibeli dan dibesarkan di rumah. Agar berkualitas, kamu bisa memberi makan jangkrik sayuran atau buah-buahan yang segar.

Dengan memelihara sendiri, kamu tidak butuh terlalu sering untuk membelinya di toko hewan. Gecko dewasa bisa memakan 5 sampai 10 jangkrik setiap hari, sedangkan anakan gecko butuh 20 jangkrik kecil per hari.

Ketika hendak memberikan jangkrik ke gecko, kamu bisa menaburinya dengan bubuk kalsium agar geckomu mendapatkan vitamin dan mineral penting untuk memenuhi kebutuhannya. Cara yang sama bisa kamu lakukan untuk serangga yang lain.

Waspada, terkadang jangkrik bisa menjadi agresif dan melukai geckomu!

Baca Juga: Mau Pelihara? Ini Daftar Jenis Gecko dan Harga Terbarunya di Tahun 2020

2. Cacing

Cacing adalah makanan gecko selain jangkrik yang bisa kamu berikan. Ada beberapa jenis yang bisa kamu berikan kepada geckomu.

Contohnya adalah mealworm yang merupakan makanan leopard gecko. Hanya saja, cacing ini dianggap terlalu besar bagi sebagian jenis gecko.

Jenis lain yang bisa kamu berikan adalah waxworm dan superworm. Walaupun kaya akan nutrisi, hanya berikan pakan ini maksimal satu minggu sekali.

3. Lalat

Makanan Gecko Favorit
gecko makan lalat - leoparc gecko dot care

Serangga lain yang bisa kamu berikan untuk gecko adalah lalat. Yang paling mudah ditemukan atau dibeli adalah lalat buah. Bagi mereka, lalat akan terasa seperti permen saja.

Hanya saja, karena berpotensi membawa banyak penyakit, hewan yang satu ini tidak terlalu disarankan.

Gecko yang termasuk pemakan serangga adalah leopard gecko, house gecko, dan african fat-tailed gecko.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Buah-Buahan

Makanan gecko selain serangga adalah buah-buahan. Walaupun dikenal sebagai pemakan serangga, ternyata ada beberapa jenis gecko yang memakan buah-buahan.

Buah yang bisa diberikan antara lain anggur, aprikot, dan apel. Pastikan ukuran potongan buahnya tidak terlalu besar agar tidak membahayakan gecko.

Gecko dapat memakan campuran buah yang dihaluskan atau olahan buah yang khusus diformulasikan untuk gecko. Ada juga yang mencampurkan buah dengan sayur dan biji-bijian.

Beberapa jenis gecko yang memakan buah adalah crested gecko dan day gecko. Hanya saja, jika kamu masih pemula tidak disarankan untuk meraciknya sendiri.

5. Makanan Khusus Gecko

Meskipun tidak umum, tapi kamu bisa memberikan makanan siap saji untuk gecko. Ini cocok untuk kamu yang merasa geli atau jijik untuk memberikan serangga hidup-hidup.

Beberapa makanan gecko yang diproduksi secara komersial mengandung nutrisi yang sama dengan yang didapatkan gecko di alam liar.

Baca Juga: 6 Jenis Reptil Lucu yang Bisa Merubah Pandanganmu Tentang Hewan Ini

6. Air Minum

Sama seperti makhluk hidup lainnya, gecko juga membutuhkan akses ke air untuk terhindar dari dehidrasi.

Berikan tempat minum yang dangkal agar gecko tidak sampai tenggelam. Jika wadah minumnya terlalu besar, gecko bisa saja merasa tergoda untuk mandi sehingga mencemari air minumnya.

Cara Memberikan Makanan Gecko

Cara Memberikan Makanan Gecko
cara memberikan makanan gecko - pinterest

Kamu disarankan untuk tidak hanya memberikan satu jenis pakan untuk geckomu. Buatlah variasi harian agar geckomu tidak merasa bosan serta mendapatkan nutrisi yang lebih lengkap.

Kamu juga sebaiknya tidak memberikan serangga liar yang bisa kamu temukan di halaman rumah ataupun sawah. Alasannya, kita tidak pernah tahu apakah serangga yang kita temukan tersebut memiliki racun atau telah terkontaminasi bahan kimia.

Kebanyakan gecko adalah hewan yang aktif di malam hari, jadi sebaiknya kamu memberinya makan di saat itu.

Untuk jumlah makanan yang dibutuhkan tergantung dari usia dan tingkat aktivitasnya. Beri dia makan sebanyak yang dia mau dalam beberapa menit.

Ketika hendak memberikan serangga ke gecko, pastikan juga ukuran serangganya lebih kecil dari kepala gecko agar mudah ditelan dan dicerna.

Jangan terlalu banyak memasukkan serangga ke dalam kandangnya karena mereka dapat melarikan diri atau menjadi mati dan membusuk. Serangga yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan gecko mengalami obesitas.

Makanan gecko baby harus diberikan setiap hari, sedangkan gecko dewasa bisa hanya diberi makan dua hari sekali.

Jika gecko tidak menghabiskan makanannya, segera bersihkan tempat makannya. Serangga atau buah yang membusuk bisa membuat tempat tinggal gecko menjadi tidak sehat.

Panduan Memberi Makan Baby Gecko

Makanan Gecko Terbaik
cara memberi makan bayi gecko - flickr

Apabila kamu memiliki bayi gecko yang baru menetas, kamu harus mengetahui cara memberi makan baby gecko yang benar.

Berbeda dengan gecko dewasa, baby gecko mempunyai tips atau caranya sendiri supaya baby gecko bisa kenal dengan makanannya.

Berikut ini adalah panduan cara memberi makan baby gecko yang harus kamu ketahui.

  • Setelah baby gecko menetas, kamu tidak boleh langsung memberinya makanan. Kamu bisa memberikannya tisu yang dibasahi untuk memberikan minum pada gecko yang baru menetas.
  • Biarkan baby gecko tidak makan selama 3-4 hari sampai ia mengeluarkan kotoran dari perutnya. Lalu, kamu bisa memberikannya jangkrik yang kecil dan ulat hongkong. Jika makanan ini tidak dimakan dalam waktu 1x24 jam, maka kamu harus mengambil makanannya kembali.
  • Biasanya baby gecko masih merasa takut dengan makanan yang kita berikan. Maka dari itu, jangkrik yang kita siapkan di hari besoknya adalah potongan jangkrik yang sudah sungutnya sudah dipotong. Jika masih belum dimakan juga, kita harus mencoba untuk menekan jangkrik sampai carian dalam perutnya keluar lalu jilatkan ke mulut dari baby gecko. Cara ini untuk memberi tahu gecko bahwa jangkrik adalah makanannya.
  • Setelah baby gecko mulai bisa makan dengan lancar, mulai lah ganti kandang dari tisu yang basah menjadi tisu yang kering dan berikan wadah minuman di kandangnya. Lalu, kita akan membiasakannya minum dengan wadah minuman yang sudah kita taruh tadi.
  • Berdasarkan pengalaman, pemberian pakan ulat hongkong akan lebih membuat pertumbuhan baby gecko menjadi lebih cepat. Jadi, sediakan selalu ulat hongkong dalam kandang dan diselingi dengan 1 ekor jangkrik setiap harinya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan gecko supaya cepat besar. Kamu disarankan untuk memberikan varian nutrisi yang dibutuhkan gecko agar mereka tetap sehat.

Kamu juga harus mengenal betul karakteristik dari gecko yang dipelihara untuk mengetahui pakan apa yang tepat untuknya.

Ada hewan lain yang kamu ingin tahu harus diberi makan apa biar cepat besar? Tulis di kolom komentar, ya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 19 Januari 2021, 10:00 WIB
Update pada: Minggu, 07 Maret 2021, 17:15 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animals.mom.com/eating-habits-geckos-4629.html
  • https://www.cuteness.com/article/do-wild-geckos-eat
  • https://www.dictio.id/t/bagaiamana-cara-merawat-baby-gecko-yang-baik-dan-benar/62723/2
  • https://www.rodentpro.com/informationcenter/resources/what-geckos-eat
  • https://www.thesprucepets.com/what-do-geckos-eat-4684046

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar