Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Minggu, 09 Mei 2021, 16:00 WIB

Deretan Makanan Kura-Kura Ambon yang Sehat dan Bergizi

Deretan Makanan Kura-Kura Ambon yang Sehat dan Bergizi

makanan kura kura ambon - pinterest

Makanan kura-kura ambon ada banyak pilihannya tergantung dari kesukaannya. Berikut deretan makanan kura kura ambon yang sehat dan bergizi tinggi

Sobat pintar, kura-kura ambon selalu menjadi pilihan yang menarik dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Karena perawatannya sangat mudah, dan yang terpenting adalah kura-kura tetap selalu bergairah untuk makan, sehingga membuat kura-kura akan tumbuh dan berkembang lebih besar.

Apalagi makanan kura-kura ambon yang satu ini tidak begitu sulit dan mudah untuk ditemukan. 

Kura-kura ambon termasuk hewan omnivora atau hewan yang memakan segalanya, tentunya akan lebih mudah proses perawatan dan pemeliharaannya.

Pada kesempatan kali ini PetPi akan memberikan beberapa penjelasan lengkap mengenai makanannya dan proses pemberian makanannya tersebut, yuk simak ulasannya secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Makanan Kura-Kura

Makanan Kura Kura Ambon
makanan kura kura ambon - thai national parks

Termasuk hewan yang paling banyak digemari dan populer di Indonesia membuat kura-kura selalu menjadi perhatian dan dilirik oleh para pecintanya.

Apalagi proses pemilihan makanannya pun tidak begitu sulit, pada artikel kali ini PetPi akan memberikan penjelasan lengkap mengenai jenis makanannya, yaitu :

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ikan 

Untuk rekomendasi makanan pertama yang bisa diberikan adalah ikan, ini termasuk makanan yang ada di habitat aslinya.

Nah, beberapa jenis kura-kura termasuk kura-kura ambon akan menyukainya dan terbilang aman untuk dikonsumsi. Untuk memberikannya, pilih saja ikan yang berukuran kecil atau anakannya, jangan pilih yang terlalu besar. 

Pilih saja ikan air tawar yang masih segar, hindari untuk memberikan ikan laut yang sudah dibekukan atau tidak segar lagi karena kurang bagus untuk pertumbuhannya.

Pada beberapa ikan laut yang beku mempunyai kandungan enzim yang tinggi, sehingga membuat kandungan vitamin B1 nya sudah tidak ada dan mempengaruhi tumbuh kembang kura-kura nantinya. 

2. Buah dan Sayuran Segar 

Kura-kura ambon termasuk dalam kategori hewan omnivora, sehingga makanan kura-kura ambon menyukai sayuran dan daging-dagingan.

Biasanya untuk kura-kura yang sudah berumur dewasa akan lebih menyukai memakan sayuran dan buah-buahan segar. Tetapi apabila kura-kura masih kecil lebih menyukai memakan daging. 

Untuk memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang pada kura-kura, tidak ada salahnya memberikan buah-buahan dan sayuran yang segar.

Karena akan memberikan kekuatan dan membuat pertumbuhan pada tempurung kura-kura akan semakin lebih kuat. Oleh karena itu, penting untuk memberikannya dan mencukupi nutrisinya. 

3. Jangkrik 

Rekomendasi makanan kura-kura ambon berikutnya adalah memberikan serangga atau jangkrik, karena kura-kura pada alam aslinya akan mengkonsumsi jenis makanan ini.

Hal ini tentunya makanan yang cocok untuk diberikan kepada kura-kura ambon. Pilih saja ukuran jangkrik yang kecil dan tidak terlalu besar yang lebih mudah untuk konsumsinya. 

Selanjutnya kamu bisa memilih untuk memberikan belalang, jentik nyamuk, semut dan beberapa jenis serangga lainnya.

Selain itu juga, kamu bisa memilih cacing beku atau cacing darah untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-harinya. Dalam tahap ini Anda tinggal menentukan dan mengkombinasikannya untuk diberikan. 

4. Cumi-Cumi 

Makanan yang disukai oleh kura-kura ambon selanjutnya adalah cumi-cumi, karena makanan jenis ini mengandung banyak kalsium.

Kandungan kalsium tersebut membuat tulang yang semakin kuat dan terhindar dari penyakit metabolik yang sering terjadi pada kura-kura. Oleh karena itu cumi-cumi atau sotong dapat menjadi pilihan. 

Pada alam aslinya, kura-kura sebenarnya sering memakan cangkang keong, cumi-cumi, dan banyak jenis lainnya.

Apabila untuk kebutuhan peliharaan, kamu bisa memilih dan membeli kebutuhan tersebut pada beberapa toko hewan. Dengan begitu kura-kura peliharaan Anda tetap sehat dan selalu cantik untuk dipandang. 

Sobat pintar, itulah penjelasan lengkap mengenai makanan kura-kura ambon yang dapat dipilih dan diberikan untuk hewan peliharaan kesayangan.

Demikianlah informasi dan penjelasan lengkapnya, semoga dapat bermanfaat. Jika ingin melihat informasi tentang reptil lainnya, kamu bisa cek di sini ya!

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://blog.kuranesia.com/nih-cara-memberi-makan-kura-kura-ambon-kecil/#:~:text=Artinya%20dia%20memakan%20tumbuh%2Dtumbuhan,%2C%20ulat%20hongkong%2C%20dan%20jangkrik.
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Amboina_box_turtle
  • https://www.merdeka.com/jatim/5-makanan-kura-kura-rekomendasi-yang-tepat-untuk-jaga-kesehatannya-kln.html?page=6

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar