Hari ini: Senin, 15 April 2024
Jumat, 24 Maret 2023, 14:00 WIB

Berkenalan dengan Kura Kura Albino yang Unik dan Cantik

Berkenalan dengan Kura Kura Albino yang Unik dan Cantik

Mengenal kura-kura albino, jenis kura-kura dengan gen albinisme (Gambar: Tortoise World)

Kura kura albino adalah salah satu jenis hewan yang biasanya memiliki harga jual tinggi karena keunikannya. Apakah kamu tertarik memeliharanya?

Sobat Pintar, tahukah kamu tentang kura kura albino? Mungkin awalnya kamu akan heran bagaimana bisa ada hewan yang memiliki kondisi albino. Akan tetapi, hal ini memang bisa terjadi dan tidak hanya terbatas pada manusia saja.

Kondisi ini pun tidak berbahaya, hanya saja memang terdapat gangguan pada pigmentasi atau pewarnaan kulit dari hewan tersebut. Salah satu contoh yang bisa kamu lihat adalah yang terjadi pada kura-kura albino.

Meski memiliki kelainan, ternyata kelebihan dari kura-kura dengan kondisi albino adalah memiliki harga jual yang lebih mahal dari yang biasa. Kamu ingin tahu lebih lanjut dengan hewan ini? Yuk cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

Apa itu Kura Kura Albino?

Kura Kura Putih Mata Merah
kura kura putih mata merah (Gambar: super torto)

Perlu Sobat Pintar pahami bahwa kura kura albino bukanlah jenis hewan kura-kura. Kata albino yang digunakan merujuk pada kelainan yang terjadi pada kulit kura-kura tersebut.

Albino atau albinisme adalah kelainan yang terjadi pada pigmen warna sehingga membuatnya tidak bisa memunculkan warna asli tubuh akibat kekurangan melanin. Fungsi dari melanin adalah memberi warna dan melindungi dari sinar ultraviolet.

Saat terkena albino, maka area kulit, bulu, iris mata, dan rambut akan berubah menjadi putih. Kondisi kelainan ini juga tidak terbatas pada manusia. Hewan lain pun bisa mengalami albinisme seperti pada rusa, merak, kelinci, dan lain sebagainya.

Ketika hewan tersebut terkena albino, maka warna matanya akan menjadi merah muda atau biru, bulu mata berubah putih, dan warna kulit menjadi putih seluruhnya. Kura-kura yang terkena albino juga tidak terbatas pada satu jenis saja.

Bahkan hampir semua jenis hewan ini bisa mengalami albinisme. Mulai dari jenis kura-kura Brazil, Sulcata, Aldabra, dan lain sebagainya. Kura kura albino juga memiliki banyak peminat karena tampilan tubuhnya yang unik dan menarik.

Secara keseluruhan tubuh kura-kura akan memutih mulai dari kepala, kaki, tempurung, bahkan hingga ekor. Warna putihnya sendiri beragam ada yang putih kekuningan, putih caramel, bahkan ada juga yang sangat putih dan terang.

Jenis Kura-kura Albino Beserta Harganya

Harga Kura Kura Albino Dan Jenisnya
harga kura kura albino dan jenisnya (Gambar: super torto)

Karena memiliki tampilan warna yang begitu unik, harga jenis kura kura albino pun menjadi cukup mahal. Inilah daftar kisaran harga kura-kura albino serta beberapa jenisnya, antara lain:

1. Kura-Kura Brazil Albino

Saat kura-kura brazil terkena albino, maka harga jualnya bisa menjadi lebih tinggi lagi. Hal ini akibat dari warnanya yang sangat menarik dan terlihat sangat cantik. Sekujur tubuh mereka biasanya akan berubah jadi warna putih dan sedikit kuning.

Semakin putih warnanya, harganya juga akan semakin mahal. Untuk harga kura-kura brazil albino kecil biasanya adalah sekitar Rp5.000.000 per ekornya. Harga ini untuk usia 2 sampai 3 bulan.

Harga ini bisa menjadi lebih mahal saat usianya bertambah, bahkan ada yang menjual pada harga lebih dari Rp15.000.000 untuk satu ekornya. Apabila ada warna yang lebih cantik, maka harganya pun bisa semakin mahal.

Contohnya adalah kura-kura brazil caramel pink albino. Mereka memiliki warna tubuh yang unik yaitu warna caramel dengan sedikit unsur pink. Perpaduannya membuat hewan ini terlihat sangat cantik, tapi juga memiliki harga yang mahal.

Satu ekor kura-kura caramel pink bahkan ada yang menjual hingga Rp65.000.000 per ekornya. Meski begitu, memang jumlah dari hewan ini sangat terbatas dan langka karena butuh perkembang biakkan yang benar-benar selektif.

2. Kura-Kura Sulcata Albino

Selain jenis brazil, jenis sulcata pun bisa mengalami albinisme dan membuat warna tubuhnya menjadi tidak normal. Bagian tempurungnya berwarna kuning cerah yang seiring usia akan bertambah gelap. Sementara tubuhnya berwarna kuning cerah.

Harga kura kura sulcata albino bisa sangat bervariasi tergantung dari usia dan warna tubuhnya. Sobat Pintar harus menyiapkan kisaran dana Rp14.000.000 sampai Rp84.000.000 jika ingin memiliki kura-kura sulcata ini.

3. Kura-Kura Aldabra Albino

Kura-kura jenis aldabra terkenal akan kesulitannya untuk dibudidayakan dan ukuran tubuhnya yang besar. Bahkan besarnya bisa mencapai 1,5 meter. Harga dari hewan ini pun tergolong mahal apalagi jika mengalami kondisi albino.

Jika Sobat Pintar tertarik memiliki kura kura aldabra albino, maka harus menyiapkan budget mulai dari Rp9.000.000. Itupun harga untuk usianya jika masih kecil. Saat usianya bertambah, maka harganya pun bisa lebih mahal lagi.

Cara Merawat Kura Kura Albino

Perawatan Kura Kura Albino
perawatan kura kura albino (Gambar: super torto)

Sobat Pintar memang bisa membeli dan kemudian memelihara jenis hewan ini di rumah. Akan tetapi, perawatan kura kura albino harus lebih ekstra karena kondisi tubuhnya yang lebih rentan akibat kelainan pigmen yang mereka derita.

Daya tahan tubuh dan sistem imun kura-kura albino harus sangat diperhatikan dengan baik. Jika tidak, mereka akan sulit bertahan hidup dan usianya tidak akan bisa panjang.

Agar kura-kura albino tidak cepat mati, inilah beberapa langkah perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah secara umum, seperti:

1. Pastikan Kandang Bersih dan Memadai

Kandang kura kura adalah tempat yang sangat krusial untuk pemeliharaan kura-kura albino. Karena tergolong hewan semi-aquatic, sebaiknya Sobat Pintar menyediakan dua lingkungan yang berbeda untuk mereka.

Berikan area kolam air sebagai tempat mereka berenang dan berikan area daratan sebagai tempatnya untuk berjemur atau bersantai. Karena membutuhkan area yang tidak sedikit, sebaiknya kolam dibuat di area yang cukup luas.

2. Membersihkan Tubuh Kura-Kura

Hal lain yang perlu Sobat Pintar lakukan agar kura-kura albino senantiasa terlihat indah adalah rutin membersihkan tubuhnya. Saat kura-kura kotor, maka warna putih tubuhnya bisa tertutupi dan jika tidak segera dibersihkan bisa menempel kuat.

Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan juga pasta gigi. Oleskan sedikit pasta gigi pada tempurungnya. Setelah itu gosok dengan sikat dan bilas dengan menggunakan air hangat.

3. Berikan Pakan Berupa Udang

Perawatan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan udang sebagai pakan utama mereka. Udang memiliki nutrisi yang baik agar warna cerah pada kura-kura albino bisa terjaga.

Sayangnya, memang udang tidak bisa dibilang murah dan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Sebagai alternatif, kamu bisa memberikan pelet khusus ikan koi untuk kura-kura yang memang memiliki manfaat untuk mencerahkan warna.

Dengan cara perawatan yang tepat, kura-kura yang terkena kondisi albino bisa senantiasa terlihat cerah dan indah. Selain itu, mereka bisa hidup dengan sehat dan berusia panjang.

Sobat Pintar, demikianlah akhir dari informasi seputar kura kura albino yang bisa kamu ketahui. Dari ulasan ini, kamu sudah tahu kan bahwa albino adalah suatu kelainan pigmen kulit yang bisa juga terjadi pada hewan, seperti kura-kura.

Albinisme membuat kondisi tubuh dan tempurung mereka jadi berwarna putih atau kuning cerah. Kura-kura yang terkena albino pun tidak terbatas pada jenis tertentu. Karena hampir semua jenisnya pun bisa terkena kondisi kelainan ini.

Jika tertarik untuk memelihara kura-kura ini, kamu harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Karena dengan keindahan warnanya, harga kura kura albino bisa melambung sangat tinggi bahkan mencapai puluhan juta rupiah per ekornya lho!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Baca juga artikel menarik berikut:

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.kuranesia.com/kiat-kiat-memelihara-kura-kura-brazil-albino/
  • https://bobo.grid.id/read/083287173/langka-dan-rentan-diburu-kenapa-ada-hewan-albino-akubacaakutahu?page=all
  • https://jagadtani.com/read/2438/res-albino-kecil-kecil-harganya-selangit
  • https://trubus.id/kura-kura-albino-caramel-mencuri-hati/
  • https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/7-hewan-albino-yang-perlu-kamu-ketahui-16925/
  • https://www.tokokura.com/2022/04/mengenal-kura-kura-sulcata-albino.html

Tentang Penulis

Saya adalah alumni dokter hewan FKH Universitas Airlangga 2023 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar