Hari ini: Senin, 01 Maret 2021
Jumat, 01 Januari 2021, 16:00 WIB

Daftar Jenis Ikan Kerapu Laut Paling Terkenal di Indonesia, Pada Mau Makan?

Daftar Jenis Ikan Kerapu Laut Paling Terkenal di Indonesia, Pada Mau Makan?

Daftar jenis ikan kerapu - wikipedia

Salah satu ikan yang terkenal di beberapa rumah makan untuk diolah adalah ikan kerapu. Nah, berikut ini adalah jenis ikan kerapu yang enak untuk dimakan

Negara Kesatuan Republik Indonesia terkenal dengan beragam flora dan faunanya dari sabang hingga merauke. Keindahan alam dan keanekaragaman hayati adalah keunggulan dari negara kita.

Salah satunya dengan keragaman fauna laut yang tidak ada habisnya. Salah satu fauna laut yang menjadi unggulan Indonesia adalah Ikan.

Ikan sudah menjadi kebutuhan utama terutama para nelayan yang tinggal di pesisir Indonesia. Selain bisa dikonsumsi, ikan laut juga bisa dijual kembali dengan harga yang mahal.

Salah satu ikan laut yang paling banyak diburu adalah ikan kerapu. Walaupun hidup di laut yang dangkal, namun ikan kerapu juga diburu oleh manusia untuk dimakan karena rasanya yang enak.

Padahal pada habitat aslinya, ikan kerapu menjadi salah satu predator paling besar di dunia lho. GIginya yang tajam serta rongga mulut yang bisa lebar menjadi kekuatan bagi ikan kerapu.

Nah, kali ini PetPi akan kasih tau kamu jenis ikan kerapu yang paling terkenal di Indonesia. Kira-kira gimana ya bentuk kerapu yang enak untuk dimakan itu? Yuk cek simak artikel berikut ini.

Daftar Jenis Ikan Kerapu

Ikan Kerapu memiliki keunggulan karena rasa dagingnya yang cukup enak, apalagi jika kamu bisa mengolahnya dengan enak. Tak heran, jika ikan kerapu banyak sekali diminati oleh orang Indonesia.

Terlebih lagi, ikan ini bisa dikembangkan sebagai satu komoditas dengan ekonomi berskala besar. Yuk kenalan dengan jenis ikan kerapu berikut ini.

1. Kerapu Macan

Jenis Ikan Kerapu
Kerapu Macan - reefnews

Kerapu yang pertama yang wajib kita kenal adalah kerapu macan. Kenapa wajib? Karena kebanyakan kerapu yang dijual di pasaran sebagai makanan adalah kerapu ini.

Kerapu macan mempunyai motif seperti macan tutul dengan kombinasi warna hitam dan kuning. Sisik mengkilap dan bermotif loreng juga menjadi ciri khas ikan kerapu macan ini.

Meskipun banyak diolah menjadi makanan, nyatanya kerapu ini justru bertambah jumlahnya. Hal itu dikarenakan banyak nelayan yang sudah membudidayakan ikan kerapu ini untuk dijual kembali. Ukuran tubuh kerapu ini mencapai kurang lebih 15 - 25 cm.

Baca Juga: 13 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dan Mudah Dipelihara di Akuarium

2. Kerapu Batik

Jenis Ikan Kerapu
Kerapu Batik - dictio

Selanjutnya ada kerapu batik. Ikan ini memiliki warna coklat pucat yang terdapat di badan sampai siripnya. Meski sekilas terlihat seperti belut listrik, namun karakter badan juga habitat kerapu ini berada di laut yang dalam.

Potensi budidaya dari kerapu ini sangat tinggi bahkan bisa menjadi nilai ekonomi yang sangat baik bila dikembangkan.

Sayangnya, ikan kerapu ini membutuhkan waktu yang lama untuk dipanen. Sekitar 8 bulan untuk meraih keuntungan dari ikan kerapu ini.

Para nelayan banyak yang mulai membudidayakan kerapu ini karena rasa dagingnya yang enak dan empuk.

3. Kerapu Kertang

Jenis Ikan Kerapu Laut
Kerapu Kertang - Wikipedia

Ikan kerapu ini memiliki warna yang berbeda dari biasanya. Ikan kerapu kertang sangat populer dengan ciri khas yang berwarna kuning. Terdapat motif bulatan hitam kecil di sekujur tubuhnya yang membuat kerapu ini menjadi lebih menarik.

Lagi-lagi ikan kerapu memang sangat juara apabila kamu memasak dengan benar. Ikan kertang termasuk ikan kerapu yang sangat lezat untuk dimasak.

Ikan kerapu ini mempunyai habitat di laut dangkal. Panjang tubuh ikan kerapu ini mencapai 50 cm, cukup besar untuk ukuran ikan kerapu yang bisa dimakan. Ikan kerapu kertang juga menjadi salah satu ikan kerapu yang banyak ditemui di restoran seafood terdekat.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG IKAN?
Cari info Ikan terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

4. Kerapu Tikus

Jenis Ikan Kerapu Mahal
Kerapu Tikus - minapoli

Salah satu jenis ikan kerapu yang juga cukup banyak ditemukan di Indonesia adalah ikan kerapu tikus. Habitat aslinya memang banyak dijumpai disekitar Australia, Jepang dan sekitar perairan Indonesia.

Karakter dari kerapu ini memang mirip sekali tikus dari sisi wajahnya. Maka dari itu ikan ini dinamakan dengan ikan kerapu tikus.

Harga dari kerapu tikus ini cukup tinggi di pasaran. Rasa dagingnya pun cukup enak yang membuat ikan kerapu ini menjadi ikan yang cukup banyak diburu oleh orang.

Bayangkan saka, untuk harga 1kg ikan kerapu ini dibanderol dengan harga Rp 420.000.

5. Kerapu Kustang

Nah kerapu jenis ini adalah hasil dari perkawinan silang antara kerapu kertang dan kerapu tikus.

Hasilnya bisa kita lihat sendiri tekstur dan warna dari kerapu kustang ini cenderung berwarna hijau lumut dengan corak hitam yang melebar di sekujur tubuhnya. Ukuran ikan kerapu kustang ini cukup besar bisa mencapai 50 cm.

Jika diolah menjadi makanan, ikan kerapu in memiliki rasa yang mirip dengan kerapu tikus. Karena tekstur dagingnya yang lembut dan cukup lezat, maka ikan kerapu kustang terbilang cukup mahal di pasaran.

Terlebih lagi juga dia keturunan ikan kerapu tikus yang harganya cukup mahal. Ikan kerapu kustang ini sangat cocok untuk dijadikan komoditas bisnis yang menjanjikan. Bayangkan saja, ikan ini bisa dijual per kilonya sekitar Rp 400.000.

Baca Juga: Berkenalan dengan 23 Jenis-jenis Ikan Air Tawar Populer di Indonesia

6. Kerapu Sunuk

Jenis Ikan Kerapu Yang Enak
Kerapu Sunuk - wikipedia

Menurut PetPi, ini adalah ikan kerapu yang paling cantik yang pernah PetPi lihat. Kebanyakan kerapu berbentuk cukup aneh dan berwarna yang tidak terang, namun ikan kerapu sunuk ini mempunyai warna yang terang.

Itulah mengapa ikan ini sangat mudah untuk dikenali di lautan karena warnanya yang merah terang dengan bintik hijau tosca disekujur tubuhnya.

Walaupun ikan ini mudah sekali terlihat, namun pada kenyataannya ikan kerapu sunuk sangat sulit untuk ditemukan di habitatnya.

Maka dari itu untuk membudidayakan ikan sunuk juga cukup sulit karena mencari bibit yang bagus untuk dibudidayakan juga sulit. Tak heran jika ikan kerapu sunuk juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sekitar Rp 375.000.

7. Kerapu Cantang

Jenis Ikan Kerapu Cantang
jenis ikan kerapu cantang - png image

Ada lagi ikan kerapu dengan bentuk dan warna tubuh yang cukup unik. Ikan ini bernama ikan kerapu cantang.

Meskipun memang tidak terlahir lamai, ikan kerapu cantang adalah salah satu bukti inovasi bahwa persilangan antara jenis ikan kerapu macan dan kerapu kertang bisa menghasilkan jenis ikan kerapu baru.

Maka dari itu, kamu bisa lihat ikan kerapu ini memiliki ciri khas warna kulit yang coklat kehitaman dengan corak garis melintang di seluruh badannya. Bagian yang menjadi ciri khas ikan kerapu ini juga terdapat pada mulut ikan kerapu.

Terdapat gigi berderet dua baris yang ditambah lagi di ujung setiap giginya mempunyai gigi yang lancip dan siap mengoyak daging mangsanya. Kamu bisa mendapatkan ikan kerapu ini dengan harga Rp 300.000 saja, cukup murah bukan?

8. Kerapu Muara

Jenis Ikan Kerapu Muara
jenis ikan kerapu muara - wikipedia

Jenis kerapu muara juga cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas karena kualitas dagingnya yang lumayan enak.

Sesuai dengan namanya, habitat asli kerapu muara terdapat di antara pantai dan daerah hutan bakau. Sebagian dari spesies kerapu muara juga dapat hidup di terumbu karang, sampai laut dangkal.

Bila dibandingkan dengan kerapu kertang, bentuk kerapu muara hampir mirip. Namun yang membedakannya adalah dari warna kulitnya. Kerapu muara cenderung berwarna coklat karena hidupnya berada pada laut yang dangkal.

Namun kamu perlu mengetahui bahwa kerapu muara ini cukup sulit untuk dibudidayakan, maka dari itu untuk mendapatkannya memang agak sulit karena ia harus benar-benar hidup di habitat aslinya dengan menggunakan air asin.

Daftar Jenis Ikan Kerapu Lainnya

  • Kerapu Nipah
  • Kerapu Giant Grouper
  • Kerapu Air Tawar
  • Kerapu Merah
  • Kerapu Koko
  • Kerapu Nassau
  • Kerapu Sendok

Itulah dia beberapa jenis ikan kerapu laut yang populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi jenis ikan kerapu yang ada di perairan. Namun ikan kerapu di atas adalah yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Sekian artikel jenis ikan kerapu dari PetPi, semoga bermanfaat ya!

Terbit: Selasa, 20 Oktober 2020, 19:30 WIB
Update pada: Jumat, 01 Januari 2021, 16:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Grouper
  • https://fishingbooker.com/blog/types-of-grouper-in-florida/
  • https://www.hewan.id/ikan/jenis-ikan-kerapu.html
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar