Hari ini: Minggu, 14 Agustus 2022
Kamis, 09 Desember 2021, 10:00 WIB

Penuh Makna, Inilah 9 Arti Dari Posisi Tidur Kucing

Penuh Makna, Inilah 9 Arti Dari Posisi Tidur Kucing

posisi tidur kucing - pixabay

Beberapa posisi tidur kucing beserta artinya yang harus diketahui agar tidak lagi mengganggu kucing sedang tidur. Berikut penjelasan lengkapnya

Sobat Pintar, posisi tidur kucing sering kali membuat pemiliknya kebingungan. Tidak hanya tingkah lakunya saja yang unik namun posisi tidur nya juga unik.

Memang sebagian dari hidup kucing hanya dihabiskan untuk tidur. 

Dikutip dari Sleep, waktu tidur kucing ini rata-rata mencapai 15 jam, dan untuk waktu istirahat keseluruhannya sampai 20 jam sehari. Hal tersebut yang membuat manusia iri kepada kucing.

Lalu, faktanya juga ternyata posisi kucing tidur ini mempunyai berbagai macam arti, lho. Kucing sering memberikan “kode” tertentu dengan cara mereka tidur. Ingin tahu lebih dalam tentang kucingmu? Mari kenali posisi tidur kucing beserta artinya berikut ini. 

Berbagai Arti Posisi Saat Kucing Tidur

Arti Posisi Tidur Kucing
arti posisi tidur kucing - pixabay

Hewan menggemaskan yang satu ini merupakan makhluk soliter. Namun, saat ia sedang merasakan suasana hati yang baik, ia benar-benar bisa menjadi bola bulu yang lucu sekali.

Tentu saja bisa membuat para pecinta kucing ini terpesona dengannya. Ternyata, perilaku dan bahasa tubuhnya dapat mengungkapkan berbagai hal mengenai perasaan mereka lho. 

Berikut ini terdapat sejumlah posisi tidur kucing yang dapat mengungkapkan suasana hati mereka.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Kucing lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Tidur Meringkuk

Gaya tidur ini menjadi salah satu posisi yang disukainya untuk bersantai maupun tidur. Tubuhnya meringkuk, kepala dipeluk ke bagian dada, dan ekornya menekuk sampai hampir melingkari badannya. Sering sekali, ia meringkuk ketika cuaca sedang dingin atau hujan. 

Kenapa kucing tidur meringkuk? Ternyata posisi tidur ini digunakan oleh mereka untuk menghangatkan tubuh serta melindungi organ di dalam tubuhnya yang rapuh.

Ketika ia sedang di posisi ini, lebih baik jangan kamu ganggu, ya. Karena meringkuk merupakan cara kucing memberikan “kode” supaya ia tidak diganggu dan dibiarkan sendiri. 

Dengan meringkuk ini juga menunjukkan jika kucing ini merasa sangat bahagia dan senang. Posisi ini membantunya untuk menghemat energi yang harus dikeluarkannya untuk pendinginan atau pemanasan. 

2. Tidur dalam Kardus

Kardus menjadi salah satu tempat favorit kucing untuk tidur. Pada siang hari yang panas maupun pada malam hari, ia akan masuk ke dalam box untuk tidur.

Saat ia melakukan hal ini, sudah pasti kamu akan mengabadikannya dengan kamera handphone karena sangat menggemaskan. 

Dan apa yang ingin diberitahu kucing dengan cara ia memilih posisi tidur seperti itu?

Dikutip dari iHeart Cats, jawaban kenapa kucing tidur dalam kardus karena box atau kardus bisa membuatnya lebih nyaman dan aman. Posisi tidur ini juga bertujuan supaya ia tidak terganggu dengan suara berisik yang ada di dalam rumah atau ruangan. 

3. Tidur seperti Roti

Kamu mungkin heran dengan kenapa kucing tidur dengan posisi seperti roti, bukan?

Sebenarnya posisi tidur kucing ini merupakan keadaan dimana sebenarnya mereka tidak sepenuhnya terlelap. Ia akan menekuk kaki bagian depan ke dalam tubuh tetapi masih dalam keadaan tegak dengan mata tertutup. 

Nah, arti dari posisi tersebut itu merupakan cara kucing yang sedang menyimpan energi dan merilekskan tubuhnya. Meskipun demikian, indranya akan selalu siaga.

Apabila saat terjadi ancaman yang mendekat atau kamu membuat suara, maka ia langsung akan bertindak. 

4. Tidur Melengkung

Memang jika dilihat posisi tidur melengkung ini sangat nyaman dan aman untuk kucing. Tetapi kenapa kucing tidur melengkung? Ternyata ia sedang merasakan bahaya dan berupaya untuk melindungi area tubuh yang dianggap rentan.

Kucing akan menyembunyikan perutnya dan ekor yang melingkari tubuhnya. Posisi tubuh ini juga bisa jadi untuk menjaga suhu tubuh kucing menjadi lebih baik. Jadi, ini merupakan pilihan yang tepat ketika cuaca dingin. 

5. Tidur Telentang

Banyak juga kita menemukan posisi tidur kucing yang aneh, seperti telentang. Dada, perut, sampai wajahnya menghadap ke atas semua seperti mereka tidak mempunyai beban yang berat di dunia ini. 

Lantas mengapa kucing tidur telentang? Nah, ternyata posisi tidur ini tidak menjadi posisi yang disukai kucing sebab perut kucing merupakan area yang sensitif sekali.

Anggap saja kamu beruntung saat melihat kucingmu tidur telentang dengan tidak ada keraguan sedikitpun. Hal ini berarti kamu tidak menjadi ancaman untuk nya dan ia nyaman berada di dekatmu. 

6. Tidur dengan Mata Sedikit Tertutup

Kucing akan siap bereaksi dengan cepat untuk apa saja yang terjadi di sekeliling nya, sehingga ia harus melawan keinginannya untuk terlelap dan menemukan posisi ternyaman untuk bersantai namun tetap berwaspada.

Apabila kucing tidur dengan salah satu mata yang tertutup, berarti sebagian dari otak nya sedang tidur dan lainnya tetap waspada akan keadaan sekitar. 

7. Tidur dengan Posisi Miring

Posisi tidur kucing ini menjadi posisi favorit kucing karena ia merasa nyaman dan aman. Jadi ia tidak perlu untuk melindungi organ tubuhnya. Kucing ini mungkin saja tidur lelap dan tidak mempunyai kecemasan dalam pikirannya.

Kucing yang tidur dengan posisi miring biasanya mempunyai hubungan emosi sangat kuat dengan pemiliknya dan tidak takut untuk memperlihatkan kepercayaan nya. 

8. Posisi Menyembunyikan Wajah

Kadang-kadang kucing tidak ingin diganggu dan posisi ini menjadi tanda pasti jika kamu lebih baik tidak mengganggu nya.

Apabila ia mencoba untuk menutupi kepalanya dengan benda lain atau kain dan terlihat kesal sekali saat kamu menyentuhnya, berarti ia saat ini sedang ingin mengalami ketenangan dan kedamaian saja.

9. Tidur dengan Tubuh Meregang

Apa kamu pernah melihat kucing tidur dengan posisi tubuh meregang? Posisi ini normal sebab ia sedang menunjukkan jika ia memang baik-baik saja.

Tidur dengan posisi seperti ini juga bisa diartikan jika kucing benar-benar nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak. Dalam keadaan ini, ia akan sangat sulit dibangunkan. Oleh karena itu, jangan dibangunkan, ya! 

Itulah dia beberapa posisi tidur kucing yang sering dilakukan beserta dengan artinya. Nah sobat pintar, kucingmu lebih senang tidur dengan posisi seperti apa nih? 

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Kucing terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/izza-namira-1/arti-beberapa-posisi-tidur-kucing/7
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4190554/coba-perhatikan-6-posisi-tidur-yang-ungkap-suasana-hati-kucing
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar