Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Sabtu, 27 Februari 2021, 19:30 WIB

Terbaik! Ini 5 Pilihan Jenis Ular untuk Pemula yang Bisa Kamu Pelihara

Terbaik! Ini 5 Pilihan Jenis Ular untuk Pemula yang Bisa Kamu Pelihara

jenis ular untuk pemula - imgur

Tertarik untuk pelihara ular? Jangan sampai kamu salah pilih yang berbisa. Ini rekomendasi jenis ular untuk pemula yang aman untuk dipelihara

Zaman sekarang banyak orang yang ingin memelihara hewan peliharaan yang tidak biasanya. Salah satu hewan yang sekarang banyak digemari untuk dipelihara adalah ular.

Dulu orang memandang ular sebagai hewan yang negatif dan membahayakan. Padahal belum tentu semua ular membahayakan bagi kita.

Faktor edukasi yang meningkat membuat masyarakat sekarang sadar bahwa tidak setiap ular bisa membahayakan manusia.

Terbukti dengan munculnya beberapa channel Youtube yang membahas tentang ular, dengan tidak sengaja orang sekarang menjadi teredukasi tentang hidup ular dan cara merawat ular.

Nah, jika kamu sekarang adalah orang yang tertarik untuk memelihara ular, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis ular untuk pemula. Dengan begitu kamu bisa memilih ular dari bentuk dan karakteristiknya yang cantik.

Kira-kira jenis ular apa saja yang cocok untuk pemula? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Pilihan Jenis Ular untuk Pemula

Memelihara ular itu tergantung dengan seberapa lama pengalaman kamu saat memelihara ular. Semakin lama, biasanya pecinta ular akan semakin menyukai ular yang lebih besar.

Jika kamu memelihara ular yang besar untuk pemula, sebaiknya disimpan saja dulu niatmu itu.

Bagi pemula, ada baiknya kamu memelihara ular yang memang tidak berbahaya. Semisal ular itu tidak berbisa atau tidak terlalu besar.

Dari segi perawatannya pun kamu juga harus menilai mana yang menyulitkan dan tidak.

Nah ini adalah pilihan jenis ular yang cocok untuk pemula.

Ball Python

Jenis Ular Untuk Pemula
Ball phyton - pet life today

Ball Python merupakan salah satujenis ular phyton yang paling populer untuk direkomendasikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Ular ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki ular yang tenang dan santai.

Ball python tergolong ular yang mudah dalam masalah perawatan, jika kamu mengetahui cara merawat ular ini dengan benar. Kamu hanya sedikit membutuhkan kelembaban di dalam kandangnya karena ular ini berasal dari wilayah yang lembab di afrika.

Ular ini bukanlah ular phyton besar yang seperti biasa kamu lihat. Ball python dewasa bisa tumbuh hingga berukuran 1,5 meter. Maka dari itu kamu harus menyiapkan kandang yang cukup untuk tempat tinggalnya.

Ular ini cenderung memiliki umur yang panjang yaitu sekitar 20-30 tahun namun beberapa pemilik pernah melaporkan bahwa ular ball pythonnya bisa hidup sampai 50 tahun.

Baca Juga: Waspada Yuk! 10 Jenis Ular di Indonesia yang Kerap Ditemukan di Alam Liar

Corn Snake

Jenis Ular Peliharaan
corn snake - reptilefiles

Sebelum ball python populer pada zaman sekarang, banyak pecinta ular yang juga merekomendasikan corn snake untuk dijadikan ular peliharaan bagi para pemula.

Corn snake adalah salah satu ular yang cukup jinak dan sangat bisa bersahabat dengan manusia. Selain sifatnya yang bersahabat, ular ini juga dikenal dengan warnanya yang mempesona.

Mempunyai warna oranye yang kecoklatan dan corak oranye muda di sekujur tubuhnya, membuat ular ini banyak sekali peminatnya.

Tumbuh maksimal dengan ukuran 120 cm membuat kamu para pemula tidak membutuhkan kandang yang besar untuk menaruhnya di rumah. Terlebih lagi harapan hidup ular ini yang mencapai 20 tahun, membuat para pemuka ingin selalu memilikinya.

Rosy Boa

Jenis Ular Yang Aman Untuk Dipelihara
rosy boa - pinterest

Rosy Boa merupakan ular yang bisa jadi rekomendasi buat kamu para pemula. Walaupun tidak sepopuler corn snake dan ball python, ular ini bisa jadi pilihan untuk kamu lho.

Rosy boa mempunyai tubuh yang tidak terlalu besar, ukuran tubuhnya hanya sekitar 120 cm dengan rata-rata sekitar 100cm. Ular ini sangat jinak saat dipelihara dan bisa hidup selama 25 tahun lebih.

Seperti ball python, ular ini mempunyai banyak warna yang menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Kamu tidak memerlukan kandang yang terlalu besar, karena dengan akuarium berukuran sedang saja kamu bisa memelihara ular ini di rumah.

Hanya saja kamu sedikit membutuhkan sumber panas buat ular ini untuk membuatnya selalu nyaman tinggal di kandang.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

California King Snake

Jenis Ular Untuk Pemula
california king snake - the graftonites

Jenis ular untuk pemula lainnya yang bisa jadi hewan peliharaan untuk pemula adalah California King Snake. Walaupun ular ini dianggap predator pada habitat aslinya, namun ular ini tidak beracun.

Ular ini mempunyai sifat yang cukup aktif, cocok buat kamu para pemula yang menyukai hewan aktif seperti ular ini.

Ular ini tidak terlalu besar, panjangnya hanya sekitar 120 cm saja. Kamu bisa menaruhnya di akuarium berukuran sedang dengan memberikan tempat persembunyian dan pasir substrat yang sesuai.

Ular ini tidak membutuhkan pencahayaan khusus, hanya saja membutuhkan sumber panas untuk membantunya dalam proses pencernaan.

Common Garter Snake

Jenis Ular Yang Bisa Dipelihara Untuk Pemula
common garter snake - psmsblogdotcom

Common Garter Snake adalah ular terakhir yang direkomendasikan PetPi untuk kamu jadikan peliharaan di rumah. Ular asal Amerika utara itu memiliki warna dasar yang hijau atau coklat dengan garis-garis kuning yang membentang dari kepala hingga ke ekornya.

Ular ini bisa tumbuh hingga mencapai 130 cm. Dengan ukuran seperti ini kamu tidak memerlukan kandang yang begitu besar.

Ular ini memang memberikan efek bisa untuk amfibi dan mamalia kecil. Sedangkan bagi manusia tidak memberikan efek yang terlalu parah, hanya saja sedikit gatal-gatal atau bengkak.

Memang butuh waktu menjinakkan ular ini, namun karakternya yang lembut membuat ia lebih mudah dijinakkan dibanding ular lainnya. Selain bisanya yang mematikan bagi hewan amfibi, dia mempunyai alat pertahanan diri lainnya dengan cara mengeluarkan cairan dari ekor belakangnya untuk membunuh mangsanya.

Itulah dia 5 jenis ular untuk pemula yang bisa kamu pilih untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Sebelum memeliharanya disarankan untuk kamu membaca terlebih dahulu karakteristik yang detail mengenai ular ini.

Jangan sampai ketika kamu memilih salah satu ular di atas, kamu mengabaikan perawatannya. Itu bisa membuat masa hidup ular lebih pendek dari rata-rata usia ular pada habitatnya.

Terbit: Jumat, 16 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Sabtu, 27 Februari 2021, 19:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kolubrid
  • https://www.reptilesmagazine.com/5-great-beginner-pet-snakes/
  • https://www.thesprucepets.com/choosing-a-pet-snake-1237319
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar