Hari ini: Jumat, 18 Juni 2021
Kamis, 03 Juni 2021, 20:30 WIB

Tips Membuat & Jenis Kandang Untuk Kura-Kura Darat Agar Tetap Nyaman

Tips Membuat & Jenis Kandang Untuk Kura-Kura Darat Agar Tetap Nyaman

kandang untuk kura kura - Blogger

Kandang untuk kura-kura darat terdiri dari beberapa jenis dan harus memikirkan kebutuhan dari kura-kura tersebut. Berikut jenis serta tips untuk membuatnya

Sobat Pintar pasti sudah pernah melihat beberapa jenis kura-kura yang biasanya bisa dipelihara di rumah. Dalam artikel ini Petpi akan membahas tentang bagaimana cara membuat kandang untuk kura-kura darat.

Di mana jenis kura-kura darat memang sering dijadikan hewan peliharaan. Adapun beberapa spesies dari kura-kura darat yang biasa dipelihara seperti aldabra, Russian, sulcata dan masih banyak lagi.

Kura-kura darat sendiri juga dikenal sebagai hewan peliharaan yang bisa mencapai umur puluhan tahun, di mana tentu saja tidak bisa Kamu samakan dengan memelihara hewan lain.

Apalagi kura-kura terkenal mudah stress jika tempat tinggalnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Tips Membuat Kandang Untuk Kura-Kura Darat

Tips Membuat Kandang Untuk Kura Kura
Tips membuat kandang untuk kura-kura - istock photo

Kura-kura darat memiliki banyak perbedaan dengan jenis kura-kura air. Di mana Sobat Pintar harus mengetahui tips untuk bisa membuat kandang yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang akan Petpi bagikan bagi Sobat Pintar yang ingin memelihara kura-kura darat di rumah:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Luas Kandang

Ketika ingin memelihara kura-kura darat di rumah, maka luas kandang adalah hal yang paling perlu untuk diperhatikan.

Walaupun kura-kura dikenal sebagai reptil yang lambat ketika bergerak, tapi karakteristik kura-kura sendiri sangat suka bergerak kemana saja. Maka, luas dari kandangnya harus bisa Sobat Pintar perhatikan.

Jika Sobat Pintar memiliki lebih dari satu kura-kura darat, luas kandang harus lebih besar. Hal ini sendiri mengingat kura-kura tidak suka berdiam diri.

Karena jika kandang terlalu sempit, bisa jadi kura-kura akan stress dan mati. Jadi, jangan abaikan luas kandang yang diperuntukan bagi kura-kura darat ya.

2. Letak Kandang

Tips selanjutnya untuk kandang bagi kura-kura ini adalah dari letaknya. Kura-kura selain suka bergerak juga menyukai sinar matahari untuk berjemur.

Di mana memang ada baiknya meletakan kandang di tempat yang terkena sinar matahari. Biasanya Kura-kura darat sendiri akan berjemur pada pagi dan sore hari.

Namun, jangan sampai kandang terlalu terbuka karena kura-kura darat juga tidak boleh kepanasan. Jadi, ada baiknya Sobat Pintar membuat kandang kura-kura darat yang memiliki tutup di atasnya.

3. Ketinggian Kandang

Untuk mendapatkan kandang bagi kura-kura darat yang ideal adalah dengan memperhatikan ketinggiannya.

Jika kandang terlalu pendek, maka ini akan membuat kura-kura darat mudah stress dan bisa berakibat kematian.

Ada baiknya membuat kandang dengan ketinggian yang 2 kali lebih tinggi dari kura-kura tersebut.

4. Pemilihan Bahan

Selain itu, pemilihan bahan kandang sendiri sangatlah penting. Di mana Petpi menyarankan untuk menggunakan bahan yang berkualitas dan juga awet.

Seperti semisalnya kayu ataupun semen, di mana kedua bahan tersebut terkenal kuat dan mampu mencegah kura-kura agar tidak kabur.

Pastikan bahwa kandang juga nyaman sehingga kura-kura tidak akan stress.

Setelah melihat tips untuk membuat kandang yang ideal bagi kura-kura darat, maka Kamu harus mengetahui jenis kandang yang biasa digunakan.

Di mana Petpi sudah merangkum beberapa jenis kandang untuk kura-kura yang bisa Sobat Pintar pilih.

Jenis Kandang Kura-Kura Darat

Jenis Kandang Untuk Kura-kura
Jenis kandang untuk kura-kura - the spruce pets

Mengetahui jenis kandang bagi kura-kura darat sangatlah penting, apalagi jika Sobat Pintar ingin kura-kura bisa bertahan hidup hingga puluhan tahun.

Berikut ini adalah beberapa jenis kandang yang terbaik untuk kura-kura:

1. Kandang Terrarium

Kandang Kura Kura Terrarium
kandang kura kura terrarium - axxo

Kandang jenis ini sendiri adalah kandang kura kura darat outdoor yang menggunakan kaca yang bentuknya mirip dengan akuarium. Hanya saja jenis kandang yang satu ini sendiri tidak boleh diisi dengan air, karena bisa menyebabkan kaca licin.

Dimana hal ini akan mengganggu pertumbuhan kaki si kura-kura darat. Tentu saja hal tersebut harus dihindari agar kura-kura dapat bertumbuh dengan maksimal.

Untuk bisa mengakalinya, Sobat Pintar bisa memberikan alas dari berbagai jenis bahan yang disarankan seperti batu-batuan kecil, forest bark, benang-benang anyaman ataupun alas kaki karet dan lain sebagainya.

Jika kandang memang tidak berada di luar, bisa menambahkan lampu UV agar bisa membuat kura-kura bisa berjemur.

2. Kandang Kolam

Gambar Kandang Kolam Kura Kura
gambar kandang kolam kura kura - pinimg

Kandang kolam sendiri adalah kandang bagi kura-kura darat yang paling umum. Seperti namanya, kandang ini dibuat dengan menyerupai sebuah kolam dengan tinggi yang sudah diukur agar bisa membuat kura-kura nyaman.

Karena yang Kamu pelihara adalah kura-kura darat, maka sudah jelas kandang ini juga tidak boleh diisi air.

Sobat Pintar dapat memberikan rerumputan agar kura-kura darat mendapatkan situasi kandang yang mirip dengan habitatnya.

Namun, harus diperhatikan bahwa letak kandang harus jauh dari predator atau bisa dikatakan harus aman agar kura-kura tidak mudah stress. Penggunaan kandang ini sangat cocok bagi kura-kura darat yang sudah tumbuh besar.

3. Kandang Torto Table

Ilustrasi Kandang Torto Table
ilustrasi kandang torto table - pinimg

Mungkin sebagian dari Sobat Pintar belum pernah mendengar tentang kandang torto table. Kandang yang satu ini didesain dengan seperti meja dan merupakan kandang kura kura kecil indoor yang cukup disarankan.

Banyak sekali penjual yang menyediakan kandang torto table ini sendiri, dimana Kamu bisa memesan terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan kura-kura darat.

Hanya saja penggunaan kandang jenis ini harus diperhatikan masalah luas dan juga kekuatannya. Mengingat bahwa kura-kura darat terdiri dari berbagai jenis dan ukuran.

Apabila memang kura-kura darat memiliki ukuran kecil, tidak masalah menggunakan kandang jenis ini. Tapi jika jenis yang Kamu pelihara bisa mencapai ukuran besar, tidak disarankan menggunakan kandang ini.

Sobat Pintar, memelihara kura-kura darat sendiri tidak bisa sembarangan. Mengingat tidak hanya masalah kandang untuk kura-kura saja yang harus diperhatikan.

Tapi juga dari beberapa faktor seperti makanan, bagaimana agar kura-kura tidak stress dan lain sebagainya. Maka daripada itu, Sobat Pintar lebih baik mempelajari terlebih dahulu agar nantinya kura-kura bisa hidup dengan nyaman dan umurnya panjang.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.kuranesia.com/pedoman-cara-membuat-kandang-kura-kura-darat-buat-pemula/
  • https://www.anekahewan.com/2019/09/cara-mudah-pelihara-kura-kura-darat.html

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar