Hari ini: Kamis, 29 Juli 2021
Sabtu, 09 Januari 2021, 10:00 WIB

Jangan Panik! Ketahui 8 Ciri-ciri Ada Ular di Rumah Agar Bisa Ditangkap

Jangan Panik! Ketahui 8 Ciri-ciri Ada Ular di Rumah Agar Bisa Ditangkap

ciri-ciri ada ular di rumah - pikist

Merasa ada tanda-tanda aneh yang terjadi di rumah? Segera cari tau ciri-ciri ular ada di rumah untuk mendeteksi keberadaannya agar lebih waspada

Meski tidak semua spesies ular berbisa dan berbahaya bagi kehidupan manusia, tentu sangat menakutkan bila ada ular masuk ke dalam rumah tanpa sepengetahuan kamu. Untuk itu, kamu harus segera mengetahui ciri-ciri ada ular di rumah sedini mungkin.

Apapun jenis ular yang telah memasuki rumah kamu, segera ketahui dan buang mereka dengan menggunakan langkah-langkah yang benar. Simak lebih lanjut artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut ciri-ciri ada ular di rumah.

8 Ciri-ciri Ada Ular di Rumah Dilihat dari Suara, Jejak, dan Kotorannya

Ciri Ciri Ular Dirumah
ciri ular ada di dalam rumah - petpintar

Tidak peduli seberapa beraninya diri kamu menghadapi segala macam jenis ular yang ada di dunia, kamu tetap harus mengetahui tanda-tanda keberadaannya dengan baik.

Hal ini mengingat adanya saudara dan anggota keluarga kamu yang lain yang mungkin saja takut dan tidak mengerti bagaimana cara menghadapi ular.

Ketahui tanda atau ciri-ciri ada ular di rumah melalui daftar artikel berikut ini.

Follow Instagram @PintarPet untuk lebih tahu tentang Reptil lainnya!
>> FOLLOW DISINI

1. Ada Sisik Ular yang Rontok

Ular merupakan hewan reptil yang mempunyai kemampuan untuk mengelupaskan kulitnya ketika tubuhnya mulai membesar. Mereka mengganti kulitnya tersebut sekitar 4 - 8 kali dalam satu tahun.

Mungkin saja ketika mereka berada di rumah kamu, mereka sedang mencari tempat persembunyian. Oleh sebab itu, perhatikan setiap lingkungan sekitar rumah kamu, terutama di tempat yang kedap cahaya untuk memastikan apakah ada sisik ular yang rontok di sana.

2. Tikus Tiba-tiba Hilang secara Misterius

Hampir setiap rumah dihinggapi oleh tikus got yang suka mencuri makanan dan mengganggu kehidupan keluarga yang tinggal di sana. Jika kamu merasa ada yang aneh dan khawatir ada ular di rumah, mulailah dengan melakukan pengecekan adanya keberadaan tikus di rumahmu.

Jika kamu mengamati secara misterius tidak ada tikus lagi sama sekali di rumahmu padahal kamu tidak memasang perangkap apapun. Waspadalah keberadaan ular tersebut. Segera lakukan penyisiran pada setiap sudut rumah dan jauhkan anggota keluarga yang lain.

3. Ada Jejak Ular Merayap

Ular adalah hewan melata yang mana berjalan dengan cara merayap. Ini bisa digunakan sebagai pembantumu menentukan apakah benar-benar ada ular atau tidak.

Area yang biasanya meninggalkan jejak ular merayap biasanya adalah area yang berdebu, tanah, ataupun rerumputan. Cek secara teliti pada setiap bagian yang memiliki kondisi seperti ini.

Bila perlu, siapkan jebakan ular yang sekarang ini sudah banyak dijual di beberapa toko online di Indonesia. Jebakan ini efektif untuk mengusir ular sebelum mereka bertelur atau terlalu nyaman tinggal di rumah kamu.

4. Terdengar Suara Mendesis yang Aneh di Ruang Gelap dan Sempit

Ciri Ciri Ular Dirumah
terdengar suara mendesis - petpintar

Suara tidak terduga yang berasal dari area lantai di ruang yang gelap dan sempit mengindikasikan keberadaan ular, karena mereka cenderung hewan yang suka mencari tempat kecil, gelap dan lembab untuk bersembunyi ataupun bertelur.

Perhatikanlah setiap tempat ini, seperti loteng, bawah tanah, lorong dan kamar mandi yang sudah jarang digunakan. Berhatilah-hatilah ketika kamu melakukan pengecekan, dan sediakan alat pengaman agar kamu terhindar dari gigitan mereka.

Siapa yang menyangka kalau ular yang masuk adalah jenis yang berbisa dan membahayakan.

5. Tercium Bau Asing

Ular memiliki bau yang sangat khas dari tubuh dan mulutnya. Ini bisa menjadi hal utama yang bisa kamu perhatikan untuk melihat ciri-ciri ada ular di rumah.

Perhatikan setiap ruang sempit tadi sambil merasakan datangnya bau yang menyengat tersebut. Tetap tenang dan sediakan alat pengaman agar kamu terhindar dari serangannya, seperti kain yang tebal pada setiap tubuhmu.

6. Ada Kotoran Ular di Lantai

Ular adalah hewan melata yang menyimpan kotorannya di dalam tubuh untuk menambah berat badan mereka. Sesekali, kotoran tersebut akan mereka keluarkan ketika mereka menemukan tempat yang nyaman untuk bersembunyi.

Perhatikan gambar di atas untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri, bau dan karakteristik kotoran ular. Bila kamu menemukannya, segera sisir ruang yang bisa dijadikan tempat persembunyian ular.

Bila perlu, lakukanlah pengecekan dengan orang yang berani dan lengkap dengan peralatan pengaman.

7. Ketahui Area Rumah yang Sering Ditempati Ular

Ular tidak serta merta masuk ke dalam rumah kamu. Mereka akan memilih jalur yang dirasa aman dan terhindar dari keramaian. Waspadai 5 tempat favorit persembunyian ular berikut ini.

  • Saluran air
  • Pepohonan lebat
  • Semak belukar
  • Pojokan taman rumah
  • Tumpukan bebatuan
  • Tabung gas besar
  • Kolam ikan

8. Kucing atau Anjing Tiba-tiba Bertingkah Aneh

Kucing atau anjing adalah hewan teritorial (mengamankan wilayahnya) ketika ada hewan asing yang masuk ke dalam lingkungannya. Bersyukurlah bagi kamu yang memelihara kucing ataupun anjing di dalam rumah.

Karena, anjing dan kucing yang melihat adanya ular di dalam rumah akan bertingkah aneh dengan memperhatikan satu sisi pojokan dan bergerak layaknya akan memangsa seekor hewan.

Bahkan, beberapa di antara anjing dan kucing bisa melaporkan hal ini kepada kamu ketika mereka melihat ular melalui gaya komunikasi mereka masing-masing, entah itu mengeong ataupun menggonggong. Cobalah peka untuk kondisi ini, ya.

Jenis Ular yang Biasanya Sering Masuk Rumah

Di Indonesia, masih banyak masyarakat yang memang tinggal berdekatan dengan habitat dari beberapa ular, bahkan bisa jadi kita tinggal dekat dengan habitat ular berbisa.

Nah, entah karena kondisi lingkungan atau iklim yang mempengaruhi, terkadang banyak ular yang mencari makan hingga ke pemukiman warga.

Berikut ini ada beberapa ular di Indonesia yang sering masuk ke pemukiman warga.

1. Ular Welang

Jenis Ular Yang Ada Di Rumah
ular welang - detik

Ular welang merupakan salah satu ular berbisa yang sering masuk ke areal pemukiman warga. Walaupun jenis bisa yang dimiliki oleh ular welang ini adalah neurotoxin, namun peneliti LIPI mengatakan bahwa bisa ular ini lebih mematikan dibanding ular cobra.

Neurotoxin menyerang saraf dengan gejala awal seperti mual, pusing sampai mengakibatkan kelumpuhan.

Ular welang mempunyai kulit bergaris-garis kuning dan hitam dengan memiliki panjang sekitar 2-3 meter. Makanan dari ular welang ini sendiri adalah katak dan tikus.

Namun, jika tidak ada makanan, ular ini terkenal sering memangsa spesiesnya sendiri. Waspada jika ada ular dengan ciri-ciri seperti ini masuk ke dalam rumah karena bisa nya sangat berbahaya.

2. Ular Tanah

Jenis Ular Yang Sering Masuk Ke Rumah
ular tanah - ular indonesian

Sebagian orang yang tinggal di daerah persawahan atau dekat dengan hutan dan kebun kosong pastinya pernah melihat ular tanah ini di dekat pemukiman mereka.

Ular ini biasanya hidup berjalan di tanah dengan mengkamuflase kan dirinya dengan dedaunan kering yang jatuh ke tanah.

Banyak kasus dari beberapa warga yang mengatakan bahwa ular ini juga sering masuk ke dalam rumah mereka.

Ular tanah tidak memiliki ukuran yang panjang, panjangnya hanya sekitar 80 cm saja. Namun, hal ini tetap harus diwaspadai karena ular tanah mempunyai bisa yang sifatnya hemotoxin alias merusak sel darah merah.

Tidak heran banyak kasus beberapa petani atau pekerja di kebun kehilangan nyawanya akibat tergigit oleh ular tanah. 

3. Ular Weling

Ular Berbisa Yang Sering Masuk Kerumah
ular weling - detik

Selanjutnya ada lagi salah satu ular yang sering masuk ke dalam rumah. Namanya ular weling. Ular weling ini sering dianggap sama dengan ular welang.

Faktanya ini adalah kedua ular yang berbeda. Weling lebih sering hidup di area pemukiman warga yang berdekatan langsung dengan kebun yang luas.

Makanan dari ular weling juga tidak jauh berbeda dengan ular welang. Ular ini cenderung lebih pasif ketimbang ular welang.

Namun jangan sesekali kamu mendekatinya, karena ia sama-sama memiliki bisa neurotoxin yang bisa membuat manusia meninggal setelah digigit ular ini.

Itu dia tadi 8 ciri-ciri ada ular di rumah yang harus kamu ketahui sedini mungkin, terutama bagi kamu yang hidup di lingkungan persawahan dan pedesaan.

Bukan tidak mungkin daerah perkotaan tidak ada ular. Namun, daerah ini biasanya lebih rawan dan populasi ularnya sedikit lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan area rumah yang sudah mulai kotor, lembab dan tidak pernah digunakan lagi. Tempat-tempat ini menjadi sarang favorit bagi ular yang nyasar dan ingin menemukan tempat persembunyian yang aman.

Jika kamu suka dengan artikel PintarPet, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @pintarpet untuk tahu informasi tentang Reptil terbaru lainnya!

Terbit: Senin, 28 September 2020, 16:00 WIB
Update pada: Sabtu, 09 Januari 2021, 10:00 WIB

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • http://blacksnakeproductions.com.au/telltale-signs-that-you-have-a-snake-in-your-home/
  • http://www.snake-removal.com/house.html
  • https://adiospestcontrol.com/are-snakes-nesting-on-your-property/
  • https://www.houzz.com/discussions/2358323/signs-of-snake-s-in-house
  • https://www.merdeka.com/peristiwa/3-jenis-ular-ini-sering-masuk-ke-rumah-hati-hati.html
  • https://www.quora.com/How-do-I-know-if-a-snake-is-hiding-in-my-house-Is-there-any-signs-to-look-out-for-in-home-or-in-yard
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, kelinci dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar