Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Jumat, 05 Februari 2021, 10:00 WIB

Kenapa Kura-Kura Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Kura-Kura Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

kura-kura tidak mau makan - love to know

Kura-kura peliharaanmu enggak menyentuh makanannya sama sekali? Tenang saja, ini penyebab dan panduan cara mengatasi kura-kura tidak mau makan!

Sobat Pintar punya kura-kura sebagai hewan peliharaan di rumah? Khawatir karena dia tidak makan selama beberapa hari? Bingung apa penyebabnya?

Di antara banyaknya pilihan hewan reptil yang bisa dipelihara, kura-kura menjadi salah satu yang paling populer. Perawatannya tidak terlalu sulit dan kita bisa mendapatkannya di toko hewan terdekat.

Hanya saja, tentu ada permasalahan-permasalahan yang akan kita temui ketika memelihara hewan ini. Salah satunya adalah kura-kura yang tidak mau makan.

Tapi tenang, di bawah ini ada beberapa penyebab dan cara mengatasi kura-kura tidak mau makan!

Penyebab Kura-Kura Tidak Mau Makan

Penyebab Kura-kura Tidak Mau Makan
penyebab kura-kura tidak mau makan - youtube image

Mungkin kamu bertanya-tanya, kura-kura bisa tidak makan berapa hari? Di alam liar, mereka bisa dapat bertahan dua hingga tujuh bulan tanpa makan, baik karena sedang hibernasi atau aestivation.

Kalau usia kura-kuranya masih remaja, mereka hanya bisa bertahan tanpa makanan paling lama selama berminggu-minggu. 

Tapi kalau kamu khawatir kenapa kura-kuramu tidak mau makan, mungkin penyebabnya salah satu di antara daftar berikut ini!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Stres

Penyebab pertama mengapa kura-kura menolak makan adalah karena ia sedang mengalami stres. Hal ini bisa terjadi ketika kamu pertama kali membawanya ke rumahmu.

Perubahan lingkungan yang tiba-tiba bisa membuatnya merasa tidak nyaman yang ujung-ujungnya membuat ia tidak mau makan.

Ukuran kandang yang terlalu kecil menjadi salah satu alasan utamanya. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan tempat kura-kura untuk bersembunyi di dalam kandang.

Beberapa jenis kura-kura juga tidak terlalu suka disentuh dan akan stres jika pemiliknya terlalu banyak menyentuhnya. Kondisi air dan pencahayaan buruk menjadi pemicu stres lainnya.

2. Suhu dan Pencahayaan yang Tidak Tepat

Sama seperti kebanyakan hewan reptil, suhu menjadi hal yang penting untuk kura-kura. Oleh karena itu, kamu wajib menyiapkan lingkungan dengan suhu yang ideal untuknya.

Di dalam tempat tinggalnya, kamu harus menyediakan area dengan suhu yang berbeda agar kura-kura bisa bergerak sesuka hatinya. Kandang atau akuarium yang tidak cukup hangat bisa mengurangi nafsu makan kura-kura. 

Setiap kura-kura membutuhkan suhu yang berbeda-beda, tapi rata-rata membutuhkan suhu antara 20-23 derajat Celcius di siang hari dan 16-24 derajat Celcius di malam hari. Ketika siang, sebaiknya ada spot khusus dengan suhu sekitar 30 derajat Celcius.

Selain suhu, pencahayaan juga menjadi faktor penting untuk kura-kura. Setidaknya, mereka membutuhkan paparan cahaya 12 sampai 14 jam yang diikuti dengan siklus malam selama 10 sampai 12 jam.

Kura-kura membutuhkan pencahayaan UVB agar tubuhnya bisa mencerna nutrisi dengan baik. Jika mereka kekurangan itu, mereka bisa menjadi lesu dan kehilangan nafsu makan.

3. Sakit

Kura-kura yang kehilangan nafsu makan bisa diakibatkan karena sedang menderita suatu penyakit. Kamu harus memperhatikan beberapa gejala penyakit lain pada kura-kura, antara lain:

  • Pilek, bersin, kesulitan bernapas
  • Mata bengkak, keluarnya cairan dari hidung dan mata
  • Area yang berubah warna pada cangkangnya karena kekurangan vitamin A
  • Tidak adanya kotoran di dalam kandang
  • Terlihat lesu dan berat badan berkurang dalam waktu singkat

Beberapa penyakit yang umum pada kura-kura adalah sembelit, infeksi saluran pernapasan, masalah mata. Ketika akan bertelur, kura-kura juga bisa kehilangan nafsu makannya.

Kalau kamu merasa ini menjadi penyebab utama kura-kura tidak mau makan, sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Hibernasi

Beberapa jenis kura-kura juga mengalami hibernasi. Meskipun ia berada di dalam lingkungan yang nyaman dan terbaik, bukan tidak mungkin ia tetap memutuskan untuk berhibernasi.

Jika kondisi fisik kura-kuramu baik-baik saja dan dokter hewan menyatakan tidak ada masalah, kemungkinan besar kura-kuramu sedang berusaha untuk berhibernasi.

Sebagai pemilik, kamu harus membantunya berhibernasi dengan cara menurunkan suhu habitatnya secara bertahap untuk membantu menurunkan metabolisme tubuhnya. Ingat, jangan sampai suhu tubuhnya di bawah 10 derajat Celcius.

5. Pola Makan yang Keliru

Bisa saja kura-kura enggan makan karena pola makannya yang keliru. Mungkin mereka kurang cocok dengan makanan yang kamu berikan atau porsinya yang terlalu banyak.

Kamu harus mengetahui apa makanan favoritnya dengan mencoba berbagai jenis makanan untuknya. Ketahui juga apakah kura-kuramu lebih suka makan di darat atau di air.

Untuk mengatasi penyebab yang satu ini, akan dijelaskan di bawah secara lengkap, ya!

Cara Mengatasi Kura-Kura Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kura-kura Tidak Mau Makan
cara mengatasi kura-kura tidak mau makan - love to know

Salah satu hal yang membuat kita stres dengan hewan peliharaan adalah ketika mereka tidak mau makan. Untungnya, jika hal ini terjadi pada kura-kura cara mengatasinya tergolong cukup mudah.

Setelah menemukan penyebab kenapa kura-kuramu tidak mau makan, kamu cukup mengikuti beberapa tips yang ada di bawah ini!

1. Berikan Makanan Hidup

Biasanya kamu cuma kasih makanan pabrikan ke kura-kuramu? Coba deh sesekali kasih makanan hidup! 

Mereka mungkin akan tertarik dengan pergerakan hewan yang ada di depan matanya. Selain itu, hewan juga memiliki bau yang bisa meningkatkan nafsu makannya.

Beberapa hewan yang bisa kamu berikan antara lain jangkrik, mealworm, waxworm, cacing tanah, siput, belalang, kumbang, laba-laba, dan lain sebagainyal

2. Kombinasikan Pelet dengan Makanan Lainnya

Kura-kura tidak mau makan pelet? Untuk mengakali masalah ini, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk membuatnya mau makan pelet.

Coba hancurkan dulu peletnya. Kemungkinan kura-kura merasa kesulitan mencerna pelet tersebut karena terlalu keras atau terlalu besar. 

Kamu juga bisa merendam pelet ke dalam air tuna kalengan agar rasanya lebih kuat dan baunya lebih menggoda. Bisa juga diredam dengan menggunakan jus buah.

3. Berikan Makanan yang Berwarna Cerah

Kura-kura akan tertarik pada makanan berwarna cerah seperti buah-buahan. Coba berikan buah seperti stroberi, tomat, pepaya, mangga, hingga semangka.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberinya sayuran seperti ketimun, selada, worter, bayam, sawi, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mencoba memberinya jamur.

Kamu juga bisa memberikan kelopak mawar, loh! Tapi sebaiknya kamu mengutamakan sayuran yang penting untuk pertumbuhan kura-kura. Coba rendam dengan air tuna agar kura-kuramu bersemangat memakannya.

Tapi ada beberapa kura-kura tidak mau makan sayur, sehingga kamu tidak bisa memaksanya untuk memakan sayuran.

4. Berikan Makan di Pagi Hari

Kura-kura adalah hewan yang cenderung aktif di pagi hari, sehingga mereka juga lebih suka makan ketika waktu tersebut. Banyak kura-kura yang tidak mau makan di luar jam pagi.

Coba untuk memberikan makan kura-kura antara pukul setengah lima hingga setengah enam pagi. Usahakan waktu pemberiannya sedekat mungkin dengan matahari terbit.

Pemberian waktu makan juga bergantung kepada musim yang sedang berlangsung. Hanya saja karena di Indonesia hanya ada dua musim, hal ini tidak terlalu berpengaruh.

Itulah tadi beberapa penyebab kura-kura tidak mau makan beserta cara mengatasinya. 

Walau kura-kura bisa tahan lama tanpa makanan, bukan berarti kamu bisa meremehkan kalau ia tidak mau makan. Kalau kura-kuramu mati lebih cepat dari perkiraan kan kamu juga yang sedih.

Ada hewan lain yang ingin kamu ketahui apa penyebabnya tidak mau makan beserta cara mengatasinya? Tulis di kolom komentar, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://small-pets.lovetoknow.com/reptiles-amphibians/reasons-why-my-turtle-isnt-eating
  • https://www.allturtles.com/turtle-not-eating/
  • https://www.wikihow.com/Feed-Your-Turtle-if-It-is-Refusing-to-Eat

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar