Hari ini: Minggu, 28 Februari 2021
Jumat, 23 Oktober 2020, 19:30 WIB

Berbahaya! Ini Jenis Ular Viper yang Paling Mematikan di Dunia

Berbahaya! Ini Jenis Ular Viper yang Paling Mematikan di Dunia

Jenis ular viper - pinterest

Bagi pemula jangan sekali-sekali untuk memelihara ular jenis ini deh. Berikut ini daftar jenis ular viper yang paling berbahaya dan mematikan di dunia

Ular merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang mampu menyita banyak mata pecinta reptil yang ada di Indonesia.

Di zaman sekarang ini banyak sekali pecinta reptil yang memelihara dan malah membudidayakan ular untuk lahan bisnis mereka. Terdapat banyak jenis ular ternyata bisa kita pelihara.

Ular-ular yang dipelihara ini sudah seharusnya adalah ular yang tidak berbahaya bagi manusia. Contohnya seperti ular phyton yang mungkin banyak yang menjadi peminatnya saat ini.

Tapi masih banyak juga pecinta reptil ini yang memelihara ular berbisa. Salah satunya adalah jenis ular viper atau ular tanah yang bisanya salah satu paling mematikan di dunia.

Jenis ular viper ini cukup beragam, ada yang dari wilayah afrika tepatnya di daerah gurun, ada pula juga yang berasal dari Indonesia. Nah, kali ini PetPi akan mengajak kamu untuk mengetahui jenis-jenis ular viper yang paling mematikan di dunia.

Bukan untuk kamu pelihara melainkan untuk dijadikan pengetahuan apabila kamu menemukan ular ini di habitatnya agar berhati-hati. Berikut adalah ulasannya.

Daftar Jenis Ular Viper

Ular viper sendiri adalah golongan ular berbisa yang termasuk ke dalam famili viperidae. Ular ini dapat kamu temukan di seluruh bagian di dunia kecuali di Antartika dan Australia dan beberapa wilayah yang terpencil seperti pulau hawai.

Jenis ular viper ini mempunyai taring yang panjang yang berguna untuk menyuntikkan bisanya pada musuhnya. Berikut ini adalah jenis-jenis viper yang ada di dunia

Mountain Pit Viper

Jenis Ular Viper
Mountain pit viper - Adam francis/hongkong snakes id

Mountain Pit Viper atau nama ilmiahnya Ovophis Monticola ini adalah spesies dari keluarga Viperidae atau ular viper yang sangat berbisa.

Ular ini bisa tumbuh hingga sekitar 1 meter panjangnya. Ukuran tubuh antara jantan dan betina ini juga sangat berbeda, betina cenderung lebih panjang ketimbang jantan.

Mountain pit viper ini mempunyai habitat di kawasan asia dari kawasan asia selatan (Bangladesh, India, Pakistan) hingga ke wilayah Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

Ular ini memakan binatang-binatang kecil seperti tikus, kadal, katak dll. Ciri khas dari tubuhnya adalah warna dasarnya yang coklat muda dengan corak coklat tua yang membentang dari kepala hingga ekornya.

Baca Juga: Waspada Yuk! 10 Jenis Ular di Indonesia yang Kerap Ditemukan di Alam Liar

Wagler’s Pit Viper

Daftar Ular Viper
Wagler's pit viper - flickr

Jenis ular viper selanjutnya ada Wagler's Pit Viper yang mempunyai ciri khas tubuhnya yang berwarna hitam dengan corak cincin kuning yang mengelilingi tubuhnya.

Ular ini cenderung hewan yang senang berada di atas pohon bukan terestial di daratan. Biasanya ular ini hanya turun untuk mencari mangsanya.

Karena ular ini kebanyakan menghabiskan waktunya di atas pohon, terkadang dia juga memangsa burung yang sedang hinggap di dekat pohon yang ditempati.

Ukuran maksimal dari viper ini adalah sekitar 1 meter dengan ukuran betina yang lebih besar. Persebaran wilayahnya ada di Asia Selatan hingga ke Asia Tenggara termasuk di Indonesia.

Ular Bangkai Laut

Ular Viper Di Indonesia
trimerusurus albolabris - wikiwand

Ular bangkai laut adalah salah satu jenis ular viper yang hidup juga di atas pohon. Ciri khas yang bisa kamu lihat dari ular ini adalah warnanya yang full hijau dari ujung kepala sampai ke ekornya.

Tubuhnya pun ramping dan kepalanya agak sedikit lebih besar. Dengan tubuh yang ramping seperti ini maka ular ini memang cocok untuk tinggal diatas pohon.

Kebanyakan dari ular jenis ini nberkembang biak dengan cara beranak. Saat ini ular bangkai laut memiliki sekitar 30 spesies yang berbeda yang tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia, kamu bisa menemukan ular ini disekitar pulau jawa, bali dan deretan kepulauan nusa tenggara barat dan timur.

INGIN LEBIH TAHU TENTANG REPTIL?
Cari info Reptil terbaru hanya dengan sekali klik!
>> CARI DISINI

Common Viper

Jenis Ular Viper Indonesia
Vipera lauranti - wikipedia

Common viper atau bahasa ilmiahnya vipera laurenti adalah salah satu jenis ular viper yang sangat berbahaya. Perlu diingatkan lagi semua jenis ular viper adalah berbisa tinggi yang bisa membuat kematian jika manusia digigitnya.

Ular ini tersebar ke belahan bumi bagian utara, tepatnya di sebelah utara sahara, kemudian menyebar ke eropa dan ke beberapa wilayah di asia timur.

Ular ini memiliki tubuh yang berbentuk panjang dan agak gemuk dengan gigi taring yang bisa di tekuk ke belakang apabila kondisi mulutnya tertutup.

Mayoritas dari ular ini tahan terhadap lingkungan yang dingin dan biasanya ia hidup di daerah bebatuan, hutan dan padang rumput dimana semuanya adalah daerah terestrial.

Fea’s Viper

Ular Viper Mematikan
Fea's viper - flickr

Ular yang satu ini adalah salah satu ular primitif yang tinggal di dataran Tiongkok tenggara. Ular ini terdiri dari satu genus yaitu Azemiops.

Ular ini tidak terlalu besar, panjang maksimumnya hanya mencapai 1 meter. Tidak seperti pada ular viper pada umumnya, ular ini mempunyai badan yang ramping dan kepala yang ditutupi oleh sisik yang besar.

Jenis ular bisa hidup di dataran rendah dan dataran tinggi. Namun beberapa dari mereka biasanya sanggup hidup di dataran tinggi hingga mencapai 1000 meter di atas permukaan laut.

Biasanya ular ini aktif di malam hari untuk mencari makan. Jika terpojok ular ini hanya memipihkan badannya serta menggoyangkan ekornya, lalu menyerang siapapun yang mengancamnya. Penyebaran ular ini berada di sekitar asia seperti di Vietnam utara, Tiongkok tenggara dan beberapa lokasi di Myanmar dan Tibet.

Itukah dia beberapa jenis ular viper yang sangat mematikan di dunia. PetPi mengatakan seperti ini karena semua jenis ular viper adalah hewan berbisa mematikan. Jika digigit maka akan berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Ternyata di Indonesia juga banyak sekali ular viper, oleh karena itu kita semua harus selalu waspada ya jika memasuki habitatnya. Sekian informasi dari PetPi, semoga bermanfaat!

Referensi Tulisan [ Tampilkan ]
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Viperidae
  • https://www.superadventure.co.id/news/5039/15-jenis-ular-ini-yang-harus-diwaspadai-saat-lo-berpetualang-di-hutan/
  • https://www.youtube.com/watch?v=JX4fPlfHqKU
  • id.wikipedia.org/wiki/Beludak#Klasifikasi
Share

Tentang Penulis

Saya adalah seorang penulis dan editor situs PintarPet yang antusias dengan hewan peliharaan seperti kucing, musang, iguana dan hewan peliharaan lainnya.

Suka dengan tulisan saya? Hubungi saya disini.

Komentar