Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Rabu, 03 Februari 2021, 10:00 WIB

Ternyata Ini Cara Meningkatkan Nafsu Makan Iguana Biar Cepat Gemuk!

Ternyata Ini Cara Meningkatkan Nafsu Makan Iguana Biar Cepat Gemuk!

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Iguana - ganett

Pelihara iguana tapi dianya enggak nafsu makan? Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa  cara meningkatkan nafsu makan iguana!

Kamu pelihara iguana di rumah tapi makannya sedikit? Bingung gimana cara meningkatkan nafsu makan iguana peliharaanmu?

Iguana merupakan salah satu hewan reptil yang banyak dipelihara orang karena terlihat eksotis sekaligus membuat yang memelihara terlihat garang dan macho.

Yang namanya peliharaan, kita pasti ingin yang terbaik untuk mereka termasuk memberikan makanan terbaik. Tapi gimana jadinya kalau mereka enggak mau makan?

Tenang, kali ini PetPi akan jelasin mengenai apa saja penyebab dan cara meningkatkan nafsu makan iguana!

Penyebab Iguana Tidak Mau Makan

Penyebab Iguana Tidak Mau Makan
penyebab iguana tidak mau makan - cms

Pemilik iguana biasanya memberi makan setiap satu atau dua hari sekali, tergantung usia dan aktivitasnya. Terkadang, iguana bisa berhenti makan sama sekali untuk beberapa waktu dan ini sama sekali tidak membahayakan kesehatannya.

Iguana bisa bertahan tanpa makanan hingga satu atau dua minggu. Nah, jika iguanamu enggak mau makan lebih dari dua minggu, ini yang bahaya. 

Coba cek beberapa penyebab iguana tidak mau makan di bawah ini!

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Suhu Kandang yang Terlalu Rendah

Iguana adalah reptil berdarah dingin sehingga ia membutuhkan suhu yang tepat. Mereka tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka seperti yang bisa mamalia lakukan. 

Kandang iguana dengan suhu yang terlalu rendah akan menyebabkan masalah pencernaan dan mengurangi nafsu makannya.

Sama seperti reptil lain, iguana membutuhkan panas untuk mencerna makanannya dengan baik. Karena itulah kamu harus menyiapkan pencahayaan yang baik di kandang iguana.

2. Stres

Ketika kamu baru membawa pulang iguana ke rumah, ada kemungkinan ia akan merasa stres dengan lingkungan barunya. 

Ia harus diberikan waktu untuk sendiri agar bisa beradaptasi dengan rumah barunya. Jangan langsung menyentuh atau memegangnya ketika masa-masa ini.

Selama periode tersebut, iguana mungkin akan menolak makan selama satu atau dua minggu. Kamu tidak perlu khawatir, iguana akan mau mulai makan jika ia mulai merasa nyaman.

3. Sakit

Banyak masalah kesehatan pada iguana yang membuatnya berhenti makan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Adanya parasit internal yang mengganggu pencernaan
  • Impaksi yang menggangu pencernaan dan buang air besar
  • Asam urat
  • Batu kandung kemih
  • Gangguan neurologis yang membuat iguana sulit bergerak
  • Abses mulut yang menyebabkan peradangan

4. Iguana Memasuki Masa Kawin

Iguana akan mulai memiliki birahi saat berusia 2 hingga 3 tahun. Musim kawinnya sendiri biasanya berlangsung antara bulan November hingga Februari.

Pada bulan pertama iguana memasuki masa kawin, biasanya ia akan mengurangi porsi makannya atau bahkan berhenti sama sekali. Ini normal dan biasanya berlangsung selama 2-5 minggu.

Ciri-ciri iguana birahi yang lain antara lain menjadi lebih agresif, aktif, kepala sering terayun, berusaha lari dari kandang, meninggalkan kotoran untuk menandai wilayah, dan lain sebagainya.

Oh iya, iguana betina yang sedang hamil juga jarang makan, terutama ketika perut mereka penuh dengan telur!

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Iguana

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Iguana
cara meningkatkan nafsu makan iguana - youtube image

Kalau kamu sudah mengetahui apa penyebab iguana tidak mau makan dan yakin bisa mengatasinya sendirian, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di bawah ini!

1. Berikan Makanan di Waktu yang Tepat

Kebanyakan reptil sebaiknya diberi makan ketika pagi hari. Begitu pula dengan iguana. Berikan makanan di pagi hari agar ia memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan yang ia telan.

Kalau kamu ingin memberinya camilan tambahan, berikan setidaknya empat jam sebelum kamu mematikan lampu untuk memulai siklus malam iguana.

2. Mengatur Suhu yang Pas di Kandang Iguana

Suhu ideal untuk iguana adalah antara 26 hingga 29 derajat Celcius untuk siang hari. Kamu juga harus menyediakan area dingin (25-26 derajat Celcius) yang dibutuhkan oleh iguana.

Di area berjemur di mana ia mendapatkan sinar UVB, suhu yang ideal adalah 35 hingga 37 derajat Celcius. Ketika malam tiba, kamu perlu menurunkan suhu antara 21 hingga 23 derajat Celcius.

Jangan sampai suhu kandang iguana di bawah 4 derajat Celcius atau di atas 45 derajat Celcius karena bisa menyebabkannya mati cepat!

Kalau suhu kandangnya terlalu rendah, kamu bisa memasang lampu dengan watt yang lebih tinggi. 

Selain itu, pastikan air dan kelembapan kandangnya terjaga dengan baik.

3. Mempertahankan Pola Makanannya

Iguana menyukai rutinitas dan tidak suka jika pola makanannya berubah. Iguana juga bisa merasa bosan jika makanannya monoton. Inilah mengapa penting untuk selalu menawarkan variasi sayuran dan buah untuknya.

Kalau kamu mengubah pola makannya secara tiba-tiba, kemungkinan ia akan menolak makan makanan baru terutama jika ia tidak menyukai rasanya.

Daripada dilakukan secara mendadak, lebih baik kamu mengabungkan makanan baru secara perlahan dan bereksperimen untuk mengetahui apa makanan favorit iguanamu.

Kalau iguana tidak memakan makanan yang sudah kamu sediakan, segera keluarkan dan ganti dengan makanan yang lebih segar.

Beberapa sayur dan buah yang direkomendasikan untuk iguana adalah jagung, kentang manis, wortel, pisang, mangga, anggur, kiwi, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Membawanya ke Dokter Hewan

Jika kamu merasa yakin kalau penyebab rendahnya nafsu makan iguanamu dikarenakan suatu penyakit, maka sebaiknya kamu segeranya membawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, dokter hewan juga bisa memberikan saran mengenai makanan apa yang sebaiknya diberikan agar iguana mau makan.

Itulah tadi beberapa penyebab iguana tidak mau makan dan cara meningkatkan nafsu makan iguana.

Bisa jadi iguana menolak makan karena sedang musim kawin. Kalau iguanamu pada dasarnya montok, ia bahkan dapat berhenti makan selama satu bulan tanpa terlalu kehilangan berat badannya.

Tapi kalau kamu merasa khawatir dengan kondisi kesehatannya, sebaiknya kamu segera membawanya ke dokter hewan!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://oddlycutepets.com/why-wont-my-iguana-eat/
  • https://peteducate.com/why-is-my-iguana-not-eating/
  • https://pethelpful.com/reptiles-amphibians/How-to-Help-Your-Iguana-Gain-Weight
  • https://www.lizards101.com/why-is-my-iguana-not-eating/
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, reptil dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar