Hari ini: Jumat, 05 Maret 2021
Senin, 07 Desember 2020, 16:00 WIB

Tidak Boleh Sembarangan, Ini Daftar Makanan Kura-Kura Brazil Agar Cepat Besar dan Sehat!

Tidak Boleh Sembarangan, Ini Daftar Makanan Kura-Kura Brazil Agar Cepat Besar dan Sehat!

Makanan terbaik untuk kura-kura brazil - unsplash

Bagi kamu pecinta reptil pemula yang ingin memberikan makanan kura-kura brazil, wajib lihat informasi berikut ini sebelum kamu memberikannya

Jika berbicara mengenai dunia hewan, ada beberapa hewan yang mungkin bisa kita pelihara di rumah selain kucing dan anjing.

Salah satu yang paling favorit adalah dengan memelihara kura-kura. Kura-kura Brazil alias red-eared slider ini cukup populer di kalangan pecinta binatang pemula dan profesional.

Sifat dari kura-kura ini pun juga sangat ramah, sehingga.hewan ini cocok dipelihara oleh anak-anak kecil yang ingin mempunyai binatang peliharaan.

Sebagai pemilik yang baik hati dan dermawan ini, sangat penting untuk memberikan kura-kura brazil nutrisi yang terjaga sehingga tetap fit.

Menentukan makanan untuk kura-kura brazil yang dapat memenuhi gizinya bisa dibilang cukup mudah. Sejatinya, di alam liar sana mereka memakan vegetasi air, ikan-ikan kecil dan beberapa makhluk hidup lainnya yang bisa ia makan.

Terlebih lagi, jenis kura-kura ini memang ditakdirkan untuk menjadi seekor omnivora yang bisa memakan apa saja seperti manusia. Berikut ini adalah daftar makanan untuk kura-kura brazil yang bisa kamu berikan supaya cepat besar dan sehat.

Apa Makanan Kura-kura Brazil?

Makanan Kura-kura Brazil Sehat
Makanan kura-kura brazil - pinimg

Walaupun kura-kura brazil ini adalah omnivora, kamu tidak boleh sembarangan memberinya makanan ya. Berikan makanan bernutrisi yang benar-benar dibutuhkan oleh kura-kura brazil. Ada beberapa makanan bernutrisi yang dapat membantu pertumbuhan dari kura-kura brazil ini.

Berikut ini adalah daftar makanan kura-kura brazil:

Telur

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, telur mengandung sumber protein yang tinggi jika dikonsumsi siapapun termasuk hewan.

Karena kura-kura brazil ini adalah pemakan segalanya, maka telur juga makanan baik untuk nutrisi yang dia butuhkan. Berikan telur setiap 2-3 hari untuk mempercepat pertumbuhan si kura-kura.

Rebus telur ayam lalu potong sesuai dengan ukuran kura-kura, jika kura-kura masih kecil kamu bisa berikan porsi yang lebih sedikit. Berikan potongan-potongan kecil yang lebih mudah dimakan oleh kura-kura.

Untuk sekedar informasi saja, kura-kura memang tidak memiliki gigi, namun ia mempunyai rahang yang kuat untuk mencabik makanannya.

Baca Juga: 10 Jenis Kura-Kura Peliharaan yang Populer di Indonesia, Pilih yang Mana?

Buah dan Sayur

Salah satu makanan favorit kura-kura brazil yang satu ini memang cukup menyehatkan baginya. Buah dan sayur menjadi makanan yang menyehatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari kura-kura brazil.

Biasanya buah yang ia suka adalah buah pepaya, pisang, apel serta tomat, sementara untuk sayurannya, ia lebih menyukai sayur sawi, selada, wortel dan bayam.

Kedua makanan ini sangat baik untuk kura-kura brazil karena mengandung kalsium yang juga baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tempurung mereka. Jangan sampai kamu salah dalam memberikan porsi kedua makanan ini, karena pemberian buah dan sayur secara rutin juga tidak terlalu baik.

Hal itu malah menyebabkan kura-kura sering membuang kotorannya karena kedua makanan ini mengandung serat yang banyak.

Selingi dengan makanan lain yang bersifat lebih keras untuk menyeimbangkan nutrisi dari kura-kura brazil. Pemberian buah dan sayur juga harus dalam keadaan yang fresh dan segar.

Pastikan jangan sampai buah dan sayur yang kamu berikan tersisa dalam waktu yang lama di akuarium kura-kura, hal itu malah menjadi penyebab terganggunya kesehatan kura-kura yang bisa saja menyebabkan kematian.

Daging

Makanan untuk kura-kura brazil selanjutnya adalah daging. Daging sendiri mengandung protein yang tinggi dan juga kalsium penting yang membantu pertumbuhan kura-kura. Daging yang kamu berikan bisa dengan daging ayam, sapi, atau daging ikan.

Walaupun kura-kura brazil menyukai daging mentah, namun tidak disarankan untuk kamu memberikan langsung daging mentah kepadanya.

Daging yang mentah mengandung banyak lemak yang bisa saja membuat kura-kura menjadi kegemukan. Selain itu, daging merah juga rentan terkontaminasi dengan bakteri atau virus yang bisa membuat kura-kura brazil yang kamu pelihara kesehatannya terganggu.

Masak terlebih dahulu daging yang sudah kamu beli dengan cara merebusnya atau dengan mengkukus daging agar jadi lebih empuk.

Berikan potongan daging yang kecil sesuai dengan ukuran mulutnya. Daging juga bisa menjadi makanan kura kura brazil kecil dengan catatan potong daging sesuai dengan ukuran rahang dari kura-kura ini.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makan ikan-ikan kecil yang bisa kamu dapatkan di toko ikan hias dengan harga yang murah. Sebaiknya hindari memberi makan kura-kura dengan makanan beku, karena makanan yang dibekukan bisa saja malah menghilangkan kandungan nutrisi baik bagi tubuhnya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Serangga

Pada habitat bebasnya, biasanya kura kura brazil memakan serangga serangga kecil atau cacing. Kedua hewan kecil ini menjadi kesukaan kura-kura untuk menjadi santapan setiap hari.

Jika kamu memelihara kura-kura brazil, kamu sesekali bisa memberikan makan dengan jangkrik, belalang, semut ataupun cacing. Untuk cacing sendiri bisanya ia menyukai cacing sutra, ataupun cacing tanah.

Kamu bisa menemukan serangga dengan membelinya di toko ikan hias, karena banyak serangga seperti jangkrik atau jenis-jenis cacing dijual di sana.

Tentunya ini cukup praktis dan murah untuk makanan kura kura brazil yang kamu pelihara. Jangan lupa untuk potong kaki-kaki serangga supaya tidak melukainya.

Suplemen untuk Kura-Kura Brazil

Suplemen Untuk Kura Kura Brazil
Suplemen untuk kura-kura brazil - pinimg

Bukan hanya kucing dan anjing saja, namun kura-kura khususnya kura-kura brazil ini juga membutuhkan multivitamin untuk pertumbuhannya.

Multivitamin untuk reptil ini mengandung vitamin D3 dan kalsium yang bisa dicampur dengan beberapa makanan pada saat jam makan tiba. Berikanlah 2x dalam seminggu sehingga dia bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi lewat makanan yang diberikan.

Kebanyakan pemilik kura-kura akan memberikan makanan berupa tulang ikan sotong. Tulang sotong ini bisa kamu dapatkan dengan mudah karena sering dijual di toko burung atau di pasar burung terdekat.

Jadwal Memberi Makan Kura-Kura Brazil

Jadwal Memberi Makanan Kura-kura Brazil
jadwal memberi makanan kura-kura brazil - turtle expert

Banyak diantara kalian memiliki jadwalnya masing-masing untuk memberi makan kura-kura brazil ini.

Beberapa orang diantaranya memberi makan kura-kura brazil setiap tiga hari sekali dengan porsi yang lumayan banyak. Ada pula yang lebih suka memberinya makan setiap hari dengan porsi yang lebih kecil.

Apa pun jadwal memberi makan kura-kura yang kamu percayai yang terpenting bukanlah hal itu.

Buat kalian yang memelihara kura-kura brazil atau kura-kura lainnya, kamu harus memperhatikan nutrisi dan porsi makan yang tidak boleh berlebihan, terutama jangan diberikan makanan yang tinggi protein.

Kura-kura seringkali memiliki nafsu makan yang rakus dan malah jadi mengemis untuk diberi makan jika salah dalam memberikan porsi makan.

Beberapa pemilik kura-kura menggambarkan bahwa kura-kura yang rakus seperti ingin melompat keluar kandangnya karena efek diberi makan yang terlalu banyak.

Selain itu pula, kamu juga harus memperhatikan bentuk fisik dari kura-kura terutama di bagian lipatan kulit di sekitar kaki. Jika melihat lipatan kulit kura-kura di kakinya karena menarik ke dalam cangkang, berarti tandanya kura-kura yang kamu pelihara terlalu gemuk.

Jumlah makanan yang kamu berikan ini tergantung dengan banyaknya kura-kura yang kamu pelihara dalam suatu penangkaran. Aturan yang baik adalah memberi makan kura-kura selama 15 menit.

Saat itu kamu bisa melihat porsi dan kecepatan makan kura-kura selama 15 menit yang sudah ditentukan. Sebaiknya memberi makanan di wadah terpisah agar bisa terpantau dengan baik jika memelihara kura-kura lebih dari satu.

Itu lah dia beberapa informasi mengenai makan kura kura brazil yang bisa kamu berikan untuk menambah nutrisi supaya pertumbuhan kura-kura semakin baik. Jangan sesekali memberinya daging mentah, karena bisa saja daging itu terkontaminasi oleh beberapa bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatannya.

Sekian dari PetPi, semoga bermanfaat!

VIDEO: Rekomendasi Pakan Kura Kura Brazil

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Senin, 24 Agustus 2020, 19:00 WIB
Update pada: Senin, 07 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hewanpedia.com/7-jenis-makanan-terbaik-untuk-kura-kura-brazil/
  • https://hot.liputan6.com/read/4100473/7-makanan-untuk-kura-kura-brazil-penuhi-kebutuhan-nutrisinya
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kura-kura_brazil#:~:text=Kura%2Dkura%20brazil%20suka%20mengonsumsi,sangat%20baik%20untuk%20perkembangan%20tempurungnya.&text=Pelet%20merupakan%20makanan%20yang%20paling,dan%20dapat%20dibeli%20dibanyak%20tempat.
  • https://www.thesprucepets.com/how-much-should-i-feed-my-red-eared-slider-1238367

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar