Hari ini: Sabtu, 08 Mei 2021
Senin, 05 April 2021, 12:00 WIB

Cantik dan Eksotis! Ini 10 Jenis Iguana yang Sering Dianggap Asli Indonesia Wajib Kamu Pelihara

Cantik dan Eksotis! Ini 10 Jenis Iguana yang Sering Dianggap Asli Indonesia Wajib Kamu Pelihara

Jenis iguana yang sering dianggap asli Indonesia - petpintar

Ingin memelihara iguana yang cantik dan eksotis? Yuk, ketahui beragam jenis iguana asli Indonesia yang dijamin bikin kamu suka dan tertarik melihatnya.

Iguana adalah hewan reptil cantik yang habitat aslinya berada wilayah tropik Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Ada puluhan jenis iguana yang hidup di dunia berdasarkan fisik dan warnanya. Namun banyak yang beranggapan bahwa Indonesia juga punya hewan asli ini.

Di Indonesia sendiri sering dikatakan setidaknya ada sejumlah jenis iguana asli Indonesia. Apakah benar?

Kecantikan dan keistimewaannya membuat banyak pecinta hewan tertarik untuk memelihara berbagai jenis iguana. Kamu tertarik juga memelihara iguana?

Berikut ulasan tentang jenis iguana yang sering dianggap asli Indonesia berikut ini.

Daftar Jenis Iguana yang Ada di Indonesia Paling Populer

Berikut ini daftar jenis iguana yang dianggap asli dari Indonesia yang bisa kamu lihat dari warna, fisik dan harganya.

1. Iguana Hijau

Jenis Iguana Asli Indonesia
Iguana hijau - sky

Inilah iguana hijau. Jenis iguana yang sering dianggap asli Indonesia yang paling populer untuk dipelihara, baik oleh pemula maupun para pecinta hewan yang sudah berpengalaman memiliki puluhan hewan.

Ada 3 alasan kenapa iguana hijau ini begitu populer. Pertama, mereka adalah iguana paling murah dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Kedua, iguana hijau merupakan salah satu jenis iguana yang mudah untuk dijinakan. Ketiga, mereka tidak dilindungi oleh pemerintah, sehingga siapapun berhak untuk memelihara dan memperjual belikannya.

Harga satu anak iguana hijau dimulai dari Rp300.000,- sampai jutaan rupiah sesuai dengan ukuran dan bentuk fisiknya.

2. Iguana Merah

Jenis Iguana Merah
Iguana merah - petpintar

Jenis iguana kedua yang tidak kalah populernya dari iguana hijau adalah iguana merah. Dengan sifatnya yang lebih agresif dan defensif, membuatnya cukup sulit untuk dipelihara.

Kalau kamu tertarik untuk memeliharanya, akan ada banyak kejadian-kejadian kamu terkibas oleh ekornya yang cantik. Tenang aja, kibasan ekornya si merah ini tidak parah, dan tidak akan melukai kamu sampai berdarah.

Ada dua tipe dari jenis iguana merah. Mereka dibedakan dari warna yang menghiasi badannya.

  • Iguana Red Mix: Hasil persilangan iguana hijau dengan iguana merah yang akhirnya membuat iguana red mix memiliki 2 warna pada tubuhnya, yakni hijau dan merah.
  • Iguana Super Red: Iguana merah asli dengan warna merah yang terang dan mencolok di seluruh tubuhnya. Ekornya memiliki garis melingkar berwarna hitam dari pangkal sampai ke ujungnya.

Harga satu anak iguana merah dimulai dari Rp600.000,- sampai jutaan rupiah sesuai dengan ukuran dan bentuk fisiknya.

3. Iguana Biru

Jenis Iguana Biru Asli Indonesia
Iguana biru - reptile world facts

Iguana biru adalah iguana yang sangat cantik bila dipajang di berbagai sudut rumah. Warna biru cerahnya membuat iguana ini terlihat sangat keren tapi cantik. Meski pada tahun 2011 iguana biru sempat terancam punah dengan hanya ada sekitar 25 ekor saja di seluruh dunia, tahun 2012 iguana biru asli Indonesia ini berkembang biak lagi menjadi sekitar 800 ekor.

Karena kecantikannya ini, iguana biru memiliki harga yang lumayan fantastis, yaitu sekitar Rp3.500.000,- untuk satu ekor anakan yang berukuran 30cm. Tidak heran kalau banyak pecinta reptil yang tertarik untuk memeliharanya.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Iguana Blue Diamond

Jenis Iguana Asli Indonesia
Iguanan blue diamond - unsplash

Jika sebelumnya kamu membaca tentang iguana biru cantik dengan harga yang tidak mudah, kali ini kamu akan membaca tentang jenis iguana biru versi murahnya, yaitu blue diamond.

Kenapa bisa lebih murah? Karena, iguana blue diamond sebenarnya memiliki warna dasar hijau yang kurang menarik. Tapi, memiliki warna biru terang pada lapisan keduanya. Sehingga, banyak pecinta reptil yang kurang suka dengan warnanya.

Harga satu anak iguana blue diamond dimulai dari Rp500.000,- sampai jutaan rupiah sesuai dengan ukuran dan bentuk fisiknya.

5. Iguana Albino

Jenis Iguana Albino
Iguana albino - animal scene magazine

Pernah mendengar kata albino? Makhluk hidup yang keturunannya memiliki rambut dan kulit berwarna putih. Ternyata, hal ini juga terjadi pada hewan keturunan kadal yang satu ini.

Iguana albino didominasi dengan warna dasar putih yang dilapisi warna kuning cerah seperti stabilo pada tubuhnya. Kesan cantik bertambah pada iguana albino karena bola matanya yang berwarna merah.

Satu ekor albino muda berumur sekitar 6 bulan dijual mulai dari Rp9 juta sampai Rp50 juta. Termasuk dalam kategori iguana paling mahal di Indonesia.

Sehingga tak heran apabila jenis iguana mahal ini banyak diincar oleh kalangan kolektor dan pecinta reptil.

Kalau kamu ingin memeliharanya, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Jangan sampai kamu kehilangan puluhan juta hanya karena belum tahu cara merawat iguana.

6. Iguana Snow Blizzard

Jenis Iguana Langka
Iguana snow blizzard - facebook

Selanjutnya ada iguana snow blizzard. Seekor iguana yang lahir dan bertambah spesiesnya karena hasil kawin silang antara iguana albino dan biru. Oleh karena itulah, iguana ini memiliki 2 jenis warna dasar, yaitu putih dan biru.

Banyak para pecinta reptil yang mencari iguana snow blizzard karena bola matanya yang istimewa, merah layaknya iguana albino. Harga satu anak iguana snow blizzard dimulai dari Rp2 juta sesuai dengan ukuran dan bentuk fisiknya.

7. Iguana Madagaskar

Jenis Iguana Indonesia
Iguana madagaskar - pxfuel

Pada urutan ketujuh, kamu bisa menemukan jenis iguana yang dianggap asli Indonesia bernama madagaskar (chalarodon) yang juga banyak ditemukan di daerah Madagascar.

Tubuh iguana madagaskar lebih kecil dibandingkan dengan jenis iguana lainnya. Tapi, corak tubuhnya ini tetap tergolong sebagai jenis iguana yang eksotis dan banyak dikagumi. Sedangkan, untuk kamu yang ingin memeliharanya, kamu bisa menggunakan 2 jenis pakan yang berbeda, yaitu serangga dan rumput.

8. Iguana Badak

Jenis Iguana Badak
Iguana badak - lizards 101

Ingin pelihara iguana dengan tampang yang terlihat sangar dan gagah? Iguana badak atau iguana batu adalah jawabannya. Seperti pada namanya, iguana yang satu ini memang benar-benar memiliki tanduk layaknya badang pada kepalanya.

Meskipun makanan iguana badak adalah tumbuhan, dan tidak memakan daging sama sekali, jika dibandingkan dengan iguana lainnya, iguana asli Indonesia yang satu ini memiliki pertumbuhan badan yang jauh lebih besar.

9. Iguana Spiny-tailed

Jenis Iguana Yang Populer Di Indonesia
Iguana spiny tailed - repiles magazine

Iguana spiny-tailed (ctenosaura) secara mudah dapat dikenali dengan ciri fisiknya berupa duri-duri tajam yang berada di bagian punggung hingga ekornya. Jenis iguana ini sendiri umumnya mendiami kawasan yang kering dan panas.

Ukurannya bervariasi, mulai dari 25 cm hingga lebih dari 1 meter. Iguana spiny-tailed juga relatif berumur panjang hingga 25 tahun.

Untuk memelihara iguana spiny-tailed sebaiknya di lingkungan outdoor yang cukup sinar matahari. Dikarenakan populasinya semakin berkurang di alam liar, spesies iguana yang dapat dipelihara hanya yang berasal dari penangkaran saja.

10. Iguana Gurun

Jenis Iguana Asli Indonesia Gurun
Iguana gurun - tucson herp society

Sesuai dengan namanya, iguana gurun (dipsosaurus) merupakan spesies iguana yang memiliki habitat asli di kawasan kering dan umumnya berpasir. Iguana gurun banyak ditemukan di kawasan Amerika Serikat dan Meksiko.

Jenis iguana ini memiliki tubuh berukuran sedang, yakni dengan panjang sekitar 60 cm yang didominasi oleh bagian ekornya. Iguana gurun cenderung memiliki kepala berukuran kecil dan umumnya berwarna keabu-abuan.

Sebagai tempat persembunyian sekaligus tempat berteduhnya, iguana gurun sering berada di semak-semak creosote dan pepohonan.

Itu dia beragam jenis iguana lengkap dengan asal usulnya yang sering dianggap oleh banyak pemula sebagai jenis iguana asli Indonesia yang paling populer dan eksotis, dari yang termurah sampai yang paling mahal.

Semuanya bisa kamu dapatkan di berbagai toko hewan di Indonesia, atau di berbagai komunitas reptil Indonesia.

Ada jenis iguana lain yang menurut kamu cantik dan perlu dimasukkan ke dalam list di atas? Mari diskusi di kolom komentar dan bagikan artikel ini ke teman-teman kamu. Jangan lupa untuk baca artikel tentang reptil lainnya ya! Semoga bermanfaat!

VIDEO: Salah Pengertian, Emang Ada Jenis Iguana Asli Indonesia?

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Terbit: Selasa, 08 Desember 2020, 19:30 WIB
Update pada: Senin, 05 April 2021, 12:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Iguana
  • https://infobinatang.com/jenis-jenis-iguana/
  • https://jendralgaram.com/jenis-jenis-iguana/
  • https://uniquepetswiki.com/iguanas-for-the-starters/
  • https://www.hobinatang.com/2017/03/jenis-iguana-dan-harganya-terbaru.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar