Hari ini: Kamis, 16 September 2021
Selasa, 11 Mei 2021, 16:00 WIB

4 Ciri-Ciri Ular Kobra atau Berbisa yang Ada Di Sekeliling Rumah

4 Ciri-Ciri Ular Kobra atau Berbisa yang Ada Di Sekeliling Rumah

ciri ciri ular kobra - nature

Ciri-ciri ular kobra memiliki beberapa bentuk dan identifikasi yang berbeda pada umumnya, sehingga perlu berhati-hati. Berikut ciri yang harus diwaspadai

Sobat pintar belakangan ini lagi heboh mengenai ular berbisa yang sering berada pada pemukiman warga. Hal ini tentunya menimbulkan berbagai kekhawatiran dan ketakutan bagi para warga yang menemukannya.

Nah, kesempatan kali ini kami mencoba memberikan informasi mengenai ciri-ciri ular kobra

Pada dasarnya ular itu takut dengan manusia, tetapi karena habitat aslinya sudah tergerus dan terpaksa banyak ular hidup di dekat pemukiman warga.

Sehingga menyebabkan sobat perlu berhati-hati dalam bertindak. Jika sobat ingin memahami beberapa ciri-ciri dari ular berbisa, berikut ini penjelasan lengkapnya secara menyeluruh. 

Ciri-Ciri Ular Kobra dan Berbisa yang Harus Diwaspadai

Ciri Ciri Ular Kobra
ciri ciri ular kobra - wildlife removal usa

Ada beberapa ciri yang perlu sobat pahami secara menyeluruh untuk mengenali ciri-ciri dari ular berbisa secara lengkap. Jika salah dalam penanganan dan terkena gigitannya dapat menyebabkan tubuh mengalami lumpuh dan mematikan organ pada tubuh.

Berikut ini kami memberikan beberapa cirinya secara menyeluruh, simak ulasan lengkapnya. 

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Bentuk Kepala Ular 

Untuk memahami kalau itu termasuk golongan ular berbisa atau bukan dapat sobat pahami dari bentuk kepalanya.

Hal ini menjadi ciri yang paling sederhana untuk memahami bentuk ularnya, sehingga membuat sobat lebih antisipasi dan hati-hati dalam penangannya dan tidak sembarangan untuk asal menangkapnya. 

Biasanya ular yang berbisa itu memiliki bentuk kepala yang segitiga, tetapi ada juga beberapa bentuk kepalanya yang berbentuk oval dan bulat.

Tetapi jika ular kobra rata-rata memiliki bentuk kepala segitiga dan apabila terancam akan membuat lehernya mengembang yang membuat sobat perlu jaga jarak dan hati-hati menghadapinya. 

2. Terdapat Taring 

Selanjutnya ciri-ciri dari ular kobra itu memiliki taring yang panjang, karena melalui taringnya inilah ular kobra akan menyemprotkan bisa nya.

Pada taringnya itu terdapat lubang yang berfungsi ketika ular menggigit mangsanya langsung dari kelenjar menuju rahang belakang yang berada pada bagian tulangnya dan berotasi. 

Apabila ular tersebut sudah bersiap untuk melakukan serangan, maka taringnya akan langsung berputar dan mampu mencapai 180 derajat mengarah ke depan.

Sehingga jika sobat menemukan ular dalam kondisi seperti itu lebih baik untuk langsung berhati-hati dan jangan sembarangan mendekatinya, karena akan berbahaya untuk didekati. 

3. Perilaku Ular Berbisa 

Kebanyakan ular yang memiliki bisa akan bersikap lebih tenang, tidak memiliki gerakan, dan tingkahnya kalem atau dingin.

Apabila sobat mengganggunya akan menyebabkan ular berbisa akan langsung menyerang tanpa ada peringatan. Hal inilah sobat perlu untuk terus mengantisipasi dan jangan sampai kecolongan karena bisa menimbulkan resiko yang fatal nantinya. 

Apalagi jika sobat menemukan ular kobra, jenis ular kobra ini akan langsung mengangkat kepalanya dan langsung menembangkan sayap di lehernya.

Bahkan, pada bagian pipinya langsung terlihat lebih pipih seperti permukaan sendok. Hal ini dilakukan untuk membuat musuh nya takut dan jika terlihat melawan sang ular langsung menyemprotkan bisanya. 

4. Warna Ular Berbisa 

Jika sobat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ciri ular kobra atau berbisa itu bisa melihat dari warna kulitnya.

Biasanya ular berbisa akan terlihat lebih berwarna dan mencolok berbeda dibandingkan dengan warna pada ular yang tidak berbisa pada umumnya. Namun khusus untuk ular kobra, akan lebih sering ditemukan dengan warna hitam legam yang khas dan mencolok.

Tindakan ini menjadi pengetahuan mendasar supaya sobat akan terus hati-hati dan waspada, apabila menemukan ular dekat pemukiman langsung menghubungi pihak berwenang untuk mendapatkan pertolongan. 

Sobat pintar itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri ular kobra atau berbisa yang dapat dipahami secara bersama-sama, semoga sobat mendapatkan pengetahuan yang bisa menjelaskan semuanya secara menyeluruh.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Tim PintarPet tidak bertanggung jawab atas cidera, kematian, kerusakan atau kerugian langsung maupun tidak langsung, materiil dan immateriil yang disebabkan oleh informasi yang kami berikan. Untuk informasi dan tindakan lebih lanjut, sebaiknya kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter hewan terdekat.

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://hot.liputan6.com/read/4150389/ciri-ciri-ular-berbisa-dan-jenisnya-yang-perlu-diwaspadai
  • https://radarsolo.jawapos.com/read/2019/12/24/171593/waspadai-kobra-kenali-cirinya-warna-sisik-ular-berbisa-lebih-cerah
  • https://www.itb.ac.id/news/read/57367/home/pakar-reptil-itb-kemukakan-ciri-ciri-ular-berbisa

Tentang Penulis

Saya adalah lulusan Sarjana Kedokteran Hewan (S.K.H) UNAIR 2021 yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, hamster dan juga hewan peliharaan lainnya. Saat ini saya sedang mengikuti program Co-Asst Gelombang 36 UNAIR 2021.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar