Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Minggu, 23 Mei 2021, 17:00 WIB

5 Ciri Ciri Ular Air yang yang harus Diwaspadai Saat Bertemu

5 Ciri Ciri Ular Air yang yang harus Diwaspadai Saat Bertemu

ciri ciri ular air - rimba kita

Ini adalah ciri ciri ular air yang berbisa dan memiliki perbedaan dengan jenis ular darat, waspada dengan ciri ular berikut ini saat bertemu!

Sobat Pintar, apakah mengetahui tentang ular air? Mungkin sebagian dari Sobat Pintar akan berpikiran ular yang hidup di air.

Memang benar, tapi ternyata jenis ular air sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan ular yang hidup di darat.

Ada beberapa perbedaan ciri ciri ular air yang tidak begitu diketahui. 

Ciri Ciri Ular Air 

Ciri-ciri Ular Air
ciri-ciri ular air - wikipedia

Ular air atau bisa juga dikenal dengan nama Homalopsidae ini, tersebar di daerah sekitar Indonesia Australia dan juga sering disebut dengan ular lumpur serta terdiri dari 50 species.

Secara fisik, bentuk ular air ini memang sama dengan ular biasa, tapi terdapat ciri yang membedakan dari jenis ular yang banyak Sobat Pintar tahu.

Di bawah ini ada ciri dari ular air yang sudah Petpi rangkum:

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Ular lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Gaya Hidup Semi Akuatik

Ular air sendiri memiliki gaya hidup semi akuatik atau bisa dibilang dapat bertahan di darat dan air. Namun, ada beberapa jenis yang memang lebih banyak bergerak di darat.

Jika di Indonesia sendiri yang jenis ular air yang ditemukan adalah Ular Air Kelabu. Penyebarannya sendiri cukup banyak dan sering ditemukan di daerah sawah yang berlumpur. 

2. Bentuk Taring

Jika diperhatikan bentuk taring dari jenis ular air sendiri ini bertaring belakang. Di mana kebanyakan ular dengan taring ini memiliki bisa yang rendah. Tapi belakangan ditemukan beberapa jenis ular air yang mempunyai bisa tinggi.

Sebut saja ular laut yang biasanya dikenal sangat mematikan dan juga mampu membunuh manusia hanya dalam hitungan menit. 

Tapi beberapa jenis ular air seperti Ular Air Kelabu memiliki bisa yang terbilang rendah, di mana racunnya sendiri bisa membunuh kodok ataupun hewan akuatik lainnya dengan lebih cepat.

Namun, ketika bisa masuk ke tubuh manusia masih bisa diatasi bahkan tidak sampai mengakibatkan kematian. 

3. Lebih Sering Makan Invertebrata Akuatik

Seperti habitatnya yang juga semi akuatik, makanan dari ular yang satu ini sendiri biasanya adalah hewan invertebrata akuatik seperti kepiting atau kodok.

Namun, ular air juga bisa memakan ikan yang lebih sering didapatkan di dalam air. 

4. Memiliki Katup Hidung

Ciri ciri ular air selanjutnya adalah memiliki katup hidung. Katup pada hidung ular air sendiri berfungsi untuk melindungi pernafasan agar tidak terkena air.

Di mana katup ini akan keluar ketika ular sedang bergerak di dalam air dan akan terbuka ketika mereka menghirup oksigen ke atas air. Ciri yang ini hanya dimiliki oleh ular air, di mana jenis ular darat tidak memiliki katup hidung. 

5. Kebanyakan Habitat di Air Tawar

Sebagian dari ular air ini lebih bisa bertahan hidup di air tawar, di mana hanya sedikit sekali yang bisa hidup di air dengan kadar garam tinggi. Sebut saja ular laut yang memang bisa bertahan di lautan luas dekat karang dengan kadar garam yang cukup.

Kebanyakan ular air memang lebih sering ditemukan di tempat berlumpur. 

Nah, Sobat Pintar sekarang bisa mengetahui ciri ciri ular air yang ternyata memiliki perbedaan dengan jenis ular darat. Beberapa jenis ular air sendiri memiliki bentuk yang cukup mudah dikenal, tapi ada juga yang tidak begitu dikenal oleh banyak orang.

Di mana ciri paling utama dari ular ini adalah biasanya hidup dekat sekali dengan air, seperti sungai, sawah, danau ataupun karang dekat laut.

Kamu harus berhati-hati ya bertemu dengan ular air yang ciri-cirinya sudah disebutkan diatas agar tidak mengalami luka yang fatal apabila digigit.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Ular terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Homalopsidae
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ular-air_kelabu#:~:text=Ular-air%20kelabu%20atau%20juga%20disebut%20ular%20padi%20adalah,Snake%2C%20Rice%20Paddy%20Snake%2C%20atau%20Orange-bellied%20Mud%20Snake.
  • https://ularindonesian.blogspot.com/p/enhydris-plumbea.html
  • https://ularindonesian.blogspot.com/p/homalopsidae.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar