Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Minggu, 11 Juli 2021, 20:30 WIB

10 Cara Merawat Kura-kura Brazil: Aman, Mudah, dan Umur Panjang

10 Cara Merawat Kura-kura Brazil: Aman, Mudah, dan Umur Panjang

cara merawat kura-kura brazil - Petpintar

Tidak sulit cara merawat kura-kura brazil, mulai dari pemeliharaan kandang, pemilihan pakan sampai berbagai cara untuk mencegah mereka terserang penyakit

Tertarik untuk memelihara kura-kura Brazil? Pilihan kamu sangat tepat. Selain cantik, hewan dengan nama latin Trachemys Scripta Elegans ini sangat cantik, mudah dipelihara dan bisa hidup dengan jangka waktu yang sangat lama, sekitar 20 - 40 tahun.

Mudah disini bukan berarti kamu bisa membiarkan mereka hidup dengan kurangnya makanan, dan tempat yang tidak layaknya. Kamu harus tahu bagaimana cara merawat kura-kura Brazil dengan tepat agar mereka bisa berumur panjang dengan sehat.

Kali ini, PetPintar akan membagikan langkah-langkah yang tepat dan mudah untuk kamu lakukan. Simak lebih lengkap artikel di bawah ini.

10 Cara Merawat Kura-kura Brazil agar Sehat dan Berumur Panjang

Kura-kura Brazil adalah reptil unik yang sering dijuluki dengan kura-kura telinga merah karena adanya bercak merah pada sisi kanan dan kiri kepalanya.

Kecantikannya membuat semua orang tertarik memelihara kura-kura Brazil. Terutama sebagai hewan pajangan yang ditaruh di dalam akuarium bening pada ruang tamu rumah.

Jika kamu tertarik memelihara mereka, simak artikel di bawah ini untuk tahu cara merawat kura-kura Brazil dengan baik.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Pilih Kura-kura Brazil Sehat

Sebelum kamu memutuskan membeli kura-kura Brazil di tempat penjualan, pastikan terlebih dahulu apakah mereka hidup sehat di tempat sebelumnya.

Pelajari lebih lanjut mengenai berbagai penyakit kura-kura yang sempat PetPintar bagikan. Kemudian, perhatikan bagaimana karakter dan kebiasaan kura-kura Brazil yang ingin kamu bawa pulang.

Pastikan mata, cangkang, dan cara mereka berenang mengindikasikan kesehatan yang baik. Kemudian, pilihlah kura-kura Brazil yang menurut kamu paling sehat di tempat penangkaran.

2. Siapkan Kandang yang Layak

Cara Merawat Kura Kura Brazil Bagi Pemula
cara merawat kura kura brazil bagi pemula - allans pet center

Layaknya hewan lainnya yang sempat dibahas PetPintar, merawat kura-kura Brazil pun memerlukan kandang yang layak.

Kura-kura Brazil anakan yang masih kecil cukup ditempatkan di dalam akuarium berukuran kecil. Seiring bertambahnya umur mereka, kamu harus menyediakan akuarium yang lebih besar.

Kemudian, masukan air secukupnya sebagai tempat mereka berenang, dan luangkan sedikit tempat daratan untuk memberikan mereka waktu beristirahat dari renangnya. Buatlah sekurang-kurang perbandingan antara air dan daratan 70 banding 30.

3. Bersihkan Kandang Minimal 1x Seminggu

Seiring dengan bertambahnya waktu, kandang atau akuarium, tempat tinggal kura-kura Brazil kamu akan bertambah kotor. Oleh sebab itu, kamu perlu membersihkannya minimal 1x seminggu.

Kotoran tersebut bisa berupa tumbuhan lumut atau serangga yang bisa mengganggu ekosistem pertumbuhan kura-kura.

Pastikan saat kamu membersihkan kandangnya, kamu sudah memindahkan kura-kura ke dalam kolam yang berbeda dengan kandangnya.

4. Sediakan Filter Air di Kandang Kura-kura

Meski kamu rajin membersihkan kandang kura-kura, bukan berarti kamu tidak memerlukan filter penyaringan di rumah mereka. Karena, filter berfungsi sebagai alat penyaring dan pembuangan kotoran kura-kura. Sehingga, dapat mencegah perkembangbiakan bakteri di dalam kandang.

Ingat, jenis kura-kura apapun yang tidak dirawat dengan baik memiliki resiko terserangnya penyakit salmonella lebih tinggi.

Pilihlah jenis filter di dalam tangki (internal canister filter) karena memiliki kemampuan penyaringan yang terbaik. Jika ada biaya lebih, pilihlah jenis filter di luar tangki (external canister filter).

5. Sediakan Pencahayaan yang Cukup

Sebagai hewan reptil yang bisa hidup hingga usia 40 tahun, kura-kura Brazil membutuhkan sinar UVA dan UVB untuk membantu metabolisme kalsium pada tulangnya.

Hal ini bisa kamu bantu dengan meletakkan lampu gantung berwarna kuning tepat di atas akuarium. Usahakan watt lampu yang kamu gunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Cahaya dari lampu ini dibutuhkan oleh kura-kura Brazil kapanpun, baik itu di pagi, siang, sore maupun malam hari.

6. Sesekali Jemur Kura-kura Brazil

Agar hasil metabolisme kalsium lebih sempurna dan menghasilkan tulang kura-kura yang kuat, cobalah sesekali menjemur mereka di bawah teriknya sinar matahari di pagi hari. Lakukanlah minimal 1x seminggu.

Proses menjemurnya pun tidak boleh serta merta diletakkan di tanah, kamu harus menyediakan kolam kecil berisi air untuk tempat berlindung dari panasnya sinar matahari.

7. Garuk Lembut Tempurung Kura-kura Brazil

Layaknya hewan peliharaan lainnya, kura-kura Brazil pun sangat suka digaruk-garuk oleh majikannya. Garukan ini bisa membantu meningkatkan hubungan antara kamu dengan mereka.

Karena ada syaraf sensitif yang ada di bagian tempurung kura-kura Brazil, usahakanlah untuk menggaruk tempurung mereka dengan lembut. Jika syaraf tersebut disentuh terlalu keras, mereka akan memberontak dan menyerang kamu.

8. Kenali Ciri-ciri Kura-kura Brazil Sakit

Cara Memelihara Kura-kura Brazil
cara memelihara kura-kura brazil - petpintar

Cara merawat kura-kura Brazil selanjutnya adalah pengenalan ciri-ciri kura-kura sakit. Kamu wajib tahu tips yang satu ini agar tahu penanganan apa yang paling cepat yang harus kamu ambil.

Beberapa jenis penyakit ringan yang biasa menyerang kura-kura Brazil adalah sebagai berikut:

  • Pelunakan tempurung
  • Hilangnya nafsu makan
  • Lemas dan malas bergerak
  • Infeksi mata
  • Luka

9. Taruh Jangkrik di Kandang Kura-kura Brazil

Berbeda dengan jenis hewan lainnya, ternyata kura-kura Brazil adalah hewan yang sangat suka ditemani oleh hewan dan serangga lainnya, seperti jangkrik.

Jangkrik dianggap sebagai teman oleh kura-kura Brazil karena di tempat aslinya mereka jangkrik lah yang menjadi teman mereka sebenarnya.

Kamu cukup menaruh jangkrik 3 ekor saja di dalam satu kandang kura-kura. Kemudian, berikanlah penutup pada kandang mereka untuk mencegah mereka kabur dari kandang kura-kura.

Hal ini juga akan memberikan kesan natural yang bisa dia temukan pada habitat aslinya sehingga kura-kura akan merasa hidup di alam yang bebas.

10. Berikan Makanan Terbaik

Kura-kura adalah hewan yang memiliki nafsu makan sangat besar. Kamu cukup memberi mereka makan sekitar 3 - 4 kali dalam seminggu. Hal ini membantu mereka mencegah obesitas.

Kemudian, penuhilah nutrisi dan protein yang dibutuhkan kura-kura Brazil. Sumber nutrisi dan protein yang bisa kamu gunakan adalah sawi, lobak hijau, bayam, wortel, eceng gondok, serangga, cacing, dan ikan kecil.

Berikanlah makanan kura-kura dalam porsi yang cukup dan potong-potonglah menjadi bagian kecil sesuai dengan ukuran rahan kura-kura Brazil peliharaan kamu.

Itu dia 10 cara merawat kura-kura Brazil dengan baik dan benar agar mereka bisa hidup sehat hingga berumur 40 tahun ke depan. Ternyata mudah merawatnya, kan? Kamu hanya perlu sedikit uang tambahan dan waktu untuk menemani mereka bermain.

Selamat bersenang-senang dengan kura-kura Brazil baru kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu di sosial media, ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Kamis, 20 Agustus 2020, 16:00 WIB
Update pada: Minggu, 11 Juli 2021, 20:30 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://weet-je.blogspot.com/2011/07/do-you-know-how-to-care-brazil-turtle.html#:~:text=For%20adult%20turtles%20is%20recommended,water%20lettuce%2C%20water%2C%20etc.
  • https://arenahewan.com/cara-merawat-kura-kura-brazil-agar-cepat-besar
  • https://id.wikihow.com/Merawat-Kura-kura-Brazil
  • https://www.thesprucepets.com/red-eared-sliders-1238387

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar