Hari ini: Kamis, 04 Maret 2021
Kamis, 03 Desember 2020, 16:00 WIB

Meski Terlihat Sama, Ini Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Paling Mencolok!

Meski Terlihat Sama, Ini Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Paling Mencolok!

Perbedaan kura-kura dan penyu - unsplash

Secara tidak kita sadari ternyata ada 5 perbedaan kura-kura dan penyu yang terlihat sama namun faktanya berbeda. Berikut ini daftar perbedaannya

Mungkin ada sebagian orang berpikir bahwa kura-kura dan penyu adalah dua binatang yang sama persis. Memang jika sekilas melihatnya, kedua binatang ini menunjukan ciri-ciri fisik yang hampir sama.

Banyak orang yang mengiranya hewan ini sama karena memiliki cangkang sebagai rumahnya.

Bila dilihat dari jenis ordonya, kura-kura dan penyu memang memiliki ordo yang sama yaitu reptil dari ordo testudines.

Namun beda kura kura dan penyu terlihat jelas pada klasifikasinya, kura-kura dan penyu berbeda klasifikasinya sehingga bisa dibilang ini adalah hewan yang berbeda.

Jika melihatnya secara sekilas PetPi yakin kamu tidak bisa membedakannya. Nah kali ini PetPi bakal kasih tau perbedaan yang mencolok dari kura-kura dan penyu.

Kira-kira apa saja perbedaan kura-kura dan penyu yang bisa kamu lihat dengan mudah? Yuk ikutin terus informasi dari PetPi berikut ini.

Apa Perbedaan Penyu dan Kura-kura?

Mungkin dari kamu tertarik memelihara kura-kura. Namun sebelum kita melihat lebih jauh, ada beberapa perbedaan utama di antara kedua hewan ini.

Dalam Bahasa inggris, penyu disebut dengan turtle dan kura-kura disebut dengan tortoise. Kedua hewan ini adalah jenis reptil dari ordo yang sama yaitu Testudines.

Penyu atau turtle sendiri adalah istilah dari binatang reptil yang mempunyai cangkang sebagai tempat berlindung. Nah kira-kira apa saja perbedaan dari kedua hewan ini. Berikut informasinya.

Perbedaan Habitat

Perbedaan Penyu Dan Kura-kura
Perbedaan habitat penyu dan kura-kura - detik

Jika diperhatikan baik-baik, perbedaan kura-kura dan penyu sudah bisa kita ketahui dari habitatnya saja. Kebanyakan kura-kura lebih banyak menghabiskan hidupnya di darat, namun ada sebagian juga hidup di air.

Kura-kura lebih banyak tinggal di lingkungan yang setengah kering seperti danau, laguna dan hutan tropis. Namun ada pula kura-kura yang ditemukan di gurun.

Kura-kura yang kita bahas, beradaptasi untuk hidup di darat sehingga mereka tidak mempunyai kemampuan untuk berenang. Walaupun begitu, kura-kura bisa menahan nafasnya yang cukup lama bila berada di air.

Saat waktunya bertelur, kura-kura betina akan pergi ke darat lalu membuat tempat yang aman dan memberi perlindungan ada anaknya sekitar 80 hari setelah menetas.

Sedangkan penyu, merupakan hewan yang sebagian besar hidupnya hidup di daerah perairan, terutama air laut. Sama seperti kura-kura, penyu betina juga akan berenang ke darat untuk mencari tempat yang aman buat mereka bertelur.

Setelah bertelur, mereka tidak akan menjaganya melainkan mereka akan kembali ke laut dengan meninggalkan anak-anaknya yang ditutup dengan pasir pantai.

Baca Juga: 10 Jenis Kura-Kura Peliharaan yang Populer di Indonesia, Pilih yang Mana?

Bentuk Kaki

Bedanya Kura-kura Dan Penyu
Perbedaan bentuk kaki penyu dan kura-kura - tunas hijau

Kita lihat bahwa kura-kura memiliki kaki yang pendek dan kokoh. Kakinya dapat ditekuk dan tepat berada di bawah badannya yang lebar. Kura-kura memiliki kaki depan seperti stik pemukul, sedangkan kaki belakangnya lebih mirip dengan gajah.

Kaki belakangnya yang seperti gajah punya fungsi yang sangat berguna bagi kura-kura, kaki belakangnya dapat membantu kura-kura bergerak dan membawa badannya besar dan berat.

Sedangkan penyu, memiliki bentuk kaki yang sangat berbeda dengan kura-kura. Menghabiskan banyak waktunya di air, membuat penyu memiliki kaki yang berselaput dan memiliki cakar yang cukup panjang.

Cakarnya dapat memberikan cengkraman yang baik untuk membantunya jika ingin memanjat ke tepi sungai. Beberapa jenis penyu bahkan memiliki kaki seperti sirip yang dapat membantunya untuk berenang lebih cepat.

Cangkang

Bedanya Penyu Dan Kura-kura
Perbedaan bentuk cangkang penyu dan kura-kura - ping point

Perbedaan kura kura dan penyu selanjutnya dilihat dari cangkangnya. Bentuk cangkang yang dimiliki oleh kura-kura dan penyu ini dipengaruhi oleh lingkungan di mana mereka tinggal. Kura-kura cenderung memiliki cangkang yang lebih bundar dan bentuknya seperti kubah yang keliatannya berat.

Bentuk kubah itu berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari berbagai predator besar yang hidup di darat. Hal itu sangat berguna bagi kura-kura, karena ia tidak mempunyai pertahanan diri untuk berlari lebih cepat.

Penyu bisa kita lihat sendiri bahwa memiliki cangkang yang lebih datar serta ramping dan terlihat ringan dibanding cangkang kura-kura.

Bentuk cangkang yang ramping memudahkan ia untuk berenang dan meningkatkan kecepatannya untuk menghindari dari predator di laut. Bukan hanya itu, cangkang penyu juga berguna untuk menghindarkan penyu dari tenggelam.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Perkembangbiakan

Perbedaan Kura-kura Dan Penyu
Perbedaan saat bertelur - dictio

Selain ciri-ciri fisik yang sudah PetPi sebutkan di atas, maka perbedaan penyu dan kura kura bisa dilihat dari cara mereka berkembang biak. Kura-kura dan penyu sama-sama menghabiskan waktu lebih banyak di darat jika ingin bertelur.

Mereka akan menghasilkan 2 - 12 telur bahkan bisa sampai lebih di dalam lubang yang mereka gali. Telur kura-kura akan menetas dalam waktu 90 - 120 hari.

Namun induknya akan menjaga calon anak-anaknya selama 80 harian. Sedangkan dengan penyu, mereka langsung meninggalkan telur-telurnya lalu kembali ke laut.

Menurut lembaga konservasi penyu laut, jenis kelamin calon anak penyu yang nantinya lahir, tergantung dengan temperatur pasir pantai. Jika pasir pantai terasa lebih hangat, biasanya penyu akan menghasilkan lebih banyak penyu betina ketimbang jantan.

Rasio penentuan jenis kelamin ini mungkin berbeda-beda ya setiap suhunya dan setiap jenis penyu serta lokasi tempatnya bertelur.

Jika pasir dalam keadaan normal, maka anak penyu akan menghasilkan jumlah keturunan betina dan jantan yang sama banyak.

Masa Hidup

Perbedaan Penyu Dengan Kura Kura
Perbedaan masa hidup kura-kura dan penyu - grid

Seperti hal yang kita tau, kura-kura dapat hidup sama seperti manusia yaitu bisa mencapai usia 60 - 80 tahun. Bahkan ada kura-kura yang bisa hidup lebih dari 150 tahun usianya. Usia kura-kura terpanjang yang tercatat saat ini adalah sekitar 188 tahun.

Usia kura-kura hingga mencapai 100 tahun ini biasanya terjadi apabila kura-kura dirawat di penangkaran. Faktor yang membuatnya bisa bertahan lebih lama adalah perawatan yang baik dan lingkungan yang terkontrol.

Berbeda dengan kura-kura, masa hidup penyu cenderung lebih sebentar. Rata-rata hidup penyu yang ada sekarang hanya di sekitar 20 - 40 tahunan saja.

Namun ada beberapa pakar yang menyatakan bahwa penyu yang hidup di air laut yang tidak tersentuh oleh manusia bisa hidup sampai berusia 60 - 70 tahun.

Perbedaan Bulus dan Kura-kura

Perbedaan Bulus Dan Kura-kura
Perbedaan bulus dan kura-kura - africa geographic

Banyak yang mengira ketiga hewan ini adalah jenis yang dan sulit untuk dibedakan. Padahal saat kita telaah lebih dalam lagi, ketiganya benar-benar sangat berbeda.

Jika kamu sudah mengetahui perbedaan kura-kura dan penyu, kali ini kita akan melihat perbedaan antara kura-kura dan labi-labi atau bulus.

Dari infografis yang diterbitkan oleh trubus, berikut ini adalah perbedaan antara kura-kura dan bulus yang bisa kita lihat dari beberapa aspek di bawah ini.

  • Habitat: Jika kita lihat dari habitatnya, bulus dan kura-kura sudah jauh berbeda. Kura-kura lebih sering hidup di darat daripada di air, sedangkan bulus hidupnya di air tawar, lebih tepatnya di rawa-rawa.
  • Tempurung: Ini yang mungkin bisa kamu lihat dari bentuk fisiknya. Jika dibandingkan antara bulus dan kura-kura, perbedaan fisik ini yang paling terlihat. Bulus mempunyai tempurung yang terdiri dari tulang rawan saja. Jadi tempurung bulus sangat lunak, berbeda dengan kura-kura yang mempunyai tempurung keras.
  • Kaki: Jika kita sudah mengetahui kaki kura-kura dan penyu itu berbeda, sama halnya dengan kaki bulus yang berbeda dengan ketiganya. Bulus memiliki kaki yang berselaput seperti bebek karena hidupnya ada di air tawar dan rawa-rawa. Hal ini untuk membantunya dalam berenang dan bertahan hidup.
  • Leher: Seperti yang sudah kita ketahui, leher kura-kura bisa dimasukkan ke dalam tempurungnya untuk bertahan hidup. Sedangkan leher bulus memiliki ukuran yang lebih panjang dari kura-kura dan tidak bisa masuk ke dalam tempurungnya.
  • Gigi: Bulus memiliki gigi yang cukup tajam. Maka dari itu, kita sebagai orang awam harus berhati-hati jika ingin menangkap bulus. Karena bisa merobek kulit manusia.
  • Makanan: Makanan bulus berupa ikan-ikan dan cacing yang hidup di rawa, sedangkan kura-kura memakan tumbuhan dan serangga kecil.

Kira-kira kamu sudah jelas belum mengenai perbedaan kura kura, penyu dan bulus yang sudah PetPi jelaskan di atas?

Perbedaannya bukan hanya dari fisiknya saja, namun dari cara mereka hidup sudah bisa terlihat perbedaan yang mencolok dari ketiga binatang ini. Semoga informasi ini membuat kamu bisa membedakan antara keduanya ya. Sampai jumpa!

Terbit: Selasa, 18 Agustus 2020, 15:00 WIB
Update pada: Kamis, 03 Desember 2020, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://bacaterus.com/perbedaan-kura-kura-dan-penyu/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bulus
  • https://life.trubus.id/baca/5418/antara-kura-kura-penyu-dan-bulus-apa-bedanya
  • https://tunashijau.id/2020/04/perbedaan-kura-kura-dan-penyu/
  • https://www.diffen.com/difference/Tortoise_vs_Turtle
  • https://www.matain.id/article/2019/1114/5-perbedaan-kura-kura-dan-penyu-serupa-tapi-tak-sama-lho.html

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar