Hari ini: Rabu, 22 September 2021
Kamis, 19 Agustus 2021, 10:00 WIB

Ini Dia Cara Mengusir Ular Kobra Masuk Rumah Paling Ampuh

Ini Dia Cara Mengusir Ular Kobra Masuk Rumah Paling Ampuh

cara mengusir ular kobra - san diego zoo

Cara mengusir ular kobra yang masuk ke dalam rumah adalah dengan memelihara musuh alami mereka, yaitu kucing dan cara mengeluarkannya berikut ini

Halo Sobat Pintar, bagaimana kabar kalian? Semoga kalian selalu sehat. Kali ini Petpi mau berbagi informasi mengenai cara mengusir ular kobra yang biasanya masuk ke dalam rumah.

Karena belakangan ini tidak hanya mereka yang tinggal di pedesaan saja mengalami kejadian ular masuk rumah, namun di perkotaan juga banyak yang mengalami hal serupa.

Sobat, tahukah kalian mengapa ular kobra beberapa waktu belakangan ini sering sekali ditemukan di dalam pemukiman atau area rumah? Hal ini kebanyakan disebabkan karena pembangunan untuk kebutuhan hidup manusia semakin membutuhkan banyak lahan.

Jadi, banyak sekali area seperti kebun, hutan atau area persawahan yang mau tidak mau harus digusur.

Penggusuran inilah yang akhirnya membuat sarang ular kobra juga ikut tersingkir, dengan tergusurnya habitat asli mereka akhirnya banyak dari ular-ular tersebut memilih area tempat biasanya mereka bersarang di antara bangunan-bangunan rumah.

Bisa di antara tumpukan barang yang ada di gudang, selokan, lubang air atau area lembab dan yang pasti paling sering dilewati oleh mangsa utama ular kobra, yaitu tikus.

Lalu bagaimana caranya mengusir ular yang terlanjur masuk ke dalam rumah? Yuk, simak beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk mengusir ular kobra di rumah kalian.

Bagaimana Cara Mengusir Ular Kobra Yang Aman?

Cara Mengusir Ular Kobra
cara mengusir ular kobra - african sanke bite institue

Untuk mengusir ular kobra memang sebaiknya meminta bantuan orang yang ahli dibidang tersebut, namun bila kejadian ular masuk rumah terjadi di malam hari tentu sobat mau tidak mau harus bertindak sendiri.

Tapi harus diingat selalu menggunakan alat keselamatan dan jangan pernah mencoba untuk memegang ular dengan tangan kosong.

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir ular kobra yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, diantaranya adalah :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Usahakan untuk Tidak Panik

Hal pertama bila sobat bertemu ular kobra di dalam rumah adalah jangan panik dan selalu menjaga jarak. Karena biasanya yang masuk ke dalam rumah adalah ular kobra jawa dan jenis ular ini dapat menyemburkan bisanya secara akurat sejauh 2 (dua meter) tepat ke arah mata kalian.

Jadi, usahakan gunakan pelindung dan ingat untuk tidak panik, karena bila panik kalian pasti akan membuat gerakan yang dapat membuat ular kaget dan akhirnya malah menyerang kalian.

2. Gunakan Wewangian atau Sesuatu yang Beraroma Menyengat

Bila kalian memiliki parfum atau cairan dengan aroma menyengat. Gunakanlah cairan tersebut untuk mengusirnya, caranya cukup disemprotkan saja di sekitar ular.

Kenapa sih harus menggunakan parfum atau cairan yang beraroma menyengat? Karena ular tidak menyukai segala sesuatu yang beraroma tajam.

3. Gunakan Sapu Ijuk dan Ember

Untuk cara mengusir ular kobra yang satu ini usahakan kamu melakukannya berdua dan gunakan pelindung wajah agar jika ular kobra menyemburkan bisanya tidak mengenai mata kalian.

Jadi, ambilah sapu ijuk dan sebuah ember dengan penutup. Secara perlahan sentuhkan ujung sapu ke arah tubuh ular, arahkan si ular untuk masuk ke dalam ember.

Saat melakukannya kalian harus sangat berhati-hati, jangan membuat gerakan yang dapat membuat ular kaget dan beraksi agresif. Ketika ular sudah masuk ke dalam ember, langsung tutup dan kalian harus segera menghubungi petugas atau seseorang yang mengerti tentang ular.

4. Tutup Tempat Saluran Air

Setiap rumah pasti memiliki saluran air, pastikan semua saluran air yang berada didalam rumah sudah kalian beri pengaman. Karena biasanya ular kobra akan memasuki rumah melalui lubang air.

Mungkin kalian juga bisa menutup saluran air dari dalam yang mengarah ke selokan agar ular tidak bersarang atau masuk dari tempat tersebut.

5. Bersihkan Area Rumah

Bila halaman rumah kalian sudah ditumbuhi banyak rumput liar, mulailah untuk membersihkannya lalu jangan pernah meninggalkan sampah di rumput hingga menumpuk begitu saja.

Karena sampah yang menumpuk kemungkinan besar dapat dijadikan sarang dan tempat ular kobra bertelur.

Bersihkan juga area-area yang biasa kalian gunakan untuk menyimpan barang-barang tidak terpakai. Karena barang yang menumpuk dan tidak lagi digunakan juga dapat mengundang ular kobra masuk ke dalam rumah dan singgah sementara disana.

6. Pelihara Predator Alami Ular

Memelihara predator alami ular kobra juga bisa menjadi cara mengusir ular kobra dari rumah. Beberapa hewan yang bisa menghalau ular biasanya adalah garangan, musang dan yang paling banyak adalah kucing.

Biasanya ular kobra akan pergi atau menghindari rumah yang dia rasa didalamnya terdapat musuh alami mereka.

7. Jangan Sampai Ada Tikus atau Hewan Kecil

Tikus adalah makanan utama ular kobra yang paling mudah ditemukan ular kobra di area perumahan. Jadi, selalu usahakan rumah kalian tidak dimasuki tikus.

Karena hanya dengan mendeteksi aroma air kencing atau kotoran dari tikus saja itu dapat mengundang ular kobra untuk mengejarnya.

Bila kamu memiliki peliharaan burung atau hamster. Pastikan selalu bersihkan kandang hewan peliharaan kalian tersebut setiap waktu, buang kotoran mereka jauh dari rumah dan selalu bersihkan area tempat burung atau hamster dengan disinfektan untuk menyamarkan aroma agar tidak ada ular yang masuk.

Sobat pintar, kamu pasti pernah mendengar jika ular kobra takut akan garam. Itu tidak benar, ular bukan cacing yang dapat terluka bahkan mati jika di siram atau ditabur dengan garam.

Jadi, hal utama yang harus kalian lakukan untuk mengusir ular adalah selalu bersihkan lingkungan rumah kalian dan pastikan untuk tidak menumpuk banyak barang karena itu akan memancing tikus dan jika ada tikus kalian harus waspada.

Itulah tadi tips atau cara mengusir ular kobra yang dapat Petpi bagikan untuk kalian dan semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://lifestyle.kontan.co.id/news/ampuh-tapi-sederhana-begini-4-cara-mengusir-ular-dari-rumah- 1
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengusir-ular-kobra/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar