Hari ini: Senin, 08 Maret 2021
Selasa, 01 Desember 2020, 10:00 WIB

Banyak di Indonesia! Ini Ular Terbesar dan Terpanjang yang Masih Hidup di Dunia

Banyak di Indonesia! Ini Ular Terbesar dan Terpanjang yang Masih Hidup di Dunia

ular terbesar di dunia - minute media

Penasaran seberapa besar ular raksasa di dunia? Yuk, simak kumpulan spesies ular terbesar dan terpanjang di dunia yang masih hidup di alam liar berikut ini!

Suka ataupun tidak, ular merupakan salah satu jenis hewan reptil yang hidup berdekatan dengan manusia. Bahkan beberapa di antaranya mudah ditemukan di sekitar area permukiman, lho.

Nenek moyang ular yang sudah eksis dari jutaan tahun lalu, kini telah berevolusi dan menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, kecuali kawasan Antartika.

Secara umum ular dapat dibedakan menjadi jenis ular berbisa dan ular tidak berbisa. Berdasarkan ukurannya juga, ada yang mengklasifikasikan dalam jenis ular besar dan ular kecil.

Kawasan tropis menjadi salah satu habitat favorit, termasuk bagi beberapa daftar ular terbesar di dunia yang akan PetPi bahas dalam ulasan kali ini.

Daftar Ular Terbesar di Dunia yang Masih Hidup Hingga Saat Ini

Seperti telah PetPi sebutkan di atas, umumnya jenis ular terbesar di dunia hidup di kawasan tropis hingga sub-tropis dengan suhu dan iklim cenderung hangat.

Habitat favorit ular raksasa ini dapat dengan mudah Sobat Pintar temukan di kawasan hutan hujan Amazon, Amerika Selatan dan juga Indonesia, lho.

Penasaran ular terbesar apa dan habitatnya di mana saja? Yuk, cari tahu bersama selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Anakonda Hijau

Ular Terbesar Di Dunia
Anakonda hijau - reptiles magazine

Anakonda hijau (Eunectes murinus) merupakan salah satu spesies ular terpanjang di dunia yang tercatat memiliki panjang mulai 3-12 meter dan bobot sekitar 250 kg.

Secara umum ukuran ular anakonda hijau betina lebih besar ketimbang jantan. Misal panjang ular anakonda hijau jantan sekitar 3 meter, maka ular anakonda hijau betina bisa sekitar 6 meter.

Jenis ular semi-akuatik ini tinggal di wilayah perairan air tawar di kawasan Amerika Selatan. Ular terbesar di Amazon ini dapat ditemukan di Brazil, Ekuador, Paraguay, Argentina, dan sekitarnya.

Sesuai dengan namanya, ular anakonda hijau memiliki karakteristik warna hijau lumut gelap dengan bercak bundar hitam besar pada sisiknya.

Baca Juga: Waspada Yuk! 10 Jenis Ular di Indonesia yang Kerap Ditemukan di Alam Liar

2. Sanca Bodo

Ular Terbesar Di Dunia Yang Pernah Ada
Sanca bodo - squarespace

Sanca bodo (Python bivittatus) memiliki nama lain Burmese python karena memiliki habitat paling besar di kawasan Burma atau Myanmar dan sekitarnya.

Jenis ular raksasa ini pula juga dapat ditemukan di kawasan Pulau Jawa, lho. Ukuran ular sanca bodo berkisar antara 3,5-5 meter dengan bobot sekitar 180 kg.

Motif sisik pada ular sanca bodo didominasi warna-warna cerah dengan dasaran berwarna coklat muda. Corak sanca bodo cenderung tidak beraturan dengan kombinasi warna coklat gelap, hitam, dan kuning.

Di mana pada warna dan corak sisik ular sanca bodo muda akan terlihat lebih cerah dibanding ular sanca bodo dewasa.

3. Sanca Kembang

Ular Paling Besar
Sanca kembang - thai national parks

Sanca kembang (Malayopython reticulatus) merupakan jenis ular terbesar di Indonesia yang menyebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Sulawesi.

Jenis ular di Indonesia ini juga menyebar secara luas di kawasan Asia Tenggara hingga India. Habitat favorit ular sanca kembang adalah hutan hujan tropis, padang rumput, hingga dekat daerah perairan.

Ular sanca kembang dewasa umumnya memiliki panjang tubuh mencapai 6,5 meter dengan bobot hingga 158 kg. Umur sanca kembang pun cenderung panjang, mencapai lebih dari 25 tahun.

Karakteristik warna pada ular sanca kembang cenderung lebih gelap. Pola pada tubuhnya memiliki bentuk seperti berlian (diamond) dengan warna coklat tua, hitam, dan kuning.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Sanca Batu Afrika

Ular Terbesar Di Dunia Dari Afrika
Sanca batu afrika - story teller

Sanca batu Afrika (Python sebae) sesuai dengan namanya merupakan salah satu jenis ular terbesar di dunia yang dapat ditemukan di kawasan Afrika.

Jenis ular ini umumnya ditemukan di sekitaran Gurun Sahara, khususnya di daerah utara seperti Angola, Senegal, Ethiopia, dan Somalia.

Ular sanca batu Afrika memiliki ukuran sekitar 4-7,5 meter dengan bobot hingga 91 kg. Habitat tempat tinggal sanca batu Afrika berada di kawasan hutan, savana terbuka, hingga dekat perairan.

Dinamakan sanca batu karena jenis ular raksasa ini memiliki warna tubuh keabuan dengan corak cenderung tak beraturan berwarna coklat, kehijauan, dan kekuningan.

5. Sanca Batu India

Ular Paling Besar Di India
Sanca batu india - wikipedia

Sanca batu India (Python molurus) merupakan jenis ular besar dan tidak berbisa yang tinggal di kawasan India, Sri Lanka, Nepal, Pakistan, dan sebagian kecil Tiongkok.

Ular sanca batu India dapat ditemukan pada berbagai jenis habitat, mulai dari hutan hujan tropis, dataran rumput, kawasan berbatu, dan sekitar area perairan.

Ukuran ular sanca batu India memiliki panjang tubuh maksimal hingga 7,6 meter dengan bobot mencapai 137 kg.

Motif pada sisik ular sanca batu India memiliki pola persegi berwarna coklat gelap dan hitam di sepanjang tubuh, dengan warna dasar krem hingga coklat muda.

Baca Juga: Jangan Sampai Masuk Rumah! Ini 10 Jenis Ular Berbisa dan Berbahaya di Indonesia

6. Sanca Permata

Ular Terbesar Di Dunia
Sanca permata - pinterest

Sanca permata (Simalia amethistina) merupakan salah satu jenis ular sanca yang berasal dari kawasan Indonesia Timur, Papua Nugini, hingga Australia.

Ular sanca permata sangat terkenal di kalangan pecinta reptil dikarenakan warna dan corak tubuhnya yang terbilang unik. Tak heran apabila jenis ular piton cantik ini banyak dipelihara, lho.

Warna dasar ular sanca permata mulai dari kuning hingga coklat muda cerah. Bentuk sisik sanca permata menyerupai belah ketupat dengan warna lebih gelap pada bagian tertentu.

Ukuran dari ular sanca permata juga tidak terlalu besar, di mana pada umumnya memiliki panjang tubuh sekitar 4-6 meter dengan bobot berkisar 30 kg.

7. Anakonda Kuning

Ular Anakonda
Anakonda kuning - midwest

Anakonda kuning (Eunectes notaeus) memiliki ukuran jauh lebih kecil dibanding saudaranya, ular anakonda hijau yang menjadi ular terbesar di dunia saat ini.

Ular anakonda kuning memiliki ukuran dengan panjang tubuh dari kepala hingga ekor sekitar 2,4-4,6 meter dengan bobot tubuh sekitar 30-40 kg.

Jenis ular raksasa ini tergolong ke dalam jenis ular semi-akuatik yang menyukai daerah perairan, seperti sungai dengan arus tenang dan rawa. Tak jarang anakonda kuning juga ditemukan di dataran banjir.

Sesuai dengan namanya, anakonda kuning memiliki warna dasar kuning kehijauan dengan corak totol dan garis coklat kehitaman sepanjang tubuhnya.

Apakah Jenis Ular Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah?

Ular Terbesar Di Dunia Pernah Ada
Ular terbesar di dunia sepanjang sejarah - grunge

Walaupun anakonda hijau ditetapkan sebagai ular terbesar di dunia, namun spesies ini bukanlah jenis ular terbesar di dunia sepanjang sejarah, lho.

Melansir laman LiveScience, ular terbesar yang pernah ada di muka Bumi adalah Titanoboa atau Boa Titan (Titanoboa cerrejonensis) yang hidup sekitar 60 juta tahun lalu pada periode Paleosen.

Ular titanoboa diperkirakan memiliki panjang hingga 13 meter dengan bobot mencapai 1 ton berdasarkan temuan fosilnya di tambang batu bara Cerrejon, Kolombia pada 2009 lalu.

Walaupun tergolong jenis ular tidak berbisa, spesies ular terbesar di dunia pada daftar di atas tetap dapat menyerang dengan menggigit dan melilit tubuh mangsanya.

Walau cenderung dikenal tidak terlalu agresif, tetap saja kamu perlu mewaspadainya kehadirannya di alam liar maupun di sekitar tempat tinggalmu, ya!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://animaldiversity.org/accounts/Eunectes_murinus/
  • https://animaldiversity.org/accounts/Eunectes_notaeus/
  • https://animaldiversity.org/accounts/Python_molurus/
  • https://animaldiversity.org/accounts/Python_sebae/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_snakes
  • https://inaturalist.ca/taxa/540199-Simalia-amethistina
  • https://www.floridamuseum.ufl.edu/herpetology/fl-snakes/list/python-bivittatus
  • https://www.livescience.com/34444-biggest-snake-largest-snake-longest-snake.html
  • https://www.thainationalparks.com/species/malayopython-reticulatus
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar